Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant

Apa Itu Humaniora? Jurusan, Prospek Karir dan Ruang Lingkupnya

Beranda / Perkuliahan / Info Jurusan / Apa Itu Humaniora? Jurusan, Prospek Karir dan Ruang Lingkupnya

Ketika membahas jurusan dengan prospek kerja menjanjikan, humaniora mungkin salah satu program studi yang pertama kali terlintas di benak para pelajar. Menurut Bachelors Portal, pekerja dari bidang humaniora justru semakin dibutuhkan oleh banyak institusi profesional di seluruh dunia. Lalu, apa itu jurusan humaniora?

Lulusan humaniora memiliki kreativitas dan rasa “kemanusiaan” yang sering kali sulit dimiliki oleh mahasiswa dari jurusan lain. Mahasiswa jurusan ini juga memiliki keterampilan komunikasi lisan, pemikiran kritis, dan penilaian etis. Sehingga, menjadi nilai plus bagi perusahaan yang merekrut

Apa Saja yang Dipelajari

Humaniora adalah cabang studi yang berfokus pada ilmu kemanusiaan dan masyarakat melalui perspektif kritis. Jurusan populer dalam bidang ini mencakup sastra, sejarah, dan filsafat. Humaniora juga telah berkembang karena menggunakan disiplin modern seperti ilmu perpustakaan dan arkeologi.

Mahasiswa humaniora mempelajari makna dan sejarah kemanusiaan. Cara mempelajarinya yaitu menggunakan metode interpretasi unik, seperti metode sejarah untuk sejarawan, kritik tekstual untuk sastrawan, dan analisis konseptual untuk filsuf. Pendekatan ini membantu akademisi memahami aspek-aspek penting dari sastra, seni, moralitas, dan budaya.

Dalam studi humaniora, kamu akan mengembangkan kemampuan untuk menganalisis dan menyampaikan pendapat secara logis, serta menjelaskan ide-ide kompleks dengan cara yang sederhana. Selain itu, kamu akan belajar bagaimana menyampaikan gagasan efektif dan berinteraksi dengan orang baru. Sehingga, kamu dapat meningkatkan kecerdasan emosional dan keterampilan interpersonal.

Jurusan Kuliah Ilmu Humaniora

Apa itu humaniora adalah disiplin akademis yang fokus pada studi tentang masyarakat dan budaya manusia. Oleh karena itu, jurusan-jurusan yang termasuk dalam bidang ini biasanya terkait dengan ilmu kemanusiaan, pemikiran, kebudayaan, seni, dan agama.

Berikut ini adalah beberapa jurusan untuk menjawab pertanyaan tentang Ilmu humaniora apa saja:

Ilmu Filsafat

Filsafat adalah ilmu yang bertujuan untuk memahami sebab-sebab secara mendalam melalui pemikiran dan akal manusia. Filsafat juga bisa menjadi pandangan hidup individu atau kelompok mengenai kehidupan yang mereka harapkan. 

Berikut adalah daftar Universitas yang ada jurusan humaniora untuk ilmu filsafat:

Selain itu, filsafat dapat diartikan sebagai sikap sadar dan dewasa dalam merenungkan segala sesuatu secara mendalam. Sehingga, kamu bisa melihat suatu hal secara menyeluruh dalam segala konteks.

Ilmu Sejarah

Jurusan Sejarah adalah program studi yang mendalami peristiwa masa lalu dalam berbagai konteks. Contohnya, belajar geografi, kesehatan, budaya, ekonomi, politik, seni, agama, hingga militer. Jadi, jurusan ini bukan hanya tentang sejarah pra-kemerdekaan, kemerdekaan, atau pasca-kemerdekaan, tetapi mencakup banyak aspek lainnya.

Berikut adalah contoh nama-nama universitas di dunia yang menawarkan jurusan humaniora:

Karena luasnya cakupan sejarah yang dipelajari, mahasiswa di jurusan ini harus memiliki berbagai referensi literatur untuk dianalisis dan direkonstruksi. Oleh karena itu, jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang gemar membaca dan tertarik mengeksplorasi berbagai sumber sejarah.

Sastra

Sastra & Bahasa Asing adalah bidang studi yang fokus pada pembelajaran sastra dan bahasa dari berbagai negara di dunia, seperti Inggris, Jepang, Korea, Cina, Prancis, Belanda, Jerman, Rusia, dan Arab.

Selain itu, di jurusan ini, kamu juga akan mempelajari kebudayaan, sejarah, dan perekonomian negara-negara tersebut. Berikut adalah daftar universitas yang menyediakan jurusan Sastra di luar negeri:

Bayangkan betapa serunya menikmati K-pop atau menonton anime tanpa perlu subtitle atau sulih suara, namun tetap memahami maknanya. Jadi, jika kamu ingin semakin menikmati hobi tersebut, mengapa tidak sekaligus mendalami dan mempelajari bahasanya melalui Jurusan Sastra & Bahasa Asing ini?

Seni

Beragam mata kuliah tersedia dalam program Seni atau Arts di universitas. Bahkan, Kriminologi, Sejarah, Politik dan Hubungan Internasional, Psikologi, Geografi Manusia, Sosiologi, serta Desain dan Seni Kreatif adalah beberapa diantarnya.

Berikut daftar nama universitas terbaik yang menawarkan jurusan seni:

Dengan banyaknya jalur karier yang dapat diambil dari masing-masing jurusan, Bachelor of Arts memberikan kebebasan dan fleksibilitas dalam menentukan karier. Program ini memungkinkan kamu memilih jurusan dan minor yang sesuai dengan minatmu, sehingga kariermu tidak terpaku pada satu bidang saja sejak awal.

Linguistik

Linguistik adalah studi ilmiah tentang bahasa yang berfokus pada penyelidikan sistematis terhadap sifat-sifat bahasa tertentu serta karakteristik bahasa secara umum. Bidang ini mencakup studi tentang bunyi, tata bahasa, makna, serta sejarah keluarga bahasa.

Berikut adalah daftar nama universitas terbaik yang menawarkan jurusan linguistik:

  • Sunway University – Malaysia
  • Monash University – Malaysia
  • Boston University – USA

Belajar linguistik juga tentang cara bahasa dipelajari oleh anak-anak dan orang dewasa. Kamu juga akan belajar bagaimana penggunaan bahasa diproses dalam pikiran dan hubungannya dengan ras dan gender.

Arkeologi

Arkeologi adalah studi tentang masa lalu manusia, baik yang kuno maupun yang baru, melalui sisa-sisa material. Berikut rekomendasi universitas yang menawarkan jurusan arkeologi:

  • Boston University – USA
  • Monash University – Malaysia
  • Nankai University – China

Arkeolog dapat mempelajari fosil manusia purba yang berusia jutaan tahun di Afrika atau bangunan abad ke-20 di masa kini. Arkeologi menganalisis sisa-sisa fisik dari masa lalu untuk memahami budaya manusia secara luas dan menyeluruh.

Prospek Karir untuk Jurusan Ilmu Humaniora

Berikut adalah prospek karir yang tersedia untuk lulusan jurusan Ilmu Humaniora:

Human Resources Specialist

Spesialis sumber daya manusia (SDM) bertugas merekrut, menyaring, dan mewawancarai pelamar kerja serta menempatkan karyawan baru dalam posisi sesuai. Mereka juga mungkin menangani kompensasi dan tunjangan, pelatihan, serta hubungan karyawan.

Proyeksi menunjukkan bahwa lapangan kerja untuk spesialis SDM akan tumbuh sebesar 6 persen dari 2022 hingga 2032, lebih cepat dari rata-rata semua pekerjaan. Rata-rata, diperkirakan ada sekitar 78.700 lowongan untuk spesialis SDM setiap tahunnya selama dekade ini.

Copywriter

Seorang copywriter menciptakan teks yang jelas dan menarik untuk menjual produk serta mendidik dan melibatkan konsumen. Kamu akan menggunakan keterampilan menulis persuasif dalam berbagai media, seperti situs web, posting blog, hingga iklan banner.

Di era digital, copywriter juga dapat memanfaatkan platform media sosial seperti Twitter dan Instagram, serta sarana komunikasi pemasaran lainnya. Selain itu, copywriter juga bisa membuat materi internal untuk perusahaan, seperti memo internal, kebijakan, materi merek perusahaan, survei, dan lainnya, selain kampanye pemasaran eksternal.

Pekerja Sosial

Pekerja sosial membantu orang mencegah dan mengatasi masalah dalam kehidupan sehari-hari. Proyeksi menunjukkan bahwa lapangan kerja untuk pekerja sosial akan tumbuh sebesar 7 persen dari 2022 hingga 2032, lebih cepat dari rata-rata semua pekerjaan.

Rata-rata, diperkirakan ada sekitar 63.800 lowongan untuk pekerja sosial setiap tahunnya selama dekade ini. Banyak dari lowongan ini diharapkan muncul karena kebutuhan untuk menggantikan pekerja yang pindah ke pekerjaan lain atau keluar dari angkatan kerja, seperti pensiun.

Arkeolog

Arkeolog mempelajari objek fisik, tempat, dan lanskap yang diciptakan, dimodifikasi, atau diinteraksikan oleh manusia. Tujuannya adalah untuk memahami lebih dalam tentang sejarah dan pengalaman manusia.

Arkeolog meneliti jejak fisik dari aktivitas manusia, yang sering disebut sebagai budaya material. Misalnya, benda-benda di rak buku seseorang atau sampah dari festival Woodstock tahun 1969, alat batu pertama dari 3,3 juta tahun yang lalu atau lukisan gua berusia 45.000 tahun di Indonesia.

Psikolog

Psikolog mempelajari proses kognitif, emosional, dan sosial serta perilaku. Cara mempelajarinya dengan mengamati, menafsirkan, dan mencatat bagaimana orang berinteraksi satu sama lain dan dengan lingkungan.

Proyeksi menunjukkan bahwa lapangan kerja untuk psikolog akan tumbuh sebesar 6 persen dari 2022 hingga 2032, lebih cepat dari rata-rata semua pekerjaan. Diperkirakan akan ada sekitar 12.800 lowongan untuk psikolog setiap tahunnya.

Baca Juga: Kuliah Jurusan Psikologi, Ini yang Dipelajari!

Kesimpulan

Sekarang, kamu sudah memahami lengkap tentang apa itu humaniora. Humaniora adalah cabang studi yang berfokus pada ilmu kemanusiaan dan masyarakat melalui perspektif kritis. Untuk belajar Ilmu Humaniora, kamu bisa mengambil jurusan Ilmu Filsafat, Ilmu sejarah, Sastra, Seni, Linguistik, dan Arkeologi.

Jika kamu masih bingung merencanakan kuliah di bidang Ilmu Humaniora, pastikan kamu mendapatkan rekomendasi dari tempat yang tepat. Misalnya, kamu bisa berbicara dengan konsultan pendidikan. Dengan melakukan konsultasi, kamu bisa mendapatkan banyak saran tentang pilihan jurusan, minat, hingga informasi terbaru universitas yang tepat sesuai pilihan jurusan.

ICAN Education Consultant telah menjadi pilihan bagi para pelajar Indonesia yang melanjutkan studi ke luar negeri. Kamu bisa membicarakan hal apapun terkait rencana kuliah di bidang Ilmu Humaniora. Selain memberikan layanan konsultasi, kami juga membantu proses mengurus dokumen agar kamu bisa segera mendaftar dan memenuhi persyaratan perkuliahan di luar negeri.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
Education Expo Jabodetabek
Monash Malaysia
Deakin University
SIT
Education Expo Manado

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan