Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
mengenal business analyst, profesi yang mulai diincar banyak orang!

Mengenal Business Analyst, Profesi yang Mulai Diincar Banyak Orang!

Beranda / Perkuliahan / Info Jurusan / Mengenal Business Analyst, Profesi yang Mulai Diincar Banyak Orang!

Business Analyst atau analis bisnis belakangan ini menjadi salah satu profesi yang banyak punya hati karena sangat dibutuhkan di perusahaan besar dan  memiliki tanggung jawab untuk  melakukan analisis mendalam terkait kegiatan bisnis dan bisa memenuhi target sebuah perusahaan.

Tujuan dari analisis bisnis ini bisa menjembatani antara kesenjangan teknologi informasi dan bisnis melalui  penilaian pada proses, menentukan persyaratan, serta memberikan rekomendasi maupun laporan berbasis data kepada eksekutif  dan pemangku kepentingan.

Karena banyak perusahaan besar yang membutuhkan  seorang  business analyst,  tidak heran jika saat ini banyak universitas  ternama di luar negeri maupun di Indonesia yang menyediakan program studi business analyst. 

Apa itu Business Analyst?

Jadi business analyst  merupakan sebuah profesi yang memiliki tugas untuk menganalisa dan memvalidasi berbagai macam persyaratan  untuk  Proses bisnis maupun kebijakan suatu perusahaan dan organisasi. Analis bisnis memiliki peranan besar untuk bisa menggerakkan organisasi menuju efisiensi, produktivitas, serta profitabilitas dan mampu bertanggung jawab untuk menjembatani Kesenjangan antara teknologi  dan bisnis menggunakan analisis.

Tugas dari analis bisnis ini akan mengkaji laporan, menilai sejauh mana aspek teknologi yang sudah dilakukan dan dibutuhkan oleh perusahaan,  serta memberikan laporan yang valid kepada perusahaan. Profesi ini dinilai sangat penting bagi sebuah perusahaan, karena akan terlibat dengan para pemimpin, tim bisnis, dan teknologi.

Menjadi seorang analis bisnis juga harus memiliki prioritas utama untuk bisa memahami berbagai macam hal pekerja dalam pekerjaannya. Misalnya saja analis bisnis akan memahami bisnis apa yang bisa dilakukan dan bagaimana bisnis tersebut bisa berjalan, menentukan bagaimana cara untuk meningkatkan proses bisnis tersebut, serta membantu mengidentifikasi langkah maupun tugas yang bisa mendukung implementasi fitur baru, dan lain sebagainya.

Pahami Peran dan Tanggung Jawab Business Analyst

Ada beberapa peranan dan tanggung jawab yang harus  bisa diselesaikan oleh analis bisnis, seperti berikut:

  • Dapat melakukan analisa perilaku konsumen dan data pasar.
  • Bisa melakukan analisa struktur organisasi serta kebijakan yang diberlakukan oleh sebuah perusahaan.
  • Mampu melaksanakan sistem dokumentasi kondisi pasar serta memahami perilaku konsumen yang digunakan untuk acuan perusahaan.
  • Mampu melakukan monitoring serta evaluasi data yang telah diperoleh dari berbagai macam pengolahan data, baik dari koran, penelitian maupun jurnal.
  • Memberikan solusi yang tepat untuk mengupayakan peningkatan mutu pelayanan serta kinerja bisnis sehingga bisa mencapai tujuan perusahaan.

Masih banyak lagi tanggung jawab yang harus dikuasai oleh seorang business analyst. Sebagai seorang analis bisnis membutuhkan beberapa keterampilan, misalnya seperti technical knowledge, business process and planning, leadiship, dan analyst. Selain itu juga dibutuhkan beberapa kelompok lain seperti pemahaman akan pengembangan produk, pengetahuan tentang berbagai macam masalah bisnis di bidang TI, dan lain sebagianya.

Hal yang Dipelajari dalam Bidang Business Analyst

Untuk bisa menjadi seorang business analyst  tentu kamu membutuhkan pembelajaran di bidang tersebut. Mempelajari yang menjadi seorang analis bisnis bisa dimulai dari pendidikan Strata 1 yang utamanya jurusan bisnis dan beberapa jurusan lain yang relevan, seperti ekonomi, manajemen, akuntansi, dan teknik industri.

Setelah itu bisa memilih pendidikan selanjutnya  seperti Certified Business Analysis Professional. Merupakan sebuah kursus sertifikasi yang diselenggarakan oleh Institut IIBA di mana bisa membantu kamu lebih mudah mendapatkan pekerjaan sebagai seorang analis bisnis.

Sertifikat yang diberikan merupakan sertifikat yang telah diakui untuk analis bisnis profesional. Menempuh pendidikan sebagai seorang analis bisnis,  ada beberapa hal berbagai macam pembelajaran yang akan kamu dapatkan sehingga bisa  mengasah  soft skill dan  hard skill  sebagai analis bisnis.

Soft Skill untuk Menjadi Business Analyst 

Beberapa soft skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang analis bisnis. Profesi yang satu ini didapatkan dengan cara yang tidak mudah sebab kamu harus tahu bagaimana cara menarik, menganalisis, serta melaporkan data dengan membagikan informasi terhadap orang yang terkait dan kemudian diterapkan dalam segi bisnis. Ada beberapa soft skill yang dibutuhkan dalam analis bisnis, seperti  berikut:

  • Problem Solving – Seorang analis bisnis harus memiliki kemampuan memecahkan masalah dari semua perspektif. Tidak hanya itu tetapi juga bisa menganalisis opsi serta kendala yang tersedia sehingga bisa merekomendasikan solusi yang tepat.
  • Komunikasi – Kamu harus memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik jika ingin menjadi seorang analis bisnis. Kemampuan komunikasi yang baik bisa membuat kamu ekspresif, pandai berbicara, menjadi pendengar yang aktif, serta bisa memastikan penerima memahami pesan yang disampaikan.
  • Manajemen – Analis bisnis secara efektif akan mengelola tanggung jawab serta menyeimbangkan semua proyek, sehingga kemampuan dalam manajemen sangat dibutuhkan.
  • Riset – Kemampuan untuk melakukan riset juga dibutuhkan oleh seorang analis bisnis. Setiap proyek dimulai dengan masalah untuk bisa mendapatkan solusi tepat sehingga riset bisa membantu untuk memberikan solusi terbaik.
  • Pengetahuan dan Kemampuan Teknis – Memiliki pengetahuan dan kemampuan teknis juga dibutuhkan oleh seorang analis bisnis karena kamu harus  menjadi jembatan antara kecanggihan teknologi saat ini dan bisnis dari sebuah perusahaan.

Masih banyak soft skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang analis bisnis, misalnya memiliki kemampuan financial planning dan kemampuan analitik.

Hard Skill untuk Menjadi Analyst Business

Tidak hanya membutuhkan soft skill, tetapi juga butuh hard skill bagi seorang analis bisnis. Berikut ini deretan hard skill  yang dibutuhkan untuk menjadi seorang analis bisnis profesional.

  • Software analisis statistik
  • Database SQL dan bahasa query
  • Visualisasi Data
  • Data Mining
  • Business Intelligence dan Software Pelaporan
  • Software Survey 
  • Keterampilan Pemrograman
  • Desain Database
  • Process Design
  • Min Mapping
  • Analisis Model Bisnis
  • Analisis Sistem
  • Analisis SWOT, MOST, dan PESTLE.

Beberapa hard skills  tersebut sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang analisis bisnis sehingga bisa memberikan solusi tepat untuk meningkatkan kualitas perusahaan dan mencapai tujuan perusahaan.

Prospek Kerja Business Analyst

Menyelesaikan pendidikan dalam bidang business analyst  akan membantu kamu untuk mendapatkan prospek pekerjaan yang cerah di masa depan. Prospek pekerjaan sebagai seorang analis bisnis akan selalu terbuka, sebab posisi ini sangat penting bagi perusahaan untuk menjembatani kesenjangan teknologi dan bisnis.

Tugas dari analis bisnis ini tidak jauh dari hal-hal yang memiliki hubungannya dengan analisis di sebuah perusahaan. Profesi ini akan membantu sebuah perusahaan untuk bisa mencapai tujuannya. Tugas dari analisis bisnis ini tentu berhubungan dengan kemampuan di bidang  Information Technology,  sekalipun profesi ini tidak hanya dibutuhkan di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi saja.

Sebenarnya banyak perusahaan yang bergerak di industri lain, tetapi tetap membutuhkan kemajuan teknologi seperti bidang keuangan, asuransi,  telekomunikasi,  atau bahkan pemasaran, sehingga  seorang analis bisnis yang dibutuhkan.

Seorang analis bisnis tidaknya harus memiliki empat keterampilan penting, seperti technical knowledge, Business Process and Planning, Leadership, dan Analysis. 

Gaji yang didapatkan untuk menjadi seorang analis bisnis sangat beragam untuk fresh graduate yang pengalaman kerja masih belum terlalu banyak bisa saja dikaji dimulai dari angka 4 juta rupiah. Bagi yang sudah berpengalaman dengan 5 -10 tahun kerja di bidang analis bisnis, maka gaji bisa mencapai 16 juta – 25 juta per bulan. Gaji tersebut juga disesuaikan dengan tempat kerja.

Baca juga : Kenali Perbedaan Business Analyst Vs Data Analyst

Penutup

Business Analyst atau Analis Bisnis merupakan salah satu profesi  yang memiliki tanggung jawab untuk menganalisa, memvalidasi berbagai macam persyaratan demi proses perubahan bisnis maupun kebijakan dari sebuah perusahaan atau organisasi.

Analis bisnis ini akan membantu kamu mempelajari berbagai macam soft skill dan hard skill yang dibutuhkan demi kemajuan perusahaan. Adapun  soft skill yang dibutuhkan seperti  mampu memecahkan masalah,  mampu berkomunikasi dengan baik memiliki pengetahuan dan kemampuan teknis, dan lain sebagainya. Kemampuan hard skill lebih mengarah pada menguasai Information Technology dan bidang bisnis.

Untuk mendapatkan jurusan yang tepat sebagai bekal menjadi seorang analis bisnis,  kamu dapat mencoba berkonsultasi terlebih dahulu dengan agen pendidikan profesional ICAN Education. Berkonsultasi dengan agen pendidikan profesional akan membantu kamu memahami kemampuan diri untuk menjadi seorang business analyst. 

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan