Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
penjelasan lengkap seputar gelar mba dan cara mendapatkannya

Penjelasan Lengkap Seputar Gelar MBA dan Cara Mendapatkannya

Beranda / Perkuliahan / Penjelasan Lengkap Seputar Gelar MBA dan Cara Mendapatkannya

Apakah kamu tertarik untuk mendapatkan gelar MBA di luar negeri. Biasanya beberapa orang yang memiliki keinginan untuk meningkatkan karir bisnis dan mengembangkan keterampilan kepemimpinan maupun pengetahuan bisnis mendalam akan mengambil gelar tersebut.

Di dalam dunia bisnis yang kompetitif, saat ini gelar MBA atau Master of Business Administration menjadi standar bagi kalangan profesional yang ingin dicapai kesuksesan dalam berbagai macam bidang industri.

Apa Itu Gelar MBA?

MBA adalah sebuah program pendidikan tinggi yang dirancang khusus agar individu dapat memiliki peran sebagai seorang pemimpin dan manajer kali berbagai macam sektor bisnis. Program ini menawarkan berbagai macam kombinasi unik, mulai dari teori bisnis, studi kasus, analisis strategis, hingga pengalaman praktis.

Jadi selama studi Master of Business Administration makam peserta didik diminta untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan serta mampu menganalisis masalah bisnis, bahkan mengambil keputusan yang tepat dan mengelola tim secara efektif.

Gelar pascasarjana ini memang dirancang untuk membantu pengembangan dan keterampilan manajerial dan makna tahun bisnis yang dibutuhkan, sehingga kamu bisa berhasil di dunia bisnis yang kompleks. Program ini juga memberikan landasan kuat terhadap berbagai macam bidang lain seperti manajemen, pemasaran, SDM, keuangan, maupun operasi bisnis.

Jika memperoleh gelar MBA, kamu bisa memiliki pemahaman yang lebih baik terkait Bagaimana perusahaan dapat beroperasi dan bagaimana cara membuat keputusan bisnis yang tepat.

Baca Juga:
Sekolah Bisnis di Luar Negeri untuk Raih Gelar MBA

Jenis Program MBA di Luar Negeri

Kuliah program pascasarjana untuk mendapatkan MBA ada berbagai macam jenisnya, kamu harus memahami jenis-jenisnya terlebih dahulu, seperti berikut:

1. MBA Eksekutif

Jenis pertama yaitu ada MBA Eksekutif yang merupakan program dirancang khusus untuk para profesional, dimana mereka telah memiliki pengalaman kerja yang signifikan. Program ini sangat memungkinkan bagi mereka untuk mendapatkan gelar MBA sembari bekerja penuh waktu.

Kelas biasanya diadakan pada akhir pekan atau di malam hari, sehingga memungkinkan para peserta untuk menggabungkan pekerjaan dengan studi MBA.

2. MBA Penuh Waktu

Jenis lanjutnya MBA penuh waktu yang merupakan program dengan komitmen penuh dari para peserta. Mereka akan menghabiskan sebagian waktunya di dalam kampus, kemudian fokus terhadap studi intensif dan kolaboratif.

Program ini biasanya berlangsung selama 2 tahun, cocok untuk individu yang tertarik fokus sepenuhnya pada studi mereka tanpa adanya distraksi dari pekerjaan.

3. MBA Paruh Waktu

Selanjutnya ada juga jenis MBA paruh waktu yang memungkinkan para peserta untuk bekerja mengejar gelar MBA. Mereka bisa menghadiri kelas malam maupun kelas di akhir pekan, tetap memungkinkan mereka untuk bisa bekerja secara penuh waktu dan bisa mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh di tempat kerja.

4. MBA Online

Jenis terakhir ada MBA online yang menerapkan fleksibilitas jauh lebih besar, jenis sebagian besar materi yang diajarkan dilakukan secara daring. Jenis yang satu ini memungkinkan para peserta untuk bisa mengakses pembelajaran secara konten kapan saja dan di mana saja. Program ini juga cocok bagi kamu yang memiliki kesibukan atau tinggal jauh dari kampus.

Baca juga : Cara Sukses Mendapatkan Gelar MBA

Benefit Mengambil Gelar MBA

Mengikuti program MBA untuk mendapatkan gelar Master of Business Administration akan memberikan banyak manfaat, tidak hanya bagi karir tetapi juga bagi perkembangan diri sendiri. Ada berbagai macam keuntungan dari mengajar gelar MBA, seperti berikut:

1. Jaringan Profesional yang Luas

Pertama yang bisa didapatkan adalah jaringan profesional yang luas didapatkan. Jadi jika kamu mengambil program MBA, tersedia pintu untuk membuka jaringan profesional yang lebih luas di luar negeri. Kamu memiliki kesempatan untuk bertemu dengan sesama mahasiswa Master of Business Administration, bertemu dosen, maupun praktisi bisnis yang berpengalaman.

Dengan jaringan yang cukup besar di luar negeri tentu bisa memberikan peluang baru, kolaborasi bisnis, serta dukungan jangka panjang di dalam karir kamu.

2. Dapat Mengembangkan Keterampilan Manajerial

Kamu juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan manajerial. Jadi kamu bisa belajar tentang bagaimana cara mengambil keputusan yang strategis, menjadi pemimpin yang sesuai dan tepat, bagaimana cara melakukan analisis bisnis, komunikasi efektif, serta cara negosiasi yang tepat.

Keterampilan tersebut akan dipelajari dalam program MBA dan bisa membantu kamu menjadi seorang pemimpin yang efektif serta bisa diandalkan dalam dunia bisnis.

3. Kesempatan Karir Menjadi Lebih Baik

Melalui program Master of Business Administration kamu bisa mendapatkan kesempatan karir yang jauh lebih baik. Program ini bisa membantu kamu untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dalam mencari pekerjaan maupun meningkatkan karir.

Banyak perusahaan besar di dalam maupun di luar negeri yang mencari kandidat dengan gelar MBA untuk posisi manajerial yang sangat penting. Seiring dengan pengetahuan bisnis mendalam, gelar Ini bisa memberikan kamu kepercayaan diri dan kredibilitas yang dibutuhkan sembari bertanggung jawab.

4. Dapat Meningkatkan Gaji

Dengan memiliki gelar MBA, tentu ada kesempatan untuk meningkatkan gaji. Statistik menunjukkan bahwa lulusan ini cenderung mendapatkan gaji jauh lebih tinggi jika dibandingkan beberapa karyawan yang memiliki gelar sarjana saja.

Gelar MBA mengindikasikan kepada para pengusaha bahwa kamu memiliki pengetahuan serta keterampilan berharga, sehingga bisa memberikan pengaruh pada kompensasi yang akan diterima.

5. Kredibilitas dan Reputasi

Keuntungan selanjutnya ada pada kredibilitas dan reputasi. Jadi gelar Master of Business Administration ini sangat dihormati dan diakui di seluruh dunia. Memiliki CV dengan gelar ini tentu bisa memberikan kesan yang kuat kepada para pemberi kerja dan pengusaha potensial.

Hal ini juga bisa membuka pintu untuk peluang karet yang jauh lebih baik, mitra bisnis, dan dan bisa memperoleh kepercayaan dari rekan kerja.

6. Menawarkan Fleksibilitas

Benefit selanjutnya mendapatkan gelar MBA adalah adanya fleksibilitas yang bisa dirasakan. Saat ini banyak perguruan tinggi di luar negeri yang menawarkan program MBA, sehingga kamu bisa memilih salah satu yang sesuai dengan jadwal.

Kamu bisa mendaftar program online yang disesuaikan dengan jam kerja, sehingga ada kesempatan untuk mendapatkan pendidikan sambil bekerja penuh maupun baru waktu.

Sekolah bisnis juga bisa diakses melalui peluang beasiswa dan program-program yang memenuhi tujuan karir.

7. Membedakan Kamu sebagai Calon Pekerja

Mengikuti program MBA akan membuat kamu berbeda dengan beberapa calon pekerja lainnya. Saat ini persaingan dalam dunia kerja semakin meningkat ketika sudah bersaing di suatu posisi, gelar MBA bisa menjadi cara yang bagus untuk menunjukkan Kenapa kamu adalah kandidat yang tepat untuk perusahaan-perusahaan besar.

Program ini bisa memastikan kamu memenuhi persyaratan minimum untuk peran kompetitif atau membantu kamu menonjol ketika melamar pekerjaan. Kualifikasi dalam resume dapat membantu kamu menarik sistem pelacakan pelamar dan memastikan perekrut melihat resume tersebut.

Persyaratan Masuk Program MBA di Luar Negeri

Jika tertarik untuk mendapatkan program MBA maka ada berbagai macam hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi, sekalipun beberapa persyaratan tersebut sangat bervariasi di masing-masing universitas.

Secara umum Berikut ini beberapa persyaratan untuk diterima dalam program MBA.

1. Memiliki Gelar Sarjana

Persyaratan pertama adalah kamu wajib memiliki gelar sarjana terlebih dahulu. Gelar sarjana yang didapatkan lebih baik dari universitas yang sudah terakreditasi. Gelar ini biasanya berasal dari berbagai macam bidang, sekalipun beberapa program memungkinkan kamu memiliki preferensi tertentu terkait latar belakang akademik.

2. Ada Pengalaman Kerja

Kamu memiliki pengalaman kerja. Beberapa program MBA mengharuskan kamu memiliki pengalaman kerja yang relevan sebelum akhirnya diterima. Pengalaman kerja tersebut bisa membantu kamu mendapatkan pemahaman secara praktis terkait dunia bisnis, sebelum melanjutkan pada tingkat pendidikan yang jauh lebih tinggi.

3. Menyelesaikan Ujian Masuk

Syarat selanjutnya kamu harus menyelesaikan ujian masuk di Universitas. Ada banyak sekali program MBA yang membutuhkan hasil ujian standar misalnya seperti GMAT (Graduate Management Admission Test), atau GRE (Graduate Record Examination). 

Hasil ujian akan digunakan untuk bisa mengevaluasi kemampuan akademik, server protein keberhasilan kamu dalam program MBA.

4. Ada Surat Rekomendasi

Syarat selanjutnya adalah menyediakan surat rekomendasi dari individu yang bisa memberikan pandangan terkait kemampuan kamu dalam akademik dan secara profesional. Surat rekomendasi ini bisa saja dari Profesor, kolega kerja, maupun atasan yang sudah kamu percayai.

5. Menulis Esai Motivasi

Selanjutnya kamu juga bisa menulis essay motivasi sebab beberapa program MBA meminta hal tersebut atau pernyataan tujuan. Di dalam desain ini ada Berbagai macam program alasan yang menjelaskan Kenapa kamu ingin mengejar gelar MBA.

Dengan tujuan jangka panjang yaitu berkontribusi dan ingin diberikan dalam bidang bisnis.

Prospek Kerja Lulusan MBA Luar Negeri

Menyelesaikan pendidikan MBA di luar negeri, kamu bisa mendapatkan banyak prospek pekerjaan di dalam maupun di luar, seperti berikut:

Bidang Keuangan dan Investasi

Prospek pekerjaan pertama yang bisa kamu dapatkan dalam bidang keuangan dan investasi. Jadi lulusan program MBA bisa mengejar karir di bidang keuangan dan investasi. Kamu dapat bekerja sebagai seorang analis keuangan, analis resiko, manajer portofolio, maupun manajer keuangan di sebuah perusahaan.

Gelar ini memberikan pemahaman terkait bagaimana keuangan bisnis dan investasi bisa berjalan dengan lancar sehingga lulusan bisa mengambil keputusan yang tepat dan cerdas untuk mengelola aset maupun modal.

Manajemen Sumber Daya Manusia

Dalam bidang manajemen sumber daya manusia atau HRM juga ada peluang yang menarik bagi lulusan program MBA, apalagi jika kamu sudah memiliki keahlian dalam kepemimpinan, negosiasi, serta mengetahui bagaimana cara mengembangkan sebuah organisasi.

Kamu bisa menjadi seorang mana HRM, kepala pengembangan sumber daya manusia, bahkan menjadi konsultan HRM. Di zaman sekarang, di mana sumber daya manusia sudah menjadi fokus penting untuk bisa menjaga biaya keberhasilan perusahaan dan peran ini semakin dibutuhkan.

Bidang Konsultasi Manajemen

Selanjutnya pada bidang konsultasi manajemen, lulusan MBA dapat bekerja dalam sebuah perusahaan konsultan terkemuka maupun membuka praktek konstitusi sendiri. Tugas kamu adalah memberikan saran kepada beberapa perusahaan terkait strategi bisnis, pengembangan pasar, restrukturisasi organisasi, serta bagaimana cara meningkatkan efisiensi operasional.

Keterampilan analitis dan pengetahuan mendalam yang didapatkan dalam studi MBA akan menjadi aset berharga untuk bisa membangun karir sebagai seorang konsultan manajemen.

Pemasaran dan Penjualan

Tertarik dalam bidang pemasaran dan penjualan? Gelar MBA juga bisa digunakan untuk mendapatkan pekerjaan di bidang tersebut. Menjadi manajer pemasaran spesialisasi penjualan, dan manajer merek bisa didapatkan dengan mudah.

Dengan gelar ini tentu bisa memberikan wawasan terkait strategi pemasaran, analisis konsumen, riset pasar, dan yang sangat berharga untuk bisa mengembangkan maupun melaksanakan kampanye pemasaran sukses.

Menjadi Wirausahawan

Gelar MBA juga membantu kamu untuk mendapatkan kesempatan menjadi seorang wirausahawan. Gelar tersebut memberikan dasar kuat bagi mereka yang memiliki cita-cita untuk menjadi seorang pengusaha. Dalam dunia bisnis yang kompetitif pengetahuan terkait bisnis yang mendalam dan keterampilan kepemimpinan yang diperoleh bisa menjadi faktor penentu keberhasilan dalam memulai serta mengelola bisnis sendiri.

Baca juga : Deretan Universitas Dengan Jurusan MBA Terbaik Di Dunia

Proses Aplikasi Kuliah MBA di Luar Negeri

Proses aplikasi untuk gelar MBA biasanya akan melibatkan berbagai macam langkah, misalnya mengisi formulir aplikasi, mengirimkan transkrip kuliah, membutuhkan surat rekomendasi, menulis esai motivasi, mengirimkan skor ujian standar seperti GMAT atau GRE, dan lain sebagainya. Ada beberapa proses aplikasi yang wajib dilakukan oleh calon pelamar, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama.

Kamu bisa meminta bantuan dari agen pendidikan luar negeri profesional ICAN Education. Dengan bantuan konsultan pendidikan luar negeri akan membantu kamu untuk mendapatkan berbagai macam informasi valid terkait program MBA di luar negeri dan kampus yang menyediakan gelar tersebut.

Agar pendidikan luar negeri akan memantau proses aplikasi kamu mulai dari awal hingga kamu diterima di salah satu perguruan tinggi untuk mendapatkan gelar MBA.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event - UTS Bekasi
Macquarie
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan