Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
10 jurusan kuliah favorit di turki

10 Jurusan Kuliah Favorit di Turki

Beranda / Perkuliahan / Info Jurusan / 10 Jurusan Kuliah Favorit di Turki

Negara Turki bisa menjadi salah satu negara yang diminati untuk melanjutkan pendidikan tinggi bagi pelajar internasional. Selain karena kualitas pendidikannya yang baik, ternyata universitas di Turki juga menyediakan berbagai macam jurusan unggul yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa.

Hal menarik lainnya, beberapa perguruan tinggi di Turki memiliki biaya studi yang terbilang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan beberapa negara populer lain seperti Amerika Serikat maupun Inggris. Selain itu biaya hidup di Turki juga tidak terlalu tinggi.

Peluang untuk bisa melanjutkan studi di Turki sangat besar. Tidak heran jika banyak pelajar Indonesia yang mulai tertarik untuk melanjutkan studi di Turki dengan ragam pilihan jurusan sesuai dengan keinginan masing-masing.

Daftar Jurusan Kuliah Populer di Turki

Turki merupakan negara yang terletak diantara dua benua yaitu benua Asia dan benua Eropa. Turki sendiri menjadi negara yang memiliki percampuran budaya dengan unik. Apabila kamu tertarik untuk kuliah Turki, maka berikut ini beberapa jurusan populer yang bisa menjadi pilihan:

Jurusan Perbankan dan Keuangan

Tertarik untuk mengambil studi Perbankan dan Keuangan? Jurusan yang satu ini sangat populer di kalangan mahasiswa Turki karena bisa membantu mempersiapkan mereka untuk menjadi profesional yang bekerja di berbagai macam perusahaan. Banyak universitas di Turki yang menyediakan program studi Perbankan dan Keuangan.

Bidang Perbankan dan Keuangan telah mempekerjakan lebih dari satu juta orang yang bekerja di bidang bisnis audit, akuntansi, pajak, serta beberapa pekerjaan-pekerjaan yang memiliki hubungannya dengan keuangan.

Ada berbagai macam profesi yang memungkinkan individu maupun organisasi untuk mengelola keuangan. Dengan adanya akses pinjaman dan melakukan bisnis di Turki maupun di luar negeri, tentu perusahaan-perusahaan tersebut membutuhkan ahli dalam Perbankan dan Keuangan. Ada banyak universitas yang menyediakan jurusan Perbankan dan Keuangan di Turki, misalnya seperti Izmir University of Economics, Near East University, Koc University, dan Sabanci University .

Jurusan Desain Tata Kota

Jurusan lain yang tidak kalah populer di Turki adalah jurusan desain tata kota. Program studio 1 ini sangat dibutuhkan dalam berbagai macam lembaga pemerintah untuk bisa memperbaharui fasilitas kota. Apalagi Turki terkenal sebagai negara yang selalu mengikuti perkembangan secara global.

Jurusan ini dirancang untuk memberikan dasar pada pendidikan profesional untuk perencanaan kota dan telah didasari oleh ilmu pengetahuan maupun teknologi. Setelah menyelesaikan pendidikan di jurusan desain Tata kota, lulusan bisa bekerja sebagai perencana maupun desainer tata kota untuk melanjutkan studi pascasarjana dan menjadi akademisi.

Beberapa universitas terbaik di Turki yang menyediakan program studi desain tata kota, seperti Izmir Institute of Technology dan Bilkent University.

Jurusan Teknik Elektro dan Elektronik

teknologi dasar, misalnya seperti elektromagnetik, mikroelektronika, daya elektronika, sistem digital, sinyal, dan komunikasi. Setelah menyelesaikan pendidikan di jurusan Teknik Elektro dan elektronik, kamu bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi listrik serta elektronik modern maupun melamar di berbagai macam lowongan pekerjaan yang membutuhkan keterampilan tersebut.

Kamu juga bisa melanjutkan studi untuk meningkatkan kemampuan dan bekerja menjadi akademisi. Universitas terbaik yang menyediakan program studi Teknik Elektro dan elektronik adalah Dogus University, Bilkent University, Near East University, Istanbul Sehir University, dan Sabanci University.

Jurusan Perhotelan dan Pariwisata

Tidak hanya di Indonesia, jurusan perhotelan dan pariwisata juga menjadi salah satu program studi favorit di Turki. Banyak pelajar internasional maupun pelajar lokal yang memahami bahwa industri perhotelan saat ini berkembang dengan pesat di Turki. Tujuan utama dari program studi ini untuk melatih kemampuan manajemen perhotelan serta pariwisata siswa, dalam berbagai macam peralatan dan fasilitas yang memiliki kaitannya dengan beberapa perusahaan internasional.

Jurusan ini akan membantu kamu untuk menempati posisi eksekutif dan manajerial dalam perhotelan dan pariwisata di sebuah perusahaan. Mahasiswa pada program studi ini dapat mengembangkan kompetensi manajerial, misalnya kemampuan analisis dan organisasi, kemampuan untuk mengantisipasi, serta kemampuan untuk memutuskan hal-hal yang tepat di semua sektor manajemen hotel.

Ada universitas terbaik yang menyediakan jurusan perhotelan dan pariwisata di Turki, seperti Ozyegin University, Yasar University, dan Istanbul Bilgi University.

Jurusan Ekonomi

Selanjutnya ada jurusan ekonomi yang merupakan program studi favorit di Turki. Ada berbagai macam menemani bidang ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang berupa drastis. Perubahan tersebut tentu bisa memberikan dampak besar pada bidang ekonomi. Pada saat ini ada berbagai macam kebijakan ekonomi yang dibuat melalui inovasi teknologi informasi dan fasilitas yang mendukung.

Program studi ekonomi sangat populer di Turki sebab bisa membantu mendapatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja di perusahaan-perusahaan besar. Hampir 60% mahasiswa yang menyelesaikan pendidikan jurusan ekonomi bisa bekerja paling lama dalam waktu 6 bulan telah lulus.Pekerjaan yang cocok untuk gelar sarjana ekonomi sangat banyak, seperti analis bisnis, ekonomi, professional pemasaran, konsultan manajemen, dan broker.

Jurusan Manajemen Internasional

Program studi populer selanjutnya di Turki adalah jurusan manajemen internasional. Jurusan ini bisa membantu mempersiapkan mahasiswa untuk mendapatkan keterampilan penting dalam lingkungan bisnis. Para alumni program studi ini memiliki peluang kerja tinggi sebab mampu memberikan kontribusi strategis bagi keberhasilan bisnis di wilayah lokal maupun internasional, apalagi dengan keterampilan dan pengetahuan yang mereka miliki selama perkuliahan.

Mahasiswa untuk program studi manajemen internasional bisa mempraktekkan serta mengembangkan ilmu yang telah didapatkan pada perusahaan tempat mereka bekerja. Ada beberapa universitas terbaik di Turki untuk program studi manajemen internasional, seperti Koc University, Yasar University, dan Near East University.

Jurusan Arsitektur

Tulisan arsitektur akan mengajarkan mahasiswa mengenai keterampilan keterampilan penting pada bidang arsitektur, sehingga mereka bisa mendapatkan pekerjaan sukses di masa mendatang. Ketika mempelajari program studi arsitektur, masih sebisa mengikuti praktek wajib di kantor maupun lokasi konstruksi, sehingga dapat memahami realitas kerja profesional di luar kehidupan akademik.

Dengan adanya bekal ilmu tambahan yang memadai, seperti bahasa asing dan kewirausahaan tentu mahasiswa bisa menjadi arsitek profesional yang sukses. Ada beberapa universitas terbaik yang menyediakan jurusan arsitektur di Turki, seperti Yasar University, Istanbul Technical University, Bilkent University, dan lain sebagainya .

Jurusan Hukum

Jurusan hukum masih menjadi salah satu program studi populer di berbagai macam negara, termasuk di Turki. Pada saat ini Kebetulan masyarakat terhadap tenaga hukum semakin meningkat. Agar bisa menyelesaikan masalah hukum, tentu perlu cara pandang yang luas dan didasarkan oleh disiplin hukum.

Karena itu, program studi hukum mampu meningkatkan perkembangan masyarakat, politik, maupun ekonomi. Jurusan hukum di Turki sangat populer karena memiliki prospek pekerjaan tinggi.

Ada beberapa yang universitas terbaik yang menyediakan jurusan hukum di Turki, seperti Marmara University, Kocaeli University, Galatasaray University, dan Istanbul University.

Jurusan Biological Sciences and Bioengineering

Jurusan populer lainnya di Turki yang bisa menjadi pilihan adalah Biological Sciences and Bioengineering. Program studi ini atau mempelajari biokimia, biologi molekuler, biologi sel, dan lain sebagainya dengan prospek pekerjaan luas di Turki.

Ada penelitian utama dalam program studi ini, misalnya seperti tanaman bioteknologi, bioinformatika, serta biologi molekuler. Universitas terbaik untuk program studi ini seperti Near East University, Bilkent University, dan Koc University.

Jurusan Farmasi

Terakhir ada jurusan farmasi yang juga cukup populer dan bisa menjadi pilihan pelajar internasional untuk kuliah di Turki. Jadi jurusan farmasi merupakan ilmu interdisipliner dan gabungan dari beberapa macam ilmu, seperti kesehatan, biologi, dan kimia.

Mahasiswa program studi Farmasi akan mempelajari tentang senyawa serta sintesis obat. Tidak hanya itu, tetapi kamu belajar untuk meracik obat yang layak dan aman untuk dikonsumsi. Program studi ini juga cukup populer di Turki dengan beberapa universitas terbaik, seperti Anadolu Anniversary, Gazi University, Suleyman Demirel University, izmir University, dan Sivas Cumhuriyet University.

Baca Juga:
Syarat Kuliah di Turki, Siswa Internasional Harus Tahu!

Pilihan Universitas Favorit di Turki

Selain memilih program studi terbaik dan sesuai dengan bidang peminatan, kuliah di Turki juga harus memperhatikan pilihan universitas. Ada banyak pilihan universitas terbaik di Turki yang bisa menjadi pilihan bagi pelajar internasional, seperti berikut:

Istanbul University

Pilihan pertama ada Istanbul University yang merupakan perguruan tinggi berada di tengah-tengah kota dan sudah ada sejak 1453. Banyak pelajar Indonesia yang kuliah di Istanbul University. Kampus ini juga memiliki alumni tokoh-tokoh penting, seperti Presiden Turki, beberapa perdana menteri, ilmuwan, maupun politisi terkenal.

Pada tahun 2011 Universitas Istanbul berhasil mendapatkan rangking dunia dan menjadi salah satu yang masuk peringkat 500 besar kampus terbaik dunia. Ada berbagai macam fakultas yang ditawarkan, seperti Medicine, Economics, Law, Sciences, Communication, Pharmacy, dan lain sebagainya.

Hacettepe University

Selanjutnya ada Hacettepe University. Universitas ini terletak di daerah Ankara, dan termasuk universitas negeri di Turki. Kampus ini menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di Turki dan kamu bisa menemukan berbagai macam program studi yang unggul dan kampus yang nyaman.

Salah satu jurusan yang paling unggul di kampus ini adalah kedokteran, selain itu ada beberapa jurusan lain seperti Economic, Education, Communication, dan lain sebagainya.

METU (Middle East Technical University)

METU (Middle East Technical University) termasuk perguruan tinggi di Turki yang memiliki kualitas bagus. Perguruan tinggi ini merupakan salah satu kampus berorientasi riset dan memiliki spesialisasi pada bidang engineering, serta natural sciences.

Lokasinya ada Ankara dan menawarkan keluhan program studi sarjana, ratusan program pascasarjana, serta ada beberapa program doktoral.

Ankara University

Selanjutnya ada Ankara University yang sudah berdiri sejak 1946 dan saat ini menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di Turki. Universitas ini juga menjadi salah satu perguruan tinggi di Turki yang menyediakan beasiswa bagi pelajar internasional. Beasiswa disediakan oleh pemerintah Turki, sehingga pelajaran internasional bisa mendapatkan banyak benefit apabila lolos seleksi.

Ankara University merupakan perguruan tinggi di Turki yang banyak dijadikan kampus tujuan oleh pelajar internasional. Ada Berbagai macam program studi yang ditawarkan, seperti antropologi, ilmu bahasa, filsafat, sejarah dan geografi, serta berbagai program studi lainnya.

Sabanci University

Sabanci University juga masuk dalam jajaran perguruan tinggi terbaik di Turki. Universitas ini sudah ada sejak 1994 dan menjadi perguruan tinggi pertama di Turki yang melakukan penerapan pendekatan multidisipliner.

Jadi mahasiswa diberikan kebebasan untuk memilih program yang diinginkan, tanpa adanya batasan. Dengan metode tersebut tentu membantu mahasiswa mendapatkan pengetahuan lebih luas, bahkan di luar spesialisasi yang diambil.

Persyaratan Kuliah di Turki

Jika ingin kuliah di Turki, setiap universitas pasti memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Tetapi secara umum, berikut ini beberapa persyaratan untuk kuliah di Turki.

  • Paspor
  • Foto terbaru
  • Hasil ujian nasional apabila sudah ada
  • Ijazah
  • Transkrip akademik
  • GRE, GMAT, atau SAT (sesuai persyaratan dari universitas tujuan)
  • Sertifikat kemampuan berbahasa Inggris sesuai dengan persyaratan dari universitas
  • Proposal riset, serta contoh riset yang telah dilakukan bagi pendidikan jenjang S3.

Beberapa persyaratan tersebut merupakan syarat umum yang wajib dipenuhi oleh calon pelamar untuk kuliah di Turki.

Baca Juga:
Kisah Seru Mahasiswa Indonesia Kuliah di Luar Negeri

Kesimpulan

Kuliah di Turki bisa memberikan banyak benefit, apalagi pemerintah Turki juga menyediakan berbagai macam Beasiswa bagi pelajar internasional. Ada berbagai macam program studi favorit dan cukup populer di Turki, seperti biologi science dan bioengineering, hukum, farmasi, arsitektur, ekonomi, dan masih banyak jurusan lainnya.

Ada beberapa perguruan tinggi unggulan yang bisa dipilih, seperti Istanbul University, Hacettepe University, METU, Ankara University, dan Sabanci University. Kamu bisa memilih salah satu perguruan tinggi unggulan di Turki dengan menyiapkan beberapa persyaratan seperti paspor, foto terbaru, hasil nilai ujian nasional, ijazah, sertifikat kemampuan bahasa Inggris, transkrip akademik, dan lain sebagainya.

Agar lebih memudahkan proses pendaftaran di salah satu perguruan tinggi Turki, kamu bisa berkonsultasi dan meminta bantuan dari ICAN Education sebagai agen pendidikan luar negeri. Melalui konsultan pendidikan luar negeri, kamu bisa mendapatkan informasi valid terkait jurusan dan kualitas kampus di Turki. Selain itu kamu juga lebih mudah untuk menyiapkan berbagai macam persyaratan dengan bantuan agen pendidikan luar negeri.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event- New Zealand Jakarta
Macquarie
Auckland
Study in SIngapore

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan