Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Jurusan Manajemen Bisnis Belajar Apa Saja? Info Kuliah Hingga Prospek Karir

Jurusan Manajemen Bisnis Belajar Apa Saja? Info Kuliah Hingga Prospek Karir

Beranda / Bacaan Umum / Jurusan Manajemen Bisnis Belajar Apa Saja? Info Kuliah Hingga Prospek Karir

Studi manajemen bisnis akan memberikan pemahaman mendalam tentang cara sebuah organisasi beroperasi. Tergantung pada program studi, kamu bisa mempelajari berbagai aspek bisnis. Ini mungkin termasuk keuangan, administrasi, sumber daya manusia, ekonomi, hukum, strategi, dan pemasaran.

Bidang manajemen bisnis diperkirakan akan mengalami pertumbuhan peluang kerja sebesar 8% dari tahun 2022 hingga 2032. Pertumbuhan ini mencakup berbagai peran seperti pengawas ritel dan manajer layanan administrasi yang menawarkan gaji yang kompetitif dan kemajuan karier.

Manajemen Bisnis Belajar Apa Saja ?

Program manajemen bisnis terbaik menawarkan akademisi yang ketat dari fakultas kelas dunia dengan pengalaman langsung dan magang untuk membantu memulai karier di bidang ini. Kamu juga bisa mempertimbangkan gelar pascasarjana seperti MBA dalam analisis bisnis untuk mempercepat kemajuan skill.

Berikut adalah beberapa mata kuliah inti yang paling umum dalam manajemen bisnis:

Pengantar Ekonomi

Dalam kursus ekonomi pengantar, kamu akan menjelajahi lembaga ekonomi utama dan konsep ekonomi inti. Kamu akan belajar tentang bagaimana konsumen membuat keputusan dan bagaimana para profesional bisnis dapat menggunakan konsep seperti insentif ekonomi untuk menjangkau pelanggan. Kursus ini juga mencakup konsep ekonomi makro seperti siklus bisnis, kebijakan moneter, dan ekonomi global.

Kamu mungkin akan mengambil mata kuliah ekonomi ini pada tahun pertama karena materinya membantu dalam mata kuliah manajemen bisnis tingkat lanjut. 

Akuntansi Keuangan

Dalam kursus ini, kamu akan mempelajari  prinsip dan alat akuntansi keuangan, seperti inventaris dan arus kas. Kursus ini akan melatih kamu untuk menyiapkan laporan akuntansi seperti neraca dan laporan laba rugi. Kemudian, kamu akan mempelajari cara menganalisis laporan tersebut untuk membuat keputusan manajerial.

Program manajemen bisnis biasanya mensyaratkan akuntansi keuangan untuk mahasiswa tahun pertama atau kedua karena kursus ini akan mempersiapkan mereka untuk kelas yang lebih maju.

Prinsip Pemasaran

Dalam mata kuliah pemasaran inti, kamu akan mempelajari cara menggunakan strategi pemasaran untuk mencapai sasaran bisnis. Tak hanya itu, kamu juga akan mempelajari teori pemasaran, perilaku konsumen, riset pesaing, dan analisis pemasaran. 

Sebaiknya kamu mengikuti mata kuliah ini di tahun pertama atau kedua. Kelas ini memperkenalkan topik-topik seperti pemasaran media sosial, pengembangan produk baru, dan strategi pemasaran yang akan digunakan dalam mata kuliah lanjutan.

Prinsip Manajemen

Dalam kursus ini, kamu akan mempelajari proses manajemen, termasuk topik-topik seperti perencanaan organisasi, penetapan tujuan, dan pembangunan tim.

Kelas ini menekankan metode kepemimpinan, manajemen konflik, dan manajemen sumber daya manusia yang strategis. Kamu juga akan berupaya memperkuat keterampilan komunikasi.

Biasanya kursus ini diambil di tahun pertama atau kedua. Dan kemudian menggunakan keterampilan utama yang diperoleh dalam kursus tingkat atas seperti manajemen proyek, kepemimpinan strategis, dan pengawasan tim.

Statistik Bisnis

Dalam kursus statistik bisnis, kamu akan mempelajari alat analisis statistik dan aplikasinya. Kamu juga akan mempelajari konsep-konsep seperti distribusi data, analisis regresi, dan interpretasi data.

Kursus ini akan melatih siswa untuk menerapkan metode statistik dalam lingkungan bisnis.

Sebagian besar program merekomendasikan kursus statistik bisnis sekitar tahun kedua gelar manajemen bisni. Karena akan menerapkan pengetahuan statistik dan analisis bisnis dalam kursus tingkat atas.

Alasan Memilih Jurusan Manajemen Bisnis

Bagi para calon pengusaha dan pemimpin bisnis, gelar manajemen bisnis selalu menjadi pilihan yang populer. Gelar ini memberikan pengetahuan dan keterampilan akademis untuk mengejar peluang karir global dan membantu siswa mengembangkan pemahaman yang luas tentang bisnis dan bidang-bidang tertentu seperti keuangan dan sumber daya manusia.

Nah, berikut beberapa alasan memilih jurusan manajemen bisnis yang perlu kamu tahu:

Praktis dan teoritis

Studi Bisnis & Manajemen di universitas akan membantu membangun pemahaman teoritis kamu tentang dunia bisnis. Di samping itu, sekolah bisnis cenderung memiliki kemitraan yang erat dengan bisnis lokal dan global. Melalui koneksi ini, kamu akan mendapatkan manfaat dari teknik bisnis terkini serta memiliki peluang untuk penempatan kerja.

Pembelajaran berbasis kasus

Selama kuliah, kamu dapat belajar melalui pengalaman praktis dan relevan. Gelar bisnis terkenal karena memiliki tingkat pembelajaran berbasis kasus yang tinggi di mana universitas menggunakan contoh kehidupan nyata, mempersiapkan kamu untuk bekerja di dunia profesional.

Prospek lulusan yang baik

Banyak keterampilan yang dapat dipindahtangankan yang akan kamu kembangkan sangat dibutuhkan, seperti komunikasi, pengambilan keputusan, numerasi, presentasi, dan pemahaman umum tentang cara kerja suatu organisasi. Sebagai lulusan bisnis, kamu akan memiliki berbagai pilihan karier serta bakat yang dibutuhkan untuk bekerja di industri apa pun.

Universitas Luar Negeri yang Memiliki Jurusan Manajemen Bisnis Terbaik

Ada beberapa universitas luar negeri untuk belajar jurusan manajemen bisnis yang bisa jadi pilihan kamu. Berikut beberapa universitas yang dimaksud:

Cardiff University, Inggris

Cardiff University adalah universitas yang ambisius dan inovatif dengan visi yang berani dan strategis yang berlokasi di ibu kota yang indah dan berkembang pesat.

Sebagai anggota Russell Group, Cardiff adalah salah satu dari 24 universitas riset terkemuka di Inggris dan reputasi yang telah lama ada untuk keunggulan akademis, penelitian mutakhir, dan kepuasan mahasiswa yang tinggi. Sebanyak 90% penelitian Cardiff University telah dikonfirmasi sebagai yang terdepan di dunia atau unggul secara internasional oleh Research Excellence Framework 2021.

Cardiff memiliki 28 jurusan yang masuk dalam kursus Manajemen Bisnis yang semuanya bisa dipilih sesuai dengan minat siswa.

University of Queensland, Australia

University of Queensland (UQ) adalah salah satu universitas terkemuka di Australia dalam bidang pendidikan dan penelitian. Selama lebih dari satu abad, UQ telah mendidik dan bekerja sama dengan orang-orang yang luar biasa untuk memberikan kepemimpinan dalam bidang pengetahuan demi dunia yang lebih baik.

UQ termasuk dalam jajaran universitas terbaik di dunia, dan dengan fokus yang kuat pada keunggulan pengajaran, telah memenangkan lebih banyak penghargaan pengajaran nasional daripada universitas Australia lainnya.

Kamu dapat mempelajari semua yang kamu butuhkan untuk masa depan dalam bisnis dan fokuskan diri pada jalur karir melalui 7 jurusan pilihan di kursus Manajemen Bisnis. 

University of Reading, Inggris

Reading adalah salah satu dari 30 universitas terbaik di Inggris (peringkat ke-26 dari 90 universitas di Inggris dalam QS World University Rankings, 2024), dan merupakan lembaga penelitian terkemuka. 98% penelitian Universitas ini bertaraf internasional (Research Excellence Framework 2021, menggabungkan 4* (terkemuka di dunia), 3* (sangat baik secara internasional) dan 2* (diakui secara internasional) dari Universitas ini).

Program manajemen bisnis di kampus ini menggabungkan dua bidang utama bisnis untuk mempersiapkan kamu meraih karier masa depan yang sukses. Henley Business School menduduki peringkat ke-16 di Inggris untuk Akuntansi dan Keuangan (Times/Sunday Times University Guide, 2019). Universitas ini bertujuan untuk memberikan lingkungan belajar berkualitas tinggi yang menanamkan keingintahuan intelektual, inovasi, dan praktik terbaik dalam pembelajaran, pengajaran, dan dukungan mahasiswa untuk memungkinkan mahasiswa mencapai potensi akademis mereka sepenuhnya.

Catatan pekerjaan lulusan dari University of Reading sangat baik, dengan sebagian besar memasuki pekerjaan pilihan mereka dalam waktu tiga bulan setelah lulus.

Curtin University, Australia

Curtin University mempertahankan posisi di 1% universitas teratas secara global (ARWU 2023). Universitas ini juga masuk dalam peringkat 200 universitas teratas dalam QS World University Rankings (2024), dan telah meraih peringkat QS Five Stars Plus, peringkat tertinggi yang tersedia untuk lembaga pendidikan tinggi. 

Kursus manajemen bisnis di kampus ini akan membantu kamu menjadi lulusan yang sangat adaptif. Kamu akan memiliki keterampilan lintas bidang di berbagai bidang bisnis dan siap bekerja di lingkungan yang dinamis serta beradaptasi dengan kebutuhan industri. Kamu juga akan menyadari tren global dan siap bekerja di semua sektor, dengan keterampilan beragam yang dihargai oleh para pemberi kerja.

Aspek-aspek yang Dipelajari dalam Manajemen Bisnis

Ketika belajar mengenai manajemen bisnis, ada beberapa aspek yang akan kamu kuasai dan tentunya akan dipelajari dari awal semester perkuliahan. Nah, beberapa aspek yang akan kamu pelajari dalam kursus ini adalah:

Manajemen Keuangan

Selama kursus berlangsung, kamu akan mempelajari pengetahuan ekonomi yang dibutuhkan untuk meraih kesuksesan di sektor keuangan global. Mahasiswa akan membangun pengetahuan tentang analisis, perencanaan, dan pengelolaan tugas-tugas keuangan.

Selama menempuh pendidikan manajemen keuangan, kamu  akan memperoleh pengetahuan yang dibutuhkan untuk bekerja di bidang manajemen perusahaan di departemen seperti pengendalian keuangan dan akuntansi. Di bidang audit atau konsultasi manajemen, kamu dapat bekerja sebagai manajer keuangan.

Manajemen Sumber Daya Manusia

Bidang manajemen sumber daya manusia meliputi perekrutan karyawan baru, mengevaluasi kinerja karyawan, memastikan kompensasi dan tunjangan yang adil, melatih karyawan dan mendukung pendidikan dan pengembangan, serta melindungi kesehatan dan keselamatan semua karyawan. Ini adalah landasan penting dari pekerjaan profesional SDM.

Dari menyusun lowongan pekerjaan hingga menyediakan opsi pendidikan berkelanjutan, SDM berfungsi di semua tahap perjalanan karyawan dengan suatu organisasi. Untuk menjadi profesional SDM yang efektif, kamu memerlukan campuran keterampilan pribadi dan teknis seperti strategi perekrutan, membuat rencana kompensasi, serta komunikasi dan pembangunan tim.

Manajemen Pemasaran

Dengan mempelajari gelar manajemen pemasaran, kamu akan segera menemukan banyak aspek pemasaran dan bisnis, dan mengapa karier ini memiliki daya tarik yang begitu luas. Seorang pemasar dekat dengan aksi dalam sebuah organisasi, bekerja sama dengan departemen penjualan dan layanan, serta menggunakan teknologi dan taktik pemasaran terkini di berbagai saluran pemasaran. 

Manajemen pemasaran merupakan area bisnis penting yang mencakup strategi, pelaksanaan, dan pengawasan program yang diperlukan untuk mempromosikan produk dan layanan perusahaan. Pemasaran merupakan bagian mendasar dari setiap bisnis, baik perusahaan yang mencari laba maupun organisasi nirlaba.

Manajemen Operasi

Manajemen operasi adalah pengelolaan struktur, praktik, dan proses bisnis untuk meningkatkan efisiensi dan memaksimalkan laba. Manajemen operasi mengacu pada pengelolaan fungsi yang dibutuhkan bisnis agar dapat berjalan efektif setiap hari.

Operasional merupakan fondasi bisnis, termasuk cara menangani rantai pasokan dan logistik. Keuntungan bergantung pada operasi yang ramping dan efisien. Operasional bisnis yang buruk dapat mengancam kelangsungan hidup bisnis, sehingga proses harus dioptimalkan, staf yang tepat perlu dipekerjakan, dan lokasi fisik harus strategis, etis, dan aman.

Manajemen Strategis

Manajemen strategis melibatkan pengembangan dan penerapan rencana untuk membantu organisasi mencapai tujuan dan sasarannya. Proses ini dapat mencakup perumusan strategi, perencanaan struktur organisasi dan alokasi sumber daya, memimpin inisiatif perubahan, dan mengendalikan proses dan sumber daya.

Manajemen strategis juga merupakan keterampilan yang dapat dikembangkan seiring dengan bertambahnya pengalaman seseorang dan mengadopsi pola pikir strategis. Manajemen strategis dianggap sebagai bagian dari kecerdasan bisnis dan juga dapat diterapkan di berbagai bidang seperti nirlaba, pemerintahan, dan sektor publik.

Biaya Kuliah Jurusan Manajemen Bisnis di Luar Negeri

Biaya kuliah tentu akan berbeda di masing-masing universitas dan negara tujuan. Misanya saja, jika kamu berencana kuliah sarjana jurusan manajemen bisnis di Amerika, biaya yang harus kamu keluarkan adalah $10,000 hingga $50,000 per tahun. Sedangkan untuk gelar Master of Business Administration, kamu membutuhkan biaya sekitar $20,000 hingga lebih dari $100,000.

Sedangkan, untuk kamu yang tertarik untuk kuliah di Kanada, biaya kuliahnya dapat mencapai lebih dari $20.000 per tahun. Namun, akan lebih baik jika kamu mengunjungi situs resmi universitas untuk melihat berapa biaya yang harus dikeluarkan secara pasti. Biaya masing-masing jenjang pendidikan juga akan berbeda. 

Prospek Karir Jurusan Manajemen Bisnis

Keterampilan yang kamu peroleh dalam gelar manajemen bisnis mempersiapkan kamu untuk berbagai karir. Beberapa prospek karir yang mungkin bisa kamu pilih adalah:

Advertising and Promotions Manager

Bekerja dengan kepala berbagai departemen seperti pengembangan produk, penjualan, dan pemasaran, para manajer ini mengawasi program dan kampanye yang membangkitkan minat konsumen terhadap produk dan layanan.

Financial Manager

Manajer keuangan memberi saran kepada manajer senior dan dewan perusahaan tentang kesehatan keuangan suatu perusahaan. Para profesional ini harus memiliki pengetahuan terperinci tentang bagaimana pajak dan peraturan mempengaruhi bisnis, serta pemahaman yang kuat tentang praktik akuntansi suatu organisasi.

Sales Manager

Manajer penjualan mengawasi ketat penjualan perusahaan, menganalisis titik data untuk memastikan aliran pendapatan yang menguntungkan dalam menghadapi biaya overhead. Manajer penjualan bekerja dengan manajer penjualan regional dan lokal untuk memantau preferensi konsumen.

Administrative Services Manager

Manajer layanan administrasi memastikan bahwa operasi sehari-hari suatu organisasi berjalan secara efektif dan efisien. Bergantung pada ukuran perusahaan, manajer ini dapat mengawasi apa pun mulai dari menyajikan catatan organisasi kepada para eksekutif perusahaan hingga mengawasi staf administrasi dan klerikal.

Kesimpulan

Belajar manajemen bisnis akan membantu kamu memilih tujuan karir yang luas. Kamu bisa bekerja di berbagai bidang dengan keahlian yang kamu miliki. Banyak universitas luar negeri menawarkan jurusan manajemen bisnis dengan para pengajar yang profesional dan berpengalaman. 

Jika kamu tertarik dengan salah satu universitas yang disebutkan di atas, kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim konselor kami dan dapatkan informasi lengkap tentang universitas luar negeri yang kamu minati. 

Tim kami juga akan membantu dalam proses pendaftaran, pengumpulan dokumen hingga pengajuan visa. Semua proses pendaftaran akan dibantu oleh tim berpengalaman sehingga kamu bisa lebih fokus dalam mempersiapkan diri untuk kuliah di luar negeri. Informasi lebih lanjut bisa kamu dapatkan dengan mengunjungi kantor kami secara langsung atau konsultasi online terlebih dahulu dengan tim kami!

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
Education Expo Jabodetabek
Monash Malaysia
Deakin University
SIT
Education Expo Manado

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan