Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Pilihan Jurusan yang Banyak Peluang Kerja di 2024

Pilihan Jurusan yang Banyak Peluang Kerja di 2024

Beranda / Perkuliahan / Info Jurusan / Pilihan Jurusan yang Banyak Peluang Kerja di 2024

Berhasil memilih  jurusan yang banyak peluang kerjadan menjadi passion kamu adalah sebuah keberuntungan. Ketika memilih program studi perkuliahan, tentunya kamu perlu mempertimbangkan dengan matang sebab hal tersebut bisa berdampak besar untuk karir dan masa depan.

Banyak pelajar yang baru lulus SMA kemudian masih merasa ragu untuk memilih jurusan kuliah yang tepat, Sebab mereka mempertimbangkan mana jurusan yang bisa mendapatkan pekerjaan dengan cepat setelah menyelesaikan pendidikan  tinggi. 

Sebenarnya, setiap program studi kuliah memiliki keunggulan dan peluang kerja masing-masing sesuai dengan bidangnya. Oleh karena itu, disarankan untuk menggali informasi mengenai berbagai jurusan kuliah yang memiliki peluang kerja yang luas. Hal terpenting adalah coba pilih program studi yang sesuai dengan minat dan bakat agar dapat meraih hasil yang optimal selama menjalani perkuliahan.

5 Jurusan Populer dengan Peluang Kerja Tinggi

Di Indonesia sendiri ada berbagai macam jurusan yang memiliki peluang kerja besar bagi mahasiswa. Pastikan kamu sudah memilih jurusan yang tepat dan sesuai dengan minat sehingga setelah mendapatkan pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah. Berikut ini beberapa pilihan jurusan yang memiliki peluang kerja cukup besar di Indonesia.

1. Jurusan Teknik Informatika

Salah satu jurusan yang memiliki peluang kerja cukup luas di masa mendatang adalah teknik informatika. Program studi yang satu ini cukup menjanjikan dan akan membantu kamu untuk mempersiapkan diri menjadi seorang ahli di bidang teknologi, mulai dari belajar pemrograman hingga pengembangan aplikasi.

Berhasil menyelesaikan pendidikan teknik informatika, kamu akan sangat dibutuhkan untuk menghadapi tuntutan dunia modern. Tentu saja peluang kerjanya sangat luas, sebab saat ini sudah banyak perusahaan-perusahaan besar baik nasional maupun multinasional yang membutuhkan lulusan teknik informatika.

2. Jurusan Teknik Elektro

Selain jurusan Teknik Informatika, salah satu jurusan yang banyak peluang kerja di Indonesia adalah Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro memiliki peranan yang cukup besar dalam kemajuan peradaban manusia. Masuk dalam program studi ini, kamu akan mempelajari ilmu yang memiliki pengaruh dalam berbagai macam aspek kehidupan.

Jadi mahasiswa di jurusan ini tidak hanya mempelajari tentang listrik, tetapi juga tentang telekomunikasi. Apabila tidak ada kontribusi dari lulusan Teknik Elektro untuk kemajuan teknologi internet dan komunikasi tidak sebaik seperti saat ini. Apakah jurusan Teknik Elektro termasuk salah satu program studi yang kamu Minati?

3. Jurusan Ilmu Komputer

Selanjutnya ada jurusan ilmu komputer yang termasuk salah satu program studi dengan peluang kerja cukup besar di Indonesia. Jadi jurusan ilmu komputer merupakan salah satu program studi di Bidang sains dan teknologi yang tidak pernah kehilangan daya tariknya di mata para pelajar. 

Apalagi saat ini ilmu komputer menjadi salah satu bidang yang semakin penting sebagai perkembangan teknologi yang terus maju dan sudah banyak pemanfaatan komputer. Nantinya di jurusan ilmu komputer kamu akan disiapkan untuk menjadi mahasiswa dengan pemahaman luas serta responsif terhadap kebutuhan global di bidang teknologi komputer dan informasi.

4. Jurusan Kedokteran

Jurusan Kedokteran adalah salah satu program studi yang tidak pernah  kehabisan  peluang kerja. Rasanya selama masih ada manusia di muka bumi ini, tentu tenaga kesehatan tetap menjadi salah satu kebutuhan utama. Tidak heran apabila Jurusan Kedokteran menjadi salah satu pilihan utama di kalangan siswa dengan latar belakang IPA.

Banyak pelajar yang tertarik untuk mengambil jurusan kedokteran karena prospek karir yang sangat menjanjikan dan terus berlangsung sepanjang masa. Jadi jika kamu termasuk salah satu pelajar yang memiliki keunggulan di mata pelajaran IPA, terutama di biologi, maka tidak perlu ragu lagi untuk memilih jurusan yang satu ini.

5. Jurusan Desain

Jurusan yang banyak peluang kerja selanjutnya adalah  desain. Lulusan jurusan desain, misalnya seperti Desain Komunikasi Visual desain produk, hingga lulusan desain interior tentu memiliki  peluang kerja yang cukup luas. Mereka memiliki keahlian dalam menggabungkan kreativitas serta teknologi, sehingga bisa memikat perhatian masyarakat.

Masih banyak jurusan desain yang tidak kalah menarik dengan peluang pekerjaan yang cukup luas, misalnya jurusan desain mode bagi kamu yang tertarik untuk memperdalam industri fashion. 

Baca juga:
Kampus Terbaik Di Dunia Untuk Jurusan Teknik Elektro
Prospek Kerja Teknik Industri Di Indonesia

Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Sebenarnya masih banyak program studi yang memiliki  prospek pekerjaan cukup luas, namun untuk memilih jurusan yang tepat sebaiknya kamu juga memperhatikan minat kamu. Apabila masih merasa bingung untuk memilih jurusan yang tepat, maka berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba:

Pahami Niat Kamu

Menentukan jurusan kuliah yang sesuai sangat penting, dan kuncinya ada pada pemahaman diri sendiri. Pertama-tama, kamu harus memahami bakat, minat, dan kemampuan secara mendalam. Dengan memahami kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, kamu akan lebih siap menghadapi berbagai tantangan yang mungkin muncul selama perjalanan kuliah.

Riset Jurusan Kuliah

Cara selanjutnya bisa juga dengan melakukan riset  beberapa jurusan di perkuliahan. Ketika melakukan riset cobalah untuk mencatat hal-hal penting dan harus dilakukan secara serius. Cobalah untuk membandingkan dan menganalisis setiap jurusan secara mendalam. Pertimbangan juga prospek karir dari masing-masing jurusan tersebut dan apakah kamu akan menyukai bidang tersebut.

Penting juga untuk mencari informasi gaji yang biasanya diterima oleh lulusan dari program studi tersebut. Misalnya jika kamu tertarik dengan Bidang sains dan teknologi, maka bisa mempertimbangkan beberapa jurusan seperti Teknik Elektro, teknik industri, atau teknik informatika. Tambahkan lagi beberapa informasi lainnya dengan mencari sumber lain yang akan memberikan pandangan secara luas.

Sekalipun cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama tetapi usaha untuk mencari informasi dan melakukan riset akan sangat membantu untuk menentukan pilihan dan jurusan perkuliahan yang tepat. 

Tanyakan Kepada Orang Terdekat atau Orang yang Berpengalaman

Setelah kamu berhasil melakukan riset, cobalah untuk berdiskusi secara langsung dengan para ahli di dalam bidangnya baik yang merupakan alumni maupun seorang praktisi. Pendekatan yang satu ini akan membantu kamu untuk mengambil langkah penting dalam menentukan jurusan kuliah yang tepat, sebab kamu bisa mendapatkan wawasan secara langsung dari mereka yang sudah berpengalaman dalam bidang tersebut.

Baca Juga:
Peluang Kerja Untuk Lulusan Luar Negeri

Penutup

Ada banyak program studi yang memiliki peluang kerja luas  seperti Teknik Informatika, Teknik Elektro, Ilmu Komputer, Kedokteran, juga Desain. Kamu dapat memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat, sehingga proses perkuliahan nantinya bisa dengan menyenangkan. Pahami juga bahwa masing-masing jurusan yang kamu pilih pasti memiliki keuntungan dan konsekuensi masing-masing, hal ini akan membantu kamu lebih jeli dalam memilih.

Jadi, selain memperhatikan mana jurusan yang banyak peluang kerja, perhatikan minat kamu juga ya. Agar lebih mudah memilih jurusan yang tepat, jauh lebih baik jika kamu berkonsultasi dengan seseorang yang profesional melalui agen pendidikan terbaik seperti ICAN Education. Agen pendidikan akan membantu kamu untuk mendapatkan kesempatan memahami bakat dan minat serta mengarahkan pada jurusan yang tepat.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
SIM
KINGS USA
KINGS UK
UTS College Bandung
UTS College Manado
UTS College Bekasi
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan