Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Kuliah S2 di Luar Negeri Berapa Tahun? Ini Informasinya

Kuliah S2 di Luar Negeri Berapa Tahun? Ini Informasinya

Beranda / Perkuliahan / Kuliah S2 di Luar Negeri Berapa Tahun? Ini Informasinya

Kuliah S2 di luar negeri berapa tahun? Durasi perkuliahan S2 di luar negeri sebenarnya berbeda-beda, disesuaikan dengan kebijakan masing-masing kampus  atau program studi yang kamu pilih. Namun kuliah S2 di luar negeri bisa menjadi opsi terbaik, karena kamu akan mendapatkan kualitas pendidikan terbaik.

Dengan mengetahui informasi durasi perkuliahan S2 di luar negeri tentu akan membantu kamu untuk bisa menganggarkan biaya perkuliahan serta biaya hidup selama masa studi. Selain itu, kamu juga bisa merencanakan ingin mendapatkan pekerjaan atau membuka karir sendiri setelah menyelesaikan studi denhiiiuiygan lebih mudah. Pantas kuliah S2 di luar negeri harus menghabiskan berapa tahun?

Kuliah S2 di Luar Negeri Berapa Tahun? Ini Durasinya

Untuk durasi perkuliahan S2 di luar negeri masing-masing negara memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Berikut ini rata-rata durasi perkuliahan S2 di luar negeri:

Asia

Banyak universitas di Asia menjadi pilihan populer dan banyak diminati oleh pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi, seperti Jepang, Korea, Singapura, dan China. Setiap tahun, ribuan pelajar Indonesia mendaftar di universitas-universitas di negara-negara tersebut, baik untuk tingkat sarjana (S1) maupun pascasarjana (S2).

Durasi studi di masing-masing negara cenderung berbeda, dengan rata-rata sekitar 4 tahun, kecuali di Singapura yang memungkinkan penyelesaian gelar sarjana dalam waktu 3 tahun. Untuk kuliah S2 di luar negeri, durasinya umumnya sama dengan di Indonesia, yakni 2 tahun.

Namun, jika memilih untuk meraih gelar S2 di Singapura, prosesnya seringkali dapat diselesaikan dalam satu tahun. Studi di negara non-Inggris biasanya menimbulkan tantangan tersendiri dibandingkan dengan studi di negara berbahasa Inggris.

Baca juga:
Jurusan S2 Pendidikan Di Luar Negeri, Ini Daftar Kampusnya!

Eropa

Beberapa negara di Eropa, seperti Jerman, Swedia, dan Belanda, menjadi destinasi populer bagi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi S2 di luar negeri, baik pada tingkat sarjana maupun S2. Setiap negara di Eropa menerapkan sistem pendidikan yang berbeda dengan kebijakan khusus untuk pelajar internasional.

Meskipun kebijakan tersebut beragam, rata-rata durasi studi untuk menyelesaikan gelar sarjana di Eropa adalah sekitar 3 tahun. Sementara itu, durasi kuliah S2 di luar negeri, terutama di Eropa, bervariasi, mulai dari satu tahun hingga dua tahun, tergantung pada program dan universitas yang dipilih.

Australia

Durasi pendidikan sarjana di universitas Australia umumnya berlangsung selama 4 tahun, tetapi jika melibatkan jalur pathway atau program foundation, total waktu studi bisa mencapai sekitar 5 tahun.

Sementara itu, untuk kuliah S2 di luar negeri, khususnya di Australia, pelajar internasional biasanya menyelesaikan program dalam waktu sekitar 2 tahun. Namun, ada beberapa program seperti Master of Science yang dapat diselesaikan lebih cepat dengan catatan mempertahankan kinerja akademis yang baik.

Inggris

Sedangkan durasi kuliah S2 di universitas Inggris, khususnya bagi pelajar internasional, program pascasarjana umumnya berlangsung selama satu tahun. Namun, durasinya bisa menjadi 2 tahun atau lebih jika pelajar memilih program Graduate Pathway. Kuliah pascasarjana di Inggris dibagi menjadi dua jenis, yaitu “taught,” yang berfokus pada teori, dan “research,” yang berfokus pada penelitian. Perbedaan fokus ini juga dapat mempengaruhi durasi studi S2 di luar negeri yang diambil oleh masing-masing pelajar.

Amerika Serikat

Pelajar di Amerika umumnya akan memulai pendidikannya di College selama dua tahun. College adalah perguruan tinggi 2 tahun yang menggunakan sistem kredit yang dapat di-transfer langsung ke universitas tingkat 3 setelah lulus.

Untuk melanjutkan studi ke tingkat pascasarjana di Amerika Serikat, pihak kampus biasanya menetapkan persyaratan ujian tertentu, tergantung pada jurusan yang diambil, seperti Master of Business Administration. Berapa tahun kuliah S2 di luar negeri, khususnya di Amerika? Umumnya, durasi pendidikan S2 di luar negeri, seperti di Amerika, adalah 2 tahun, meskipun ada program-program tertentu, seperti jurnalistik, yang dapat diselesaikan dalam waktu 1 tahun.

Baca juga :
Biaya Kuliah S2 Di Luar Negeri Di Berbagai Negara

Penutup

Kuliah S2 di luar negeri berapa tahun? Jadi kuliah S2 di luar negeri memiliki durasi yang berbeda-beda, tetapi secara umum dimulai dari 1 tahun hingga 2 tahun masa studi. Hal ini ditentukan oleh jurusan serta perguruan tinggi yang kamu pilih.

Apabila ingin mendapatkan informasi lebih jelas seputar perkuliahan S2 di luar negeri, kamu dapat berkonsultasi dengan agen pendidikan luar negeri ICAN Education. Tidak hanya memberikan informasi seputar pendidikan S2 di luar negeri, tetapi juga ada berbagai macam layanan yang akan membantu kamu untuk lebih mudah mendaftar di salah satu perguruan tinggi favorit luar negeri.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan