Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Berencana Kursus di Australia Sambil Bekerja? Simak Ini!

Berencana Kursus di Australia Sambil Bekerja? Simak Ini!

Beranda / Bacaan Umum / Berencana Kursus di Australia Sambil Bekerja? Simak Ini!

Kursus di Australia sambil bekerja itu memungkin, asalkan kamu memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku di negara tersebut. Sehingga nantinya kamu dapat menjalankan pekerjaan maupun kursus dengan tenang. Visa pelajar di Australia memungkinkan pelajar internasional untuk bekerja paruh waktu sambil belajar. Semua pemegang visa pelajar berhak untuk bekerja 20 jam seminggu, dan jam kerja tidak dibatasi selama istirahat kursus yang dijadwalkan. Jam kerja tidak terbatas hanya berlaku untuk pasangan atau mitra hukum mahasiswa Magister PhD.

Jika kamu telah menyelesaikan gelar sarjana, magister atau PhD, kamu mungkin memenuhi syarat untuk jalur Kerja Pasca Studi dari visa Pascasarjana Sementara (subkelas 485). Hal ini memungkinkan kamu untuk tinggal di Australia setelah studi untuk mendapatkan pengalaman praktis bekerja di bidang yang dipelajari.

Jenis Visa untuk  dapat kursus di Australia Sambil Bekerja

Saat memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke Australia, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan. Dengan begitu, akan lebih nyaman dan dalam menjalankan keduanya. Namun, jika kamu hendak kuliah sambil bekerja, ada dua jenis virus yang dapat dipilih. Sesuai dengan kebutuhan kamu.

Postgraduate Research Sector Visa (Subclass 574)

Bag kamu yang hendka mendafatra magister maupun doktororat perlu memiliki jenis visa satu ini. dengan begitu, kamu nantinya dapat kuliah sambil bekerja. Ada[un jam kerjanya yaitu sekira 40 jam per dua minggu, jika kamu mengambil program pre master.

Higher Education Sector Visa (Subclass 573)

Apakah kamu berencana melanjutkan pendidikan S1, Graduate Certificate, Associate Degree, diploma, atau Masters by coursework? Sekaligus nantinya ingin sambil bekerja. dengan begitu, visa yang cocok untuk kamu pilih yaitu subclass 573.  Untuk durasi waktu bekerja dalam dua minggu yaitu 40 jam.

Syarat dan Ketentuan untuk Dapat Kursus di Australia Sambil Bekerja

Setelah memilih visa yang sesuai dengan kebutuhanmu, maka sekarang saatnya untuk menyiapkan atau memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Untuk hal tersebut, silahkan simak ulasan berikut ini dengan seksama!

Tax File Number

Jika kamu ingin bekerja di Australia, maka Tax File Number peluk kamu dapatkan terlebih dahulu. Lalu apa itu TFN? Istilah ini berajuk kepada nomor referensi yang sering digunakan oleh pemerintah Australia untuk dapat mencari pekerjaan seseorang.

Kemudian nantinya, pemerintah Australia akan mencatat pajak yang perlu dibayarkan dengan detail setiap setahun sekali. Selain itu, nomor TFN juga sangat dibutuhkan oleh kamu ketika nanti hendak melamar pekerjaan. Uniknya lagi, jika nanti TFN hilang, maka kamu tidak perlu mengantri untuk mendaftar kembali sebagai normal.

Batas 40 jam kerja

Umumnya bagi mahasiswa internasional yang akan bekerja sambil kuliah di Australia, yaitu batas bekerja maksimal yaitu hanya 40 jam dalam setiap dua minggunya. Meskipun pekerjaan ini masuknya ke dalam magang atau kerja tanpa dibayar. Namun, jika pekerjaan yang dijalankan menguntungkan  untuk komunitas, maka tidak diperhitungkan 40 jam.

Hak Kerja

Untuk mendapatkan hak atas pekerjaan yang telah kamu lakukan, maka perlu mengetahui upah minuman yang nantinya dapat diterima. Sehingga ketika nantinya kamu tidak mendapatkan hak  yang mestinya didapatkan maupun menerima perlakuan tidak adil dari sebuah perusahaan maupun lembaga.

Maka dapat melaporkan bahkan menuntut kepada pihak yang berwajib. Selain itu, para mahasiswa yang bekerja pun berhak mendapatkan waktu liur, jam istirahat yang telah ditetapkan, dan bekerja di tempat yang aman.

Cara Mencari Lowongan Kerja di Australia Sambil Kursus

Setelah memutuskan untuk sambil bekerja, maka saatnya yaitu mencari lowongan pekerjaan. Selain door to door, kamu pun dapat mencari pekerjaan melalui career center  kampus. Biasanya mereka memuat informasi mengenai lowongan pekerjaan. Baik lowongan mengenai pekerjaan di luar kampus maupun dalam kampus.

Selain itu, kamu juga dapat mencarinya melalui website pencarian kerja bernama Australian JobSearch maupun seek.com.au. Selain itu ada pula pedestrian.tv yang memuat lowong pekerjaan bidang seni,music, dan media.  Pastikan pula kamu menyiapkan dokumen yang dibutuhkan, termasuk di dalamnya CV, pas foto, dan Tax File Number.

Kursus di Australia sambil bekerja dapat kamu ikuti dengan memilih visa yang sesuai dengan kebutuhanmu. Selain itu pastikan waktu maksimal kamu bekerja 40 jam setiap dua minggu sekali.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event- New Zealand Jakarta
Macquarie
Auckland
Study in SIngapore

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan