Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
mengenal lebih jauh double degree uk

Mengenal Lebih Jauh Double Degree UK

Beranda / Perkuliahan / Mengenal Lebih Jauh Double Degree UK

Ingin kuliah program double degree UK? Yuk kenali dulu lebih jauh tentang persyaratan dan lainnya mengenai kuliah program double degree ini. Agar kamu bisa mempersiapkan diri dan persyaratan apa saja yang diperlukan secara matang untuk bisa lolos atau diterima di salah-satu kampus impian UK (United Kingdom).

Pengertian dari double degree sendiri merupakan salah-satu program yang ditawarkan universitas bagi calon mahasiswa jika ingin mendapat dua gelar sekaligus dalam satu masa studi. Calon mahasiswa tersebut bisa memilih program gelar ganda di kampus yang sama atau berbeda, tentunya dengan dua jurusan pilihan.

Persiapan dan Syarat Masuk Double Degree UK

Mahasiswa yang mengambil program double degree UK tidak sedikit mereka berasal dari lintas-negara dengan pilihan kelas internasional. Meskipun pada umumnya memang banyak juga yang mengambil double degree langsung di UK saja. Adapun persyaratan dan persiapan untuk bisa masuk program tersebut di antaranya sebagai berikut :

Mengetahui Jadwal Pendaftaran

Persiapan utama untuk bisa masuk program double adalah mengetahui jadwal pendaftaran. Pasalnya jika kamu tahu kapan jadwal pendaftaran untuk masuk program double degree maka bisa mengisi form yang telah disediakan sebagai langkah awal. Selain itu, perhatikan dan jangan sampai terlewat untuk batas waktu pengapplyannya.

Persiapkan Persyaratan Data-Data

Syarat kedua untuk bisa masuk program double degree di universitas manapun kamu harus telah mempersiapkan persyaratan data-data. Adapun tips yang bisa kamu coba adalah dengan membuat atau menyatukan data-data tersebut dalam satu dokumen. Agar ketika kamu membutuhkan tidak perlu mencari-cari lagi di tempat lain, untuk data-datanya sendiri yaitu :

  • Fotokopi Transkrip Nilai (dengan minimal IPK di atas 3.20)
  • Fotokopi Ijazah atau Keterangan Lulus
  • Fotokopi sertifikat Bahasa Asing yaitu IELTS / TOEIC / TOEFL (ekuivalen dengan standar nilai yang telah ditentukan)

Sementara untuk tambahan syarat-syarat lainnya bisa kamu pastikan sesuai jurusan. Sebab tidak jarang banyak universitas yang mengoperasionalkan sertifikat pendukung seperti hasil lomba dan lainnya sesuai dengan jurusan.

Baca juga : Universitas Dengan Program Marketing Terbaik di United Kingdom

Mempersiapkan Diri (Mental)

Dalam menempuh pendidikan untuk program double degree mahasiswa biasanya harus bisa menyelesaikan banyaknya studi antara 60-80 SKS. Hal ini karena, tidak semua orang sanggup untuk bisa menyelesaikan studi tersebut. Sehingga syarat untuk masuk atau lolos program ini yang tidak kalah penting lainnya adalah mempersiapkan diri. Baik secara mental, belajar, maupun lainnya.

Sebab sebelum itu juga, mahasiswa yang akan mendaftar program double degree pasti akan dihadapkan pada serangkaian tes. Mulai dari tes tertulis  hingga ujian lisan yang diadakan universitas atau kampus UK sesuai jadwal dan ketentuan. Bahkan sekarang banyak yang mengadakan tes tersebut secara online.

Bersamaan dengan itu calon mahasiswa double degree juga harus mengikuti dan lolos tes wawancara yang diadakan di universitasnya. Dengan demikian, kesiapan diri untuk bisa mengikuti program double degree memang benar-benar harus dipastikan dan mempersiapkan apapun secara matang.

Membuat Motivasi (Essay)

Syarat untuk bisa lolos dalam double degree selanjutnya adalah kamu harus bisa membuat essay atau motivasi untuk meyakinkan semua pihak terkait keinginan mengikuti program tersebut, khususnya pihak kampus. Sebab membuat essay diri yang menekankan pada motivasi serta menjelaskan atau menggambarkan kamu bagaimana, peluang untuk lolosnya sangatlah besar.

Pihak kampus luar negeri khususnya UK, selalu meminta calon mahasiswa untuk menuliskan essay dirinya. Karena dari tulisan tersebut salah-satunya kampus memberi penilaian yang objektif dan subjektif sesuai dasar-dasarnya. Dimana essay tersebut biasanya bisa menjadi pemantik dalam pembahasan wawancara kamu bersama penguji.

Dengan begitu kamu harus berlatih menulis essay agar bisa mendeskripsikan apapun mengenai diri secara menarik, tepat, dan sesuai. Meskipun kamu bukan mahasiswa sangat berprestasi sebelumnya, tetapi ketika kemampuan kamu dalam mempromosikan diri melalui essay untuk program double degree ini bagus, maka akan menjadi salah-satu faktor penentu lolos lebih besar.

Estimasi Rincian Biaya

Nah, persiapan yang tidak kalah penting selanjutnya ketika mendaftar program double degree UK adalah estimasi rincian biaya. Kamu bisa mencari perkiraan biaya kuliah di UK hingga hidup sehari-hari di sana kemungkinan terbesar ada range berapa jika mengambil program double degree untuk sarjana, magister maupun doktoral melalui informasi yang ada dulu (Internet).

Adapun penawaran yang lebih hemat kamu juga bisa mencari beasiswa. Namun, perlu kamu ketahui untuk seleksi double degree plus beasiswanya di UK memiliki ketentuan dan persyaratan yang cukup ketat. Maka sebelum itu, kamu bisa mempelajari terlebih dahulu mengenai program beasiswanya. Karena dengan estimasi biaya kamu bisa menyiapkan kemungkinan dananya juga.

Baca Juga: Apa Saja Persiapan untuk Study Aboard?

Keunggulan Kuliah Double Degree

Kuliah double degree tidak semua bisa ditempuh oleh mahasiswa meskipun banyak diantara mereka yang memiliki keinginan tersebut. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, karena selain faktor penuntutan studi dua kali lipat lebih banyak juga karena biaya dan waktu ataupun kesempatannya.

Sehingga keunggulan kuliah dari double degree ini memiliki tingkatan yang jauh lebih banyak. Sebab mahasiswa double degree apalagi di UK atau lintas negara pasti mempunyai banyak atau sedikitnya spesialis ilmu sesuai jurusan mereka. Dimana efeknya sangat fleksibilitas yang dapat membuat mereka cepat beradaptasi. Ditambah peluang karir dan kesempatan mereka jauh lebih luas karena tarafnya sendiri internasional.

Oleh karena itu jika ingin kuliah double degree UK kamu harus benar-benar mempersiapkan segalanya secara baik. Setidaknya memahami uraian yang telah disebutkan di atas, mulai dari jadwal pendaftaran program double degree, persyaratan data, persiapan diri, membuat essay hingga estimasi biaya meskipun daftar memakai beasiswa tetapi kamu pasti membutuhkan setidaknya sedikit biaya cadangan. Untuk detail informasi kamu bisa berkonsultasi mengenai jurusan tersebut bersama ICAN Education Consultant.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Bekasi
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
SIM
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan