Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
apa saja persiapan untuk study aboard

Apa Saja Persiapan untuk Study Aboard?

Beranda / Perkuliahan / Persiapan Kuliah / Apa Saja Persiapan untuk Study Aboard?

Melanjutkan pendidikan di luar negeri tentunya akan menjadi pengalaman yang sangat berharga. Selain memperluas wawasan, study aboard juga memberi kamu kesempatan mengenal budaya luar yang beragam. Melanjutkan pendidikan di luar negeri tentunya akan memakan waktu yang cukup panjang sehingga membutuhkan persiapan.

Untuk mempersiapkan pendidikan kamu di negara lain, kamu bisa berkonsultasi bersama ICAN Education Consultant. Agen pendidikan luar negeri satu ini memberikan layanan jasa konsultan pendidikan kuliah ke luar negeri. Kamu bisa bertanya seputar Universitas, jurusan, persiapan pendaftaran, perencanaan pendidikan di luar negeri, akomodasi, dan lain sebagainya.

Mengenal Apa itu Study Aboard?

Mungkin kamu pernah mendengar istilah Study Aboard maupun students exchange. Meski keduanya memiliki kesamaan yaitu melaksanakan pendidikan di luar negeri, akan tetapi program students exchange memakan durasi yang relatif lebih singkat. Jika kamu berencana untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri terdapat beberapa istilah yang harus kamu ketahui.

Gelar yang Bisa Didapatkan

Setelah lulus dari universitas luar negeri kamu akan menyandang gelar yang berbeda dengan istilah gelar di dalam negeri. Meski demikian umumnya lamanya pendidikan sama dengan perkuliahan di Indonesia. mulai dari jenjang diploma, sarjana, hingga pascasarjana. berikut ini ulasan lengkap mengenai istilah gelar di luar negeri program study aboard.

Associate Degree

Mahasiswa lulusan D3 di luar negeri akan menyandang gelar Associate Degree. Umumnya program D3 ini membekali lulusannya dengan keterampilan teknis dasar untuk kesiapan kerja. Gelar tersebut biasanya dijumpai di beberapa negara seperti Amerika, Kanada, Australia, dan Belanda. Sedangkan di Inggris gelar untuk D3 menggunakan istilah Foundation Degree.

Bachelor Degree

Gelar sarjana atau S1 di luar negeri dikenal juga dengan Bachelor degree, umumnya untuk mendapatkan gelar tersebut kamu harus menamatkan sekitar 120 SKS setara dengan S1. Program sarjana di luar negeri sama halnya dengan di dalam negeri yang memakan waktu 3 – 4 tahun masa pendidikan yang termasuk dalam program Undergraduate.

Master Degree

Setingkat lebih tinggi dari jenjang sarjana, gelar master degree diberikan bagi lulusan pascasarjana setara dengan gelar magister atau S2. Nantinya kamu akan mempelajari bidang khusus secara spesifik yang bersifat praktik. Untuk melamar pada program Graduate atau postgraduate ini kamu harus lulus terlebih dahulu dari program S1 atau undergraduate.

Doctorate

Sedangkan gelar S3 di luar negeri yaitu Doctorate. Lulusan dari program doctoral ini umumnya akan menempati berbagai bidang profesi yang berkaitan dengan penelitian. Durasi waktunya relatif lebih singkat sekitar 1-2 tahun masa pendidikan. Gelar tersebut serupa dengan yang ditawarkan di Indonesia bagi yang menempuh pendidikan S3.

Double Degree

Program yang menarik ditawarkan di luar negeri adalah gelar ganda atau double degree. Kamu bisa mengambil lebih dari satu jurusan dalam waktu bersamaan dengan durasi yang sama. Sehingga nantinya kamu memiliki gelar ganda dalam sekali menempuh pendidikan.

Macam Pembiayaan Kuliah Luar Negeri

Selanjutnya kamu perlu mengetahui mengenai pembiayaan, apakah universitas yang dituju sepenuhnya menggunakan pembiayaan pribadi atau memperoleh subsidi. Istilah lainnya yaitu SelfFunded, Partial Funded, Fully Funded. Kamu bisa mulai memilih untuk merencanakan pendanaan kuliah sebelum melakukan pendaftaran, berikut ini penjelasannya.

Self-Funded

Self-Funded merupakan istilah untuk pendanaan yang dilakukan secara pribadi. sehingga kamu harus memiliki dana yang cukup besar untuk mencukupi biaya selama kuliah. Mulai dari biaya pendidikan, akomodasi, hingga kebutuhan sehari-hari.

Partially Funded

Sedangkan bagi pelajar yang melanjutkan pendidikan dengan pendanaan beasiswa maka pendanaan ini dinamakan Partial Funded. Nantinya kamu akan mendapatkan bantuan dana  dari institusi maupun bantuan dari universitas untuk sebagian biaya pendidikan kamu selama berkuliah di luar negeri.

Fully-Funded

Berbeda dengan Partial Funded, mahasiswa  yang memperoleh pendanaan melalui beasiswa penuh istilah ini dinamakan Fully Funded. Program beasiswa ini menanggung secara penuh pembiayaan kuliah mahasiswa yang melanjutkan pendidikan di luar negeri. tidak hanya memperoleh biaya kuliah, pelajar juga akan mendapatkan uang saku.

Persiapan untuk Program Study Aboard

Setelah mengetahui beberapa istilah penting untuk program kuliah ke luar negeri, saatnya kamu melakukan persiapan untuk merencanakan Study Aboard ke negara dan universitas yang diinginkan. Pastikan kamu mengetahui secara baik minat, tujuan dan kultur sosial di negara tujuan, sehingga lebih siap untuk menjalani aktivitas perkuliahan.

Sebelum memilih universitas dan jurusan saat akan melakukan program Study Aboard terlebih dahulu kamu mengetahui bakat dan minat. Hal ini sangat penting, agar potensi yang kamu miliki dapat terarah dan tersalur di masyarakat atau dunia kerja secara tepat. Tentunya kamu tidak ingin gelarmu tidak berharga karena memilih jurusan yang tidak sesuai passion.

Kamu bisa mulai menyusun daftar universitas tujuan, sesuaikan minat dan keterampilan lalu jelajahi program kursus yang relevan. Pastikan kamu memenuhi kualifikasi yang ditetapkan saat akan mendaftar kuliah ke kampus tujuan baik secara akademik maupun persyaratan lainnya.

Setelah menetapkan kampus dan jurusan, sebelum mendaftar program Study Aboard kamu telah merencanakan akan tinggal dimana nantinya. Umumnya setiap universitas menyediakan akomodasi dalam kampus berupa asmara bagi mahasiswa yang jauh dari tempat tinggalnya. Meski demikian kamu juga bisa memilih opsi lainnya untuk tempat tinggal.

Selain asrama dalam kampus, kamu bisa menemukan apartemen, homestay, sewa rumah dan lain-lainnya. Namun tentunya biaya yang harus dikeluarkan lebih besar dibandingkan dengan asrama yang ditawarkan oleh kampus.

Kamu bisa berkonsultasi mengenai persiapan lainnya yang dibutuhkan untuk melakukan study aboard. Baik dari segi persyaratan administrasi, akomodasi, hingga mengetahui kehidupan di negara tujuan nantinya. pastikan kamu berkonsultasi dengan konsultan pendidikan yang kredibel dan telah memiliki izin resmi.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan