Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
seputar program master degree di inggris

Seputar Program Master Degree di Inggris

Beranda / Perkuliahan / Seputar Program Master Degree di Inggris

Kuliah di Inggris untuk Master Degree  artinya kamu akan melanjutkan studi untuk gelar akademik pascasarjana setelah menyelesaikan program S1. Program Master Degree di Inggris menyediakan berbagai macam jurusan spesifik sesuai pada bidang yang diinginkan. Untuk bisa menyelesaikan program Master Degree, kamu akan menyelesaikan tesis atau proyek penelitian secara mandiri dan diharapkan bisa memberikan kontribusi signifikan terhadap bidang ilmiah yang dipelajari.

Sebagai mahasiswa internasional, berhasil menyelesaikan pendidikan S1 di luar negeri memang membanggakan, tetapi jauh lebih menarik lagi jika kamu berhasil kuliah S2 di luar negeri, apalagi jika kuliahnya di Inggris.

Inggris dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki kualitas pendidikan terbaik dunia. Ada berbagai macam perguruan tinggi yang menyediakan program Master Degree dengan jurusan beragam, bisa disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa.

Mengenal Program Master Degree di Inggris

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Master Degree merupakan program jenjang pendidikan S2 yang bisa diambil saat kuliah di Inggris. Untuk bisa menyelesaikan gelar Master di Inggris, mahasiswa berhak memilih melalui jalur kuliah maupun penelitian. Masing-masing berbeda, seperti berikut:

Program Kuliah Master (MA, MSc, MBA)

Pertama ada program Master melalui jalur perkuliahan di mana secara umum melibatkan sejumlah modul yang diajarkan. Program Master jalur perkuliahan tetap melibatkan penelitian dan penulisan disertasi dengan bimbingan seorang ahli pada bidangnya.

Program yang satu ini menyita waktu setidaknya satu tahun kuliah purna waktu.

Program Penelitian Master (MRes, MPhil)

Kamu juga bisa menyelesaikan program Master Degree dengan memilih jalur penelitian. Banyak pelajar yang tertarik untuk mengambil jalur penelitian, sebab program ini mewajibkan setiap mahasiswa untuk melakukan penelitian ilmiah secara purna waktu.

Ada beberapa program studi yang mengharuskan kamu mengambil mata perkuliahan yang umum diajarkan, tetapi nilai akhir tetap diperoleh berdasarkan kualitas disertasi.

Mengapa Belajar Master Degree di Inggris?

Program Master Degree atau pascasarjana di Inggris biasanya yang berlangsung selama 1 – 2 tahun, tetapi ada beberapa program yang diselesaikan dalam waktu 2 tahun lebih. Inggris dikenal sebagai rumah bagi beberapa Universitas terkemuka dunia dan dikenal dengan kualitas pengajaran serta penelitiannya.

Master Degree menjadi salah satu program yang dijunjung tinggi di Inggris dan banyak diminati oleh para pemberi kerja. Ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan ketika belajar Master Degree di Inggris, seperti berikut:

Pendidikan Berkualitas

Keuntungan pertama yang bisa dirasakan oleh para mahasiswa internasional ketika mengambil program Master Degree di Inggris adalah mendapatkan kualitas pendidikan terbaik. Inggris memiliki deretan Universitas vas dunia yang berhasil menduduki peringkat teratas versi QS WUR dari tahun ke tahun.

Kualitas pendidikan di Inggris tidak pernah menurun dan menjadi salah satu alasan kenapa banyak universitas di negara tersebut yang sudah diakui secara global oleh banyak perusahaan internasional. Apalagi untuk program Master Degree, baik proses pengajaran maupun penelitian dilakukan dengan bimbingan dosen profesional yang ahli di bidangnya.

Pembelajaran Fokus pada Karir dan Kemampuan Kerja

Kuliah program Master Degree di Inggris juga bisa membantu kamu untuk fokus terhadap karir dan kemampuan kerja. Jadi program pascasarjana didorong untuk membuat mahasiswa fokus menuju karir yang menjanjikan dan mempersiapkan terjun ke dunia kerja.

Materi pembelajaran juga difokuskan pada karir dan peraturan kemampuan kerja, sehingga lulusan bisa mendapatkan pengalaman dan wawasan yang lebih luas. Tidak jarang beberapa universitas terbaik di Inggris menyediakan program magang bagi mahasiswa Master Degree.

Waktu Studi Lebih Singkat

Keuntungan lain adalah studi jauh lebih singkat jika dibandingkan dengan beberapa perguruan tinggi di luar negeri lainnya. Sistem pendidikan di Inggris memang lebih pendek dan intensif daripada sejumlah negara lain. Bahkan untuk bisa mendapatkan Master Degree hanya perlu ditempuh dalam waktu 1 tahun. Jadi kamu bisa lulus dengan cepat, tetapi tetap mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

Baca juga:
Update Kisaran Biaya Hidup Mahasiswa Di Inggris Tahun 2023

Biaya dan Persiapan Kuliah Master Degree di Inggris

Untuk kuliah Master Degree di Inggris membutuhkan banyak persiapan. Selain itu biaya untuk perkuliahan dan biaya hidup tentu jauh lebih mahal di Inggris jika dibandingkan di Indonesia. Berikut ini persiapan serta biaya perkuliahan yang wajib disiapkan untuk melanjutkan studi Master Degree di Inggris.

Persiapan Daftar Kuliah

Persiapan untuk pendaftaran kuliah program Master Degree di Inggris, paling tidak kamu harus mengikuti tes TOEFL atau IELTS terlebih dahulu. Biaya untuk bisa mengikuti tes tersebut kurang lebih sekitar 2 juta untuk satu kali tes. Sangat memungkinkan bagi seseorang untuk melakukan tes beberapa kali Apabila skor belum mencapai syarat minimum yang telah ditentukan oleh institusi.

Selain sertifikat kemampuan bahasa Inggris, kamu juga harus memiliki visa pelajar yang membutuhkan biaya kurang lebih sekitar 7 juta rupiah. Kamu juga harus memiliki asuransi kesehatan dan biasanya dibayar dimuka untuk mencapai masa perkuliahan selama 1 tahun.

Biaya Kuliah

Kemudian yang perlu dipersiapkan dengan baik adalah biaya perkuliahan untuk program Master Degree di Inggris. Biaya perkuliahan sendiri sangat beragam disesuaikan dengan perguruan tinggi dan jurusan yang diambil. Paling tidak dalam waktu 1 tahun kamu membutuhkan biaya sekitar 351 juta rupiah.

Jumlah tersebut merupakan uang kuliah Tunggal dan mungkin tidak akan dikenakan biaya lainnya selama perkuliahan berlangsung. Tentu biaya bisa berubah sesuai dengan kebijakan dari kampus tujuan.

Akomodasi

Meskipun durasi kuliah Master Degree di Inggris cukup singkat, tetapi kamu tetap membutuhkan akomodasi sebagai tempat tinggal selama masa perkuliahan. Sangat penting untuk mencari akomodasi yang bisa membantu kamu mengikuti berbagai macam kegiatan perkuliahan dengan mudah.

Ada berbagai macam pertimbangan yang harus dipikirkan ketika mencari akomodasi, misalnya cukup mudah diakses dari kampus, harga terjangkau, dan nyaman. Tarif akomodasi baik di dalam kampus maupun di luar kampus sangat beragam disesuaikan dengan fasilitas yang ditawarkan.

Biaya Hidup

Biaya hidup juga sangat penting untuk diperhatikan dengan baik. Biaya hidup bisa disesuaikan dengan gaya hidup masing-masing. Jika bisa hidup sederhana mungkin, paling tidak butuh sekitar 5 juta rupiah per bulan. Agar bisa hidup hemat, disarankan masak sendiri dan jangan lupa untuk memberikan biaya tabungan sebagai dana darurat apabila ada hal-hal di luar kebutuhan.

Baca juga:
Biaya Hidup Di Inggris Bagi Para Mahasiswa Asal Indonesia Yang Wajib Anda Tahu

5 Universitas Terbaik untuk Program Master Degree di Inggris

Inggris adalah salah satu negara dengan pusat pendidikan berkualitas dunia yang menyediakan berbagai macam universitas ternama untuk program Master Degree. Kamu bisa memilih perguruan tinggi dari berbagai macam faktor, mulai dari penelitian akademik, kinerja mahasiswa, fasilitas, dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa universitas terbaik di Inggris yang direkomendasikan untuk program Master Degree.

1. University of Oxford

University of Oxford adalah salah satu perguruan tinggi terbaik dunia yang menyediakan berbagai macam jenjang pendidikan, termasuk Master Degree. Perguruan tinggi ini menyediakan berbagai macam jurusan terbaik yang bisa dipilih dengan peluang lulusan banyak diminati pemberi kerja.

2. University College London

University College London menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik dunia dan bisa menjadi kampus pilihan tepat untuk mendapatkan program Master Degree. Kamu bisa memilih program perkuliahan full time selama 12 bulan atau part time selama 2 tahun.

Kampus ini juga menyediakan berbagai macam program studi terbaik sesuai kebutuhan mahasiswa internasional. Proses pembelajaran dan penelitian yang dilakukan untuk jenjang pendidikan Master sudah tidak perlu diragukan.

3. University of Sussex

Perguruan tinggi selanjutnya yang direkomendasikan untuk Master Degree di Inggris ada University of Sussex. Kampus ini memiliki reputasi internasional sangat baik dan berhasil mendapatkan peringkat ke-50 sebagai perguruan tinggi terbaik. Kamu bisa melanjutkan studi S2 di sini dan memiliki kesempatan untuk mendapatkan berbagai macam beasiswa yang ditawarkan dengan jurusan yang beragam.

4. University of Glasgow

Ada University of Glasgow yang direkomendasikan untuk mendapatkan kualitas pendidikan Master Degree terbaik di Inggris. Kampus ini merupakan institusi berprestasi tinggi yang telah mendidik mahasiswa sejak 1451. Masuk dalam jajaran 100 perguruan perguruan tinggi terbaik dunia, kampus ini menyelenggarakan pendidikan tinggi pascasarjana dengan berbagai macam jurusan terbaik.

Beberapa jurusan populer yang banyak diminati oleh mahasiswa seperti Biomedical, Kimia, Teknik Komputer, Bisnis & Manajemen, Ilmu Komunikasi & Media, Teknik Elektro, Ekonomi, dan lain sebagainya.

5. University of Edinburgh

University of Edinburgh didirikan di tahun 1582 dan menjadi perguruan tinggi pusat riset serta pengajaran yang berlokasi di Edinburgh. Ada banyak jurusan yang ditawarkan untuk mahasiswa pascasarjana.

Beberapa program studi yang cukup terkenal seperti Bisnis & Manajemen, Akuntansi & Keuangan, Ilmu Komputer dan IT, juga beberapa program studi lainnya.

Baca juga:
Mengenal Program Undergraduate Di Inggris
Kisaran Biaya Kuliah S2 Di Inggris

Kesimpulan

Program Master Degree di Inggris merupakan program untuk jenjang pendidikan S2 yang bisa membantu kamu mendapatkan gelar master sesuai bidangnya. Program ini merupakan pendidikan lanjutan yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan program pendidikan awal atau S1.

Beberapa kampus terbaik yang ditawarkan oleh Inggris untuk program Master Degree, misalnya seperti University of Oxford, University College London, University of Sussex, University of Glasgow, dan University of Edinburgh.

Apabila tertarik untuk kuliah di salah satu perguruan tinggi tersebut dalam program Master Degree, konsultasikan keinginan kamu dengan agar pendidikan luar negeri ICAN Education. Melalui konsultan pendidikan luar negeri terbaik dan berkualitas bagus kaum bisa mendapatkan berbagai macam informasi valid seputar perkuliahan dan jurusan yang ditawarkan.

Selain itu kamu juga bisa memahami apa saja persyaratan yang dibutuhkan untuk masuk program Master Degree di Inggris. Tidak hanya memberikan informasi, ICAN Education juga membantu mempersiapkan berbagai macam persyaratan untuk bisa mendaftar di salah satu kampus terbaik program Master Degree di Inggris.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event - UTS Bekasi
Macquarie
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan