Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
prosedur umum untuk daftar kuliah di australia

Prosedur Umum untuk Daftar Kuliah di Australia

Beranda / Perkuliahan / Persiapan Kuliah / Prosedur Umum untuk Daftar Kuliah di Australia

Daftar kuliah di Australia jika kamu ingin bergabung dengan lebih dari 2,5 juta pelajar internasional, yang justru sudah lulus tapi memilih kembali kuliah atau berkeliling dunia untuk kebutuhan masa depan setelah memperoleh pengalaman studi di Australia. Tinggal dan hidup di Australia menawarkan banyak kemudahan, mulai dari kuliner, transportasi, dan tempat belanja tradisional hingga modern.

Banyak mahasiswa internasional memilih melanjutkan kuliah di Australia karena ada beberapa alasan. Pertama, Australia merupakan negara barat dengan penggunaan Bahasa Inggris, lokasinya tidak jauh dari Indonesia. Australia juga menawarkan kondisi sosial, ekonomi stabil, multibudaya, mutu pendidikan tinggi, dan lingkungan belajar nyaman dan aman.

Panduan Lengkap Daftar Kuliah Australia

Jika kamu tertarik kuliah di Australia, ada beberapa proses yang harus kamu tempuh untuk melanjutkan studi. Tidak hanya memilih jurusan, kamu juga harus daftar universitas, ikut tes Bahasa Inggris, bayar kuliah, urus visa, urus akomodasi, dan siap menghadapi Orientation Week di kampus.

1. Pilih Tempat Kuliah

Australia mempunyai 6 provinsi atau state, mulai dari Victoria, New South Wales, Northern Territory, South Australia, Queensland, dan Western Australia. Terdapat banyak fakta tentang masing-masing wilayah yang dapat kamu temukan dari Google, termasuk informasi profil universitas.

Pelajari semuanya sampai kamu bisa memutuskan dimana akan berkuliah. Atau, gunakan informasi langsung dari lembaga pemeringkatan agar bisa kuliah di universitas Australia terbaik.

2. Pilih Jurusan dan Kampus

Australia menawarkan 8 universitas terbaik, dengan julukan Group of Eight, unggul dalam penelitian, reputasi, dan syarat masuk ketat. Hampir semua universitas dalam grup tersebut masuk dalam daftar 100 top universitas dunia.

Beberapa pilihan universitas terkemuka juga bisa kamu pilih, walaupun tidak berbasis pada penelitian, tetapi pada sektor lain dalam pendidikan. Agar tidak salah informasi, sebaiknya kamu mencari informasi langsung dari agen pendidikan terpercaya, ICAN Education Consultant. Gunakan layanan konsultasi universitas luar negeri agar bisa memperoleh bantuan memilih kampus, jurusan, atau detail lainnya.

3. Syarat Daftar dan Urus Visa

Walaupun tampak sedikit berbeda dengan cara daftar kuliah di Indonesia, ada beberapa syarat yang harus kamu cari tahu, termasuk pahami dan lengkapi saat memilih jurusan. Misalnya, di Curtin University Perth, terdapat program studi Manajemen.

Pelajari apa saja syarat  masuk, biaya kuliah, juga kredit dalam perkuliahan terdahulu.  Masing-masing lembaga perguruan tinggi pasti punya syarat, semakin tinggi syaratnya, semakin bagus kualitas kampus. Dalam hal ini, kamu membutuhkan nilai IELTS, Ijazah/ rapor, dan prerequesite.

4. Mulai Daftar

Jika sudah memilih kota, jurusan, dan tempat kuliah, periksa kembali seluruh syarat pendaftaran. Mulai dengan isi formulir pendaftaran, melampirkan syarat, dokumen imigrasi, data diri, juga surat keterangan GTE.

Cara memperoleh detail informasi adalah dengan mengunjungi situs resmi universitas. Atau, cobalah menghubungi konsultan pendidikan.

Baca Juga: Kuliah Online di Australia, Kampus ini Bisa Jadi Pilihan!

Prosedur Setelah Daftar Kuliah Australia

Sekarang, kamu sudah melakukan daftar kuliah di Australia dan sudah berhasil. Jika pihak universitas masih mempunyai kursi kosong, kamu bisa memperoleh Letter of Offer. Surat ini penting dalam mengurus pendaftaran.

Siapkan deposit yang harus kamu bayarkan sebagai konfirmasi kamu menerima penawaran tersebut, namun jika tidak karena sudah terlanjur diterima ke lembaga perguruan tinggi lain, maka kamu juga bisa menolak tawaran.

Deposit yang harus kamu bayar adalah biaya kuliah satu semester. Seluruh informasi syarat, tempo bayaran, juga nominal pembayaran tercantum dalam surat tersebut. Confirmation of Enrollment akan kamu peroleh sebagai bukti kamu bisa kuliah di universitas tersebut.

Tahap berikutnya adalah mengurus visa pelajar. Bagian Imigrasi Australia akan mengurus proses pembuatan visa pelajar secara lengkap. Jika kamu menggunakan agen pendidikan, keuntungannya adalah proses semakin cepat karena sudah berpengalaman dengan  jasa pengurusan visa.

Jika semua sudah di tangan, maka berikutnya adalah kamu bisa melakukan perjalanan ke Australia. Pastikan bahwa kamu sudah punya tempat tinggal, sudah memperoleh informasi kapan orientasi dimulai, bawa baju tepat sesuai musim dingin atau musim panas. Kamu juga harus sudah tahu tentang bagaimana transportasi umum, membuat rekening bank, dan tahu bagaimana cara kerja di Australia.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan