Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
seputar program undergraduate di uk

Seputar Program Undergraduate di UK

Beranda / Perkuliahan / Seputar Program Undergraduate di UK

Mulailah karir akademik kamu dengan belajar program undergraduate atau sarjana di Inggris, United Kingdom yang fleksibel. Program undergraduate degree di Inggris menawarkan berbagai pilihan bidang studi yang tersedia sehingga memungkinkan kamu untuk memilih program yang paling sesuai dengan bakat dan minat untuk kamu.

Biasanya program undergraduate di Inggris dimulai pada bulan September atau Oktober dan biasanya berlangsung hingga Juni atau Juli. Mari cari tahu lebih banyak tentang program undergraduate degree di Inggris, United Kingdom!

3 Pilihan Program Undergraduate di UK

Program undergraduate study in UK terdiri dari beberapa kursus, yaitu:

1. Bachelor’s atau undergraduate degree

Gelar sarjana adalah gelar pertama yang umum yang memberi kamu pemahaman menyeluruh tentang suatu bidang studi. Gelar sarjana biasanya memiliki satu set program studi akademik, sementara beberapa juga menggabungkan elemen dan penempatan praktis. Terdapat berbagai jenis gelar yang tersedia di Inggris, seperti Bachelor of Arts (BA), Bachelor of Science (BSc), Bachelor of Education (BEd) dan Bachelor of Engineering (Beng). Jika kamu berhasil menyelesaikan gelar sarjana dengan nilai minimal 50 persen, maka kamu akan diberikan gelar honours.

Di Inggris siswa dapat menyelesaikan studi secara full-time dan part-time. Gelar sarjana full-time biasanya membutuhkan waktu tiga tahun untuk diselesaikan. Pilihan part-time juga tersedia di banyak universitas sehingga kamu dapat bekerja sambil belajar atau belajar dengan lebih santai. Jika kamu memerlukan visa untuk belajar di UK, maka harus memeriksa apakah status imigrasi kamu apakah memungkinkan untuk mengikuti kursus part-time atau tidak.

Baca juga : Alasan Harus Ambil Pathway Universitas Inggris

2. Shorter courses

Kursus yang lebih pendek seringkali setara dengan tahun-tahun awal gelar sarjana tiga atau empat tahun penuh. Berikut pilihan kursus pendek undergraduate yang tersedia di Inggris:

  • Gelar Foundation

Merupakan gelar dasar setara dengan dua tahun pertama gelar kehormatan. Biasanya melibatkan studi akademik dan pembelajaran berbasis kerja dengan pemberi kerja.

  • Diploma Pendidikan Tinggi

Diploma Pendidikan Tinggi atau program ‘DipHE’ dapat bersifat akademis, tetapi terutama terkait dengan pekerjaan, kejuruan, atau profesi tertentu seperti keperawatan atau pekerjaan sosial. Gelar ini biasanya setara dengan dua tahun pertama gelar.

  • Diploma Nasional Tinggi (HND)

Higher National Diploma biasanya memiliki unsur kejuruan atau profesional. Gelar ini setara dengan dua tahun pertama kursus universitas.

  • Sertifikat Pendidikan Tinggi (CertHE)

Kursus Sertifikat Pendidikan Tinggi berfokus pada pekerjaan atau profesi tertentu, atau studi akademis. CertHE setara dengan tahun pertama gelar kehormatan penuh. Di akhir kursus, siswa dapat memilih untuk terus belajar menuju gelar Foundation, DipHE, atau gelar kehormatan penuh. Gelar ini juga dapat membantu kamu untuk mengubah karier atau meningkatkan posisi di karir saat ini.

3. Shorter undergraduate courses

Ada banyak program sarjana akselerasi yang lebih singkat yang hanya membutuhkan waktu satu atau dua tahun untuk menyelesaikannya. Universitas-universitas di Inggris mungkin menggunakan istilah-istilah ini untuk menggambarkan berbagai tingkat pendidikan tinggi:

  • Level 4 atau Sertifikat (C) – satu tahun studi sarjana
  • Level 5 atau Intermediate (I) – dua tahun studi
  • Level 6 atau Honours (H) – tiga atau empat tahun studi.

Kamu hanya akan menjadi lulusan Level 6 atau Honours jika mengikuti kursus tiga atau empat tahun penuh. Hal ini biasanya diraih jika kamu mengikuti program gelar sarjana (BA atau BSc).

Durasi Perkuliahan Undergraduate di UK

Gelar sarjana penuh waktu biasanya membutuhkan waktu tiga tahun untuk diselesaikan. Pilihan paruh waktu juga tersedia di banyak universitas sehingga siswa dapat bekerja sambil belajar atau belajar dengan lebih santai. Jika memerlukan visa untuk belajar di Inggris, kamu harus memeriksa apakah status imigrasi mengizinkan untuk mengambil kursus paruh waktu. 

Perlu diketahui bahwa banyak universitas menawarkan gelar sarjana di bidang humaniora atau ilmu sosial yang disebut Scottish Masters of Arts (MA). Itu diselesaikan selama tiga tahun untuk gelar umum atau empat tahun untuk gelar Honours. Hal ini berbeda dengan program master pascasarjana, yang biasanya diselesaikan dalam satu atau dua tahun.

Baca Juga :  Alasan Menarik Untuk Study Abroad Di Inggris

Cara Mendaftar Program Undergraduate di UK

Mendaftar untuk gelar sarjana di Inggris sangat sederhana. Kamu tidak perlu menghubungi banyak universitas satu per satu, bahkan kamu dapat mendaftar hingga lima program sekaligus melalui Universities and Colleges Admissions Service (UCAS).

Berikut tahap pendaftaran universitas di Inggris:

Mendaftar ke UCAS

Pertama-tama buka situs web UCAS, mengisi formulir aplikasi, kemudian kamu harus menuliskan pernyataan pribadi. Ini adalah kesempatan untuk menonjol diri dengan menjelaskan mengapa kamu tertarik dengan kursus tersebut, kamu juga dapat menuliskan keterampilan yang dimiliki, serta pengalaman dan pencapaian yang relevan. Kamu juga perlu menyertakan referensi tertulis dari seseorang profesional yang dapat mengonfirmasi kemampuan kamu, seperti tutor atau guru. Pastikan kamu menghubungi referensi lebih awal sehingga mereka memiliki cukup waktu untuk menulisnya.

Jangan lupakan batas waktu pendaftaran perkuliahan. Universitas di Inggris memiliki batas waktu aplikasi yang berlaku sepanjang tahun:

  • Oktober : untuk kursus di Universitas Oxford dan Cambridge, atau untuk sebagian besar kursus kedokteran, kedokteran hewan/sains dan kedokteran gigi.
  • 15 Januari : tenggat waktu  untuk sebagian besar program sarjana.
  • Maret : untuk beberapa kursus seni dan desain.
  • 30 Juni : batas akhir untuk sebagian besar program sarjana. .

Kamu disarankan untuk mendaftar lebih awal. Karena masih terdapat beberapa keperluan yang harus diurus seperti kamu masih perlu mengatur visa, serta hal-hal lain seperti akomodasi dan penerbangan.

Baca juga : Mengenal University Pathway Programs Di UK

Menerima Tawaran

UCAS akan menghubungi kamu dengan penawaran apa pun dari universitas atau perguruan tinggi pilihan kamu. Jika mendapatkan penawaran ‘tanpa syarat’, maka kamu dapat bersantai karena kursi kamu di program studi tersebut telah dikonfirmasi. Namun terdapat juga penawaran bersyarat yang biasanya penawaran ini dikonfirmasi setelah kamu mencapai hasil tertentu dalam studi atau dalam tes bahasa Inggris. Setelah memutuskan untuk menerima tawaran maka kamu dapat segera menanggapinya melalui situs resmi UCAS. Dan selamat perjalanan kamu untuk menjadi mahasiswa di Inggris akan segera dimulai!

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan