Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Pahami Syarat Beasiswa Australia S1 Pelajar Internasional

Pahami Syarat Beasiswa Australia S1 Pelajar Internasional

Beranda / Bacaan Umum / Informasi Beasiswa / Pahami Syarat Beasiswa Australia S1 Pelajar Internasional

Memahami syarat beasiswa Australia S1 bagi siswa Indonesia yang merencanakan kuliah di Australia harus dipertimbangkan dengan baik, agar memiliki peluang diterima. Beasiswa menjadi harapan dari para pelajar Indonesia, sebab Australia dikenal sebagai salah satu destinasi studi paling bergengsi di dunia.

Ada universitas terbaik menawarkan pengalaman pendidikan yang kuat dan diakui dunia. Mahasiswa yang memilih Australia sebagai tempat studi akan merasakan manfaat dari sistem pendidikan yang berkualitas.

Tak hanya itu, Australia juga menjadi anggota dari Universitas Group of Eight yang terkenal dengan penelitian yang intensif. Kontribusi lebih dari 50% pada penelitian di Australia menandakan kualitas pengajar dan peneliti yang dimiliki oleh universitas-universitas tersebut.

Kenapa Memilih Kuliah di Australia dengan Beasiswa?

Nah, dengan kekayaan budaya dan keberagaman yang menjadi ciri khasnya, Australia telah menjelma menjadi destinasi yang paling diminati oleh pelajar internasional. Setiap tahun, negeri ini dipilih sebagai tujuan utama bagi mereka yang ingin menimba ilmu di luar negeri.

Tidak hanya karena memiliki sejumlah universitas unggulan, Australia juga terkenal dengan kekuatan sektor ekonominya. Tingkat pengangguran yang rendah dan inflasi yang stabil menjadi bukti bahwa Australia merupakan tempat yang aman dan stabil untuk menempuh pendidikan tinggi. Kondisi ekonomi yang kokoh ini menjadi salah satu alasan mengapa Australia dianggap sebagai lingkungan yang aman dan nyaman, terutama bagi pelajar dari luar negeri.

Selain itu, universitas di Australia menawarkan berbagai program studi yang beragam, baik untuk warga lokal maupun pelajar internasional. Sebagian besar universitas menawarkan beasiswa baik untuk program sarjana maupun pascasarjana. Bahkan, beberapa di antaranya menyediakan beasiswa penuh yang mencakup biaya kuliah, akomodasi, dan asuransi kesehatan.

Disarankan untuk mengambil program beasiswa dikarenakan biaya kuliah dan biaya hidup di Australia tentu lebih mahal. Jika kamu memiliki finansial yang kuat, maka tidak masalah untuk kuliah di Australia tanpa beasiswa. Tapi jika tidak, sebaiknya cari informasi sebanyak mungkin tentang beasiswa di Australia dari jauh-jauh hari.

Baca juga:
Syarat Kuliah di Australia yang Paling Utama

Syarat Beasiswa S1 Australia untuk Pelajar Indonesia

Ada banyak sekali beasiswa yang ditawarkan dan bisa menjadi kesempatan kamu untuk kuliah di Australia. Nah, berikut ini beberapa beasiswa yang disarankan dan bisa menjadi pilihan tepat kamu.

Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP merupakan sesuatu yang akrab bagi para pencari beasiswa. Beasiswa ini diberikan oleh pemerintah Indonesia kepada individu-individu berprestasi yang ingin mengejar gelar S1, S2 atau S3 di dalam negeri maupun di luar negeri. Program beasiswa yang dikelola oleh Kementerian Keuangan ini menyediakan pendanaan penuh. Tak mengherankan, persaingan untuk mendapatkan beasiswa LPDP selalu sangat ketat setiap tahunnya.

Ada berbagai macam keuntungan yang bisa didapatkan dengan mengikuti beasiswa LPDP, berikut diantaranya:

  • Biaya pendidikan, meliputi biaya pendaftaran, SPP, bantuan buku, biaya penelitian untuk tesis/disertasi, biaya seminar internasional, dan biaya publikasi jurnal internasional.
  • Biaya Tambahan, mencakup biaya transportasi, aplikasi visa/izin tinggal, serta asuransi kesehatan.
  • Biaya Hidup Bulanan, termasuk biaya kedatangan awal, dana darurat (jika diperlukan), dan bantuan keluarga (khusus untuk program Doktor).

Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan. Jika kamu merasa tertarik untuk mengikuti program LPDP, maka berikut ini beberapa syarat yang wajib kamu penuhi ya:

  • Sudah menyelesaikan program Diploma 4 (D4) atau Sarjana (S1) untuk pelamar S2, dan sudah menyelesaikan program S2 untuk pelamar S3.
  • Memiliki IPK minimal 3,00 (dalam skala 4,00) untuk pelamar S2, atau IPK minimal 3,25 (dalam skala 4,00) untuk pelamar S3.
  • Usia maksimal 35 tahun untuk pelamar program S2, atau maksimal 40 tahun untuk pelamar program S3.
  • Pelamar program magister luar negeri harus memiliki skor TOEFL iBT minimal 80, PTE Academic 58, atau IELT 6,5. Sementara itu, pelamar program doktor luar negeri harus memiliki skor TOEFL iBT minimal 94, PTE Academic 65, atau IELTS 7,0.

Penuhi semua syarat tersebut, kamu bisa berkesempatan untuk kuliah di Australia dengan mudah.

Australia Awards Scholarships (AAS)

AAS, singkatan dari Australia Awards Scholarship, adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah Australia untuk mahasiswa internasional dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Tujuan utama dari beasiswa ini adalah mendukung bakat-bakat Indonesia agar dapat belajar dan melakukan penelitian yang bermanfaat bagi kemajuan Indonesia dan Australia secara keseluruhan. Saat ini, lebih dari 13.000 alumni AAS dari Indonesia telah berkontribusi di berbagai sektor industri, baik di tingkat nasional maupun global.

AAS, atau Australia Awards Scholarship, adalah salah satu beasiswa yang sepenuhnya didanai. Mahasiswa internasional yang berhasil meraih AAS akan mendapatkan sejumlah manfaat, mulai dari saat kedatangan hingga kepulangan mereka ke Indonesia setelah menyelesaikan studi. Berikut beberapa manfaat yang diberikan:

  • Tiket pesawat ke Australia.
  • Bantuan dana pindahan satu kali pada saat kedatangan di Australia.
  • Biaya kuliah sepenuhnya.
  • Biaya hidup.
  • Biaya orientasi program akademik.
  • Asuransi kesehatan selama masa studi.
  • Bantuan akademik yang beragam.
  • Tunjangan untuk praktek kerja lapangan.

Sedangkan beberapa syarat yang wajib dipenuhi, seperti berikut:

  • Memiliki prestasi akademis yang memuaskan. Untuk pelamar dari daerah di luar kategori Area Fokus Geografis atau dengan disabilitas harus memiliki IPK minimal 3,0. Sedangkan untuk pelamar dari daerah yang termasuk dalam kategori AFG, IPK minimal yang dibutuhkan adalah 2,75.
  • Melampirkan hasil skor tes kemampuan bahasa Inggris terbaru. Bagi pendaftar umum, skor minimal IELTS 5,5, TOEFL ITP 525, TOEFL iBT 69, dan PTE Academic 46

Semua syarat tersebut wajib dipenuhi dan akan ada banyak syarat lainnya yang harus dipersiapkan dengan baik.

Baca juga : Universitas Untuk Kuliah MBA Di Australia

Penutup

Mengetahui  informasi syarat beasiswa Australia S1 bisa menjadi  persiapan matang bagi pelajar Indonesia yang tertarik untuk melanjutkan studi di negara tersebut. Jika tertarik untuk kuliah di Australia dengan bantuan beasiswa, lebih baik berkonsultasi dengan agen pendidikan luar negeri seperti ICAN Education.

Ada berbagai macam informasi menarik seputar program beasiswa yang ditawarkan untuk jenjang pendidikan S1 serta kamu juga akan didampingi oleh konsultan pendidikan luar negeri profesional yang sudah ahli dalam memahami seluk-beluk pendidikan di Australia bagi pelajar internasional.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
SIM
KINGS USA
KINGS UK
UTS College Bandung
UTS College Manado
UTS College Bekasi
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan