Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Ketahui Syarat Sekolah di Australia Lengkap!

Ketahui Syarat Sekolah di Australia Lengkap!

Beranda / Sekolah / Ketahui Syarat Sekolah di Australia Lengkap!

Syarat sekolah di Australia menjadi salah satu hal yang wajib dipenuhi oleh pelajaran internasional. Australia masih menjadi salah satu negara destinasi favorit oleh pelajar internasional untuk menempuh studi dalam berbagai macam jenjang pendidikan. Tidak hanya perguruan tinggi, tetapi beberapa tingkat sekolah lainnya di Australia juga banyak diminati oleh pelajar internasional.

Sebagai pelajar internasional yang akan mulai melanjutkan studi di Australia, ada berbagai macam persiapan penting sebelum keberangkatan. Dengan mempersiapkan semua persyaratan sebaik mungkin akan membantu proses studi kamu di Australia lebih mudah. Lalu apa saja syarat untuk sekolah di Australia?

5 Syarat Sekolah di Australia

Ada beberapa persyaratan penting yang wajib dipenuhi terlebih dahulu sebelum bisa sekolah di Australia. Berikut ini beberapa persyaratan umum yang harus disiapkan dulu.

1. Bukti Keuangan

Bukti keuangan merupakan salah satu syarat utama bagi pelajar internasional yang tertarik untuk sekolah di Australia. Faktor keuangan merupakan syarat utama yang paling menentukan apakah calon pelajar dapat sekolah di Australia atau tidak. Hal ini disesuaikan dengan peraturan imigrasi Australia, calon siswa dan wali siswa harus memiliki cukup dana untuk tinggal dan sekolah di Australia paling tidak untuk waktu 1 tahun.

Hal ini dilakukan dengan memenuhi salah satu dari dua pilihan, seperti berikut:

Total Kepemilikan dalam Rekening

Pertama ada total kepemilikan rekening, pihak imigrasi akan mengecek rekening wali murid atau orang tua dengan perhitungan biaya sekolah sekitar AUD$7.000 – AUD$21.000/tahun, biaya hidup AUD$19.830 per tahun, transportasi pesawat PP AUD$1.500 – AUD$2.000/orang.

Apabila pihak murid diharuskan untuk menyiapkan rekening, kira-kira yang dibutuhkan adalah AUD$28.330-AUD$42.830. Tetapi jika didampingi oleh orang tua dari Indonesia maka nominal harus ditambahkan dengan satu kali biaya hidup dan satu kali transfer pesawat pulang pergi.

Baca juga:
Berbagai Syarat Tinggal di Australia, Cari Tahu Di Sini!

Total Penghasilan Orang Tua

Jika calon pelajar internasional tidak memiliki jumlah nominal yang telah ditetapkan maka Ada cara lain yang bisa dilakukan yaitu menunjukkan bukti kemampuan tinggal di Australia selama masa studi kepada pihak imigrasi. Kamu bisa mendeklarasikan total penghasilan orang tua, misalnya Orang tua harus memiliki penghasilan tahunan paling tidak sekitar AUD$60.000. Tetapi jika ditemani oleh orang tua selama tinggal di Australia maka harus ada penghasilan tahunan sekitar AUD$70.000.

Dokumen tersebut harus dibuat dalam bentuk pajak penghasilan. Bentuk lainnya tentu pasti akan ditolak oleh pihak imigrasi Australia.

2. Memiliki Kemampuan Bahasa Inggris

Syarat lainnya adalah memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Memiliki kemampuan bahasa Inggris dibutuhkan untuk keperluan pendaftaran dan visa sekolah. Calon pelajar internasional diharapkan sudah mengikuti tes kemampuan bahasa Inggris, seperti IELTS, TOEFL iBT, dan lain sebagainya.

Ada beberapa ketentuan skor untuk kemampuan bahasa Inggris yang digunakan, seperti berikut:

  • Tahun ke 7 – 10, AEAS (Siswa dinilai secara individual berdasarkan laporan), STEP Eiken (Pre-2), IELTS Academic (5.0), TOEFL iBT (35).
  • Tahun ke 11 – 12, AEAS (Siswa dinilai secara individual berdasarkan laporan), STEP Eiken (C), IELTS Academic (5.5), TOEFL iBT (46).

Sekalipun tidak masuk tingkat perguruan tinggi, tes kemampuan bahasa Inggris dibutuhkan karena hampir semua tingkatan sekolah di Australia menggunakan bahasa pengantar Bahasa Inggris.

3. Paspor yang Aktif

Syarat lainnya adalah paspor yang masih aktif. Siswa dan wali siswa yang akan berangkat ke Australia bersama-sama harus memiliki paspor aktif dengan masa kadaluarsa paling tidak 1 tahun.

4. Adanya Pendamping

Pelajar internasional akan diminta untuk mempertimbangkan dan memilih apakah ingin mengajak orang tua dari negara asal atau ingin mencari orang tua asuh di Australia sehingga memiliki pendamping selama bersekolah.

Biasanya persyaratannya saat ini digunakan bagi pelajar mulai dari tahun 7 – 12 dengan usia yang belum masuk perguruan tinggi.

5. Harus Memiliki Asuransi

Pelajar internasional yang sekolah di Australia harus memiliki asuransi. Asuransi kesehatan tidak hanya dipergunakan oleh pelajar internasional tetapi juga pendamping. Asuransi ini biasanya dikenal dengan OSHC (Overseas Student Health Cover).

Asuransi tersebut dikenal mampu memberi memberikan perlindungan kepada siswa internasional selama masa studi di Australia. Jika sudah memiliki asuransi, maka berbagai macam layanan kesehatan bisa gratis, mulai dari subsidi obat, biaya konsultasi, dan lain sebagainya.

Asuransinya biasanya dihitung maksimal 4 Minggu sebelum sekolah berlangsung hingga 12 minggu setelah sekolah selesai. Jika sudah terlanjur membayar lebih pihak OSHC (Overseas Student Health Cover) akan melakukan pengembalian dana sebesar 100% untuk waktu yang belum digunakan.

Baca juga :
Kota Terbaik Di Australia Untuk Para Pelajar

Penutup

Syarat sekolah di Australia bagi pelajar internasional memang cukup banyak, mulai dari bukti finansial yang cukup, memiliki kemampuan bahasa Inggris, menyediakan paspor yang masih aktif, memiliki pendamping selama masa studi di Australia, dan harus memiliki asuransi kesehatan.

Untuk mempersiapkan semua persyaratan sebelum daftar sekolah di Australia ada baiknya jika konsultasi dan minta bantuan dari agen pendidikan luar negeri profesional ICAN Education. Melalui agen pendidikan luar negeri akan lebih mudah untuk mempersiapkan salam persyaratan, sehingga kesempatan sekolah di Australia bisa didapatkan dengan mudah.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan