Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Tips Kuliah di Kanada untuk Fresh Graduate

Tips Kuliah di Kanada untuk Fresh Graduate

Beranda / Bacaan Umum / Tips & Trick / Tips Kuliah di Kanada untuk Fresh Graduate

Tips kuliah di Kanada bisa membantu kamu untuk lebih muda menjalani masa perkuliahan di negara asing tersebut. Kanada adalah salah satu negara yang banyak itu di oleh pelajar internasional untuk menempuh pendidikan tinggi. Selain karena kualitas pendidikan di Kanada sangat baik, masyarakat di Kanada juga sangat ramah terhadap pelajar internasional.

Ada banyak hal menarik yang bisa kamu dapatkan ketika kuliah di Kanada. Jika kamu masih merasa bingung untuk menentukan negara tujuan untuk menempuh pendidikan tinggi, maka bisa mencari informasi lebih banyak seputar kuliah di Kanada sehingga bisa membantu meyakinkan kamu.

Kenapa Kuliah di Kanada?

Jika ingin merasa lebih yakin, berikut ini beberapa alasan kenapa Kanada menjadi negara tujuan studi yang cocok bagi kamu.

Pendidikan Kualitas Tinggi

Alasan pertama karena pendidikan yang ditawarkan sudah berkualitas tinggi. Dengan kuliah di Kanada, kamu tidak hanya mendapatkan pendidikan berkualitas tinggi, tetapi juga kualifikasi yang sudah diakui di seluruh dunia. Udah dikasih dari Kanada setara dengan beberapa gelar akademis yang diperoleh di Amerika Serikat, Inggris, dan beberapa negara destinasi populer studi populer lainnya.

Semua program akademis yang ditawarkan di Kanada sesudah diperbarui secara reguler oleh setiap institusi pendidikan untuk menjaga standar mutu pendidikan. Bahkan ada juga badan pemerintah seperti Association of Universities and Colleges of Canada untuk memastikan bahwa setiap universitas menawarkan pendidikan yang terbaik bagi para mahasiswa.

Baca juga :
Kenali Kebudayaan Di Kanada Sebelum Jadi Mahasiswa

Kualitas Hidup Unggul

Kuliah di Kanada kamu akan mendapatkan kualitas hidup yang unggul. Kanada berhasil menjadi salah satu negara terbaik untuk kualitas hidup dengan beberapa faktor yang menjadikan negara tersebut sebagai tempat tinggal ideal, misalnya saja seperti kestabilan politik dan ekonomi, serta pelayanan kesehatan secara gratis.

Kanada juga termasuk negara yang aman dan tenang, hal ini dibuktikan melalui keberhasilan Kanada menempati posisi Global Peace Index. Faktor-faktor tersebut untuk membuat banyak orang tua yang lebih yakin memberikan izin kepada anak mereka untuk kuliah di Kanada.

Keberagaman Budaya

Sebagai negara yang banyak didatangi oleh imigran, tidak heran apabila Kanada memiliki keberagaman budaya. Negara ini menjadi negara pertama di dunia yang menerapkan mengenalkan kebijakan multikulturalisme di tahun 70 an dan mengangkat nilai positif dari keberagaman ras maupun etnis.
Ada beberapa etnis yang menjadi mayoritas di Kanada seperti Italia, Jerman, Irlandia, Skotlandia, dan China. Jadi kamu bisa mengenal dan berpartisipasi dalam berbagai macam aktivitas budaya dari beberapa etnis tersebut. Kamu juga memiliki peluang untuk memiliki teman dengan latar belakang yang berbeda sehingga menambah pengalaman.

5 Tips Kuliah di Kanada agar Lebih Mudah

Bagi pelajar yang baru saja lulus SMA mungkin kuliah di Kanada memiliki tantangan besar. Bahkan ada perasaan ragu untuk memutuskan kuliah di Kanada. Namun jangan khawatir, ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar kuliah di Kanada menjadi lebih mudah, seperti berikut.

1. Coba Jelajahi Layanan Sekolah

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah cobalah untuk menjelajahi layanan sekolah terlebih dahulu. Pelajar internasional di Kanada setiap tahunnya meningkat. Dengan banyaknya siswa internasional yang diterima di beberapa perguruan tinggi Kanada tentu masing-masing instansi pendidikan ingin memberikan kemudahan bagi para siswa.

Agar lemah membantu kamu untuk lebih muda menyesuaikan diri dengan lingkungan di perguruan tinggi, kamu bisa menghubungi kantor mahasiswa internasional di Universitas tempat mendaftar. Kan kamu juga bisa mendapatkan informasi tentang klub yang dirancang khusus bagi pelajar internasional. 

Melalui perkumpulan tersebut kamu bisa mendapatkan pengalaman yang menarik dan mendapatkan banyak saran mengenai budaya serta tugas kuliah yang menjadi lebih mudah. Selain itu kamu juga bisa merencanakan berbagai macam kegiatan budaya bagi para siswa internasional yang direkomendasikan oleh pihak universitas.

2. Urus Asuransi Kesehatan

Tips selanjutnya yang dibutuhkan oleh pelajar internasional agar lebih mudah tinggal di Kanada adalah memiliki asuransi kesehatan.Asuransi kesehatan menjadi salah satu persyaratan yang wajib dipenuhi oleh pelajar internasional jika tertarik untuk kuliah di Kanada.

Negara ini memiliki keunikan, sebab provinsi dan wilayahnya memiliki kebijakan layanan kesehatan yang berbeda-beda.Di beberapa wilayah, pelajar internasional berhak untuk mendapatkan layanan kesehatan secara gratis apabila sudah memenuhi persyaratan tempat tinggal tertentu, Namun kebijakan tersebut tidak berlaku pada beberapa wilayah lainnya yang tidak memberikan kelayakan kepada pelajar internasional.

Di dalam beberapa kasus mungkin kamu harus membeli polis asuransi kesehatan sendiri, sebab universitas di Kanada seringkali mewajibkan untuk semua mahasiswa. Pusat siswa internasional di sekolah juga akan merekomendasikan perusahaan asuransi atau bahkan memiliki mitra asuransi yang akan menerbitkan polis bagi pelajar internasional.

3. Buka Rekening Bank Kanada

Agar lebih mudah untuk mengatur keluar masuknya uang sama masa studi, di sarankan agar kamu membuka rekening bank Kanada. Sebagai pelajar di Kanada, sebenarnya kamu harus membuka rekening bank Kanada minimal memerlukan rekening giro agar bisa membayar tagihan serta menarik uang tunai untuk pengeluaran.

Selain itu kamu juga bisa membuat rekening bank untuk menabung, menyisihkan yang bisa digunakan dalam keadaan darurat. Cobalah cari bank atau credit Union yang memiliki ATM di area kampus sehingga kamu bisa menghindari biaya ATM tambahan ketika mengambil uang tunai.

Beberapa perguruan tinggi juga sudah menjamin kemitraan dengan bank maupun credit Union. Untuk bisa membuka rekening bank pelajar, kamar mandi cabang dan memberikan paspor, surat penerimaan Universitas, dan surat izin belajar.

4. Persiapkan Menghadapi Cuaca

Kamu pasti sudah tahu bahwa cuaca di Indonesia tentu berbeda dengan di Kanada, jadi mempersiapkan diri menghadapi cuaca juga penting ya. Cuaca di Kanada sering membuat banyak belajar internasional merasa terkejut. Musim panas di negara ini bisa sangat hangat tetapi musim dingin sangat dingin bahkan sering turun salju lebat.

Jadi disarankan untuk menyiapkan pakaian hangat sesuai dengan cuaca di Kanada. Cari tahu terlebih dahulu apakah kampus memiliki toko barang bekas atau toko perlengkapan pelajar dengan biaya rendah sebelum akhirnya membeli beberapa pakaian hangat.

Banyak juga toko barang bekas di Kanada yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan mantel, sarung tangan, dan barang-barang lain yang diperlukan dengan harga jauh lebih murah dibandingkan jika membelinya di pengecer besar.

5. Coba Gabung Pekerja Paruh Waktu

Tips lainnya yang bisa dicoba adalah coba gabung dengan pekerja paruh waktu. Cara belajar internasional bisa bekerja pada waktu ketika mereka mulai masuk program studi. Mendapatkan pekerjaan lalat paruh waktu bisa menjadi cara terbaik untuk mendapatkan uang saat masih bersekolah, sehingga bisa menutupi pengeluaran sehari-hari dan mengurangi jumlah uang yang dibutuhkan.

Di Kanada pernah mengajar internasional dapat bekerja hingga 20 jam per minggu ketika kelas sedang berlangsung. Ada banyak jenis pekerjaan, kamu bisa mendapatkan pekerjaan di kampus atau juga pekerjaan di luar kampus sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga:
Apa Saja Syarat Tinggal Di Kanada?
Universitas Terbaik Di Kanada Dan Jurusannya

Penutup

Tips kuliah di Kanada bisa membantu kamu untuk lebih mudah mengatasi berbagai macam tantangan yang mungkin didapatkan dalam masa studi. Jika ingin mendapatkan berbagai macam tips serta informasi menarik seputar perkuliahan di Kanada, kamu bisa berkonsultasi dengan agen pendidikan luar negeri ICAN Education.

Kamu akan mendapatkan pendampingan langsung dari konselor yang sudah profesional dalam studi di Kanada. Ada berbagai macam tips-tips menarik dan pantauan langsung dari pihak agen pendidikan sehingga bisa membantu kamu lebih mudah untuk kuliah di Kanada.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan