Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Tentang Bachelor of Health Science

Tentang Bachelor of Health Science

Beranda / Perkuliahan / Info Jurusan / Tentang Bachelor of Health Science

Bachelor of Health Science, program tingkat sarjana untuk Ilmu Kesehatan. Program ini akan menggabungkan studi ilmu biologi, fisika, sosial, dan mata pelajaran yang memiliki dengan perawatan kesehatan. Banyak orang yang sudah memiliki gelar Ilmu Kesehatan ini menjalankan peran administratif dalam pelayanan kesehatan, misalnya bertugas untuk sistem administrator klinik atau koordinator program.

Ilmu kesehatan akan merujuk pada penelitian pola makanan serta kesehatan masyarakat. Kamu yang tertarik untuk mengambil program studi ini akan mempelajari bagaimana cara menjaga serta memperbaiki standar hidup di masyarakat. Misalnya, bagaimana cara mengurangi kegemukan, bagaimana cara menghindarkan stunting pada anak, bagaimana cara meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan mengurangi rokok, dan lain sebagainya.

Apa itu Gelar Bachelor of Health Science?

Gelar Bachelor of Health Science dirancang untuk para siswa yang tertarik bekerja di bidang kesehatan, baik sebagai praktisi medis, administrator, atau peneliti. Banyak peran yang berhubungan langsung dengan pelayanan kesehatan yang memerlukan gelar lebih tinggi, misalnya gelar profesional atau gelar master.

Gelar yang lebih tinggi bisa saja didapatkan, tetapi hal yang paling penting adalah memiliki gelar dasar yaitu mempelajari ilmu kesehatan dengan -landasan yang berguna sebelum melanjutkan pendidikan pascasarjana.

Program ilmu kesehatan akan membantu kamu untuk mempelajari berbagai macam teori maupun praktik secara langsung, sehingga nantinya dapat menerapkan apa yang dipelajari dan mendapatkan banyak keterampilan praktis.

Kuliah Bachelor of Health Science, Apa yang Dipelajari?

Tidak jauh berbeda dengan beberapa program studi lainnya, untuk mengikuti program Bachelor of Health Science kamu akan mempelajari ilmu-ilmu dasar terlebih dahulu. Jadi selama 2 tahun pertama program diambil akan menyelesaikan sejumlah persyaratan pendidikan secara umum yang cenderung dibutuhkan oleh semua gelar sarjana.

Selama waktu tersebut, sangat memungkinkan siswa akan lebih fokus pada mata pelajaran sains dan matematika, biologi, kimia, psikologi, dan statistik. Setelah itu ada juga beberapa mata perkuliahan lain yang akan didapatkan, seperti berikut:

  • Global health
  • Epidemiology
  • Medical ethics
  • Health care policy
  • Health equity
  • Anatomy and physiology
  • Health care management
  • Developmental psychology
  • Endocrinology
  • Neuroscience

Mata perkuliahan tersebut bisa disesuaikan dengan spesialisasi yang akan kamu ambil. Pengambilan mata perkuliahan akan disesuaikan dengan kebijakan kampus.

Baca Juga:
Studi Neuroscience di University of Bristol!

Spesialisasi dalam Jurusan Ilmu Kesehatan

Memiliki gelar dalam ilmu kesehatan akan membantu membuka peluang karir yang sangat luas. Program ini juga menawarkan beberapa spesialisasi yang bisa diambil sesuai dengan minat kamu. Jadi siswa dapat menyesuaikan studi untuk memenuhi minat karir yang jauh lebih besar.

Berikut ini beberapa spesialisasi yang umum ditemukan di perguruan tinggi untuk jurusan Ilmu Kesehatan.

  • General health science
  • Occupational therapy
  • Pre-professional or pre-med
  • Pre-physical therapy
  • Emerging health technologies
  • Patient care
  • Health care leadership
  • Global public health

Sesuaikan bidang spesialisasi yang diambil dengan minat karir kamu di masa depan.

Program Praktikum dan Magang Ilmu Kesehatan

Selain belajar di kelas dengan beberapa mata perkuliahan, kamu juga akan mendapatkan kesempatan untuk melakukan berbagai macam praktikum dan magang. Program praktikum maupun magang wajib dilakukan dengan tujuan agar siswa mampu menerapkan apa yang telah mereka pelajari dalam lingkungan klinis.

Proses magang biasanya disesuaikan dengan kebijakan kampus, bisa saja berada di layanan kesehatan masyarakat, rumah sakit, klik medis, dan lain sebagainya. Terus magang ini biasanya akan diselesaikan di tahun terakhir siswa untuk program Bachelor of Health Science.

Berapa Lama Kuliah Program Ilmu Kesehatan?

Berapa lama durasi perkuliahan untuk jurusan Ilmu Kesehatan? Tidak jauh berbeda dengan gelar sarjana lainnya, gelar Bachelor of Health Science juga membutuhkan waktu sekitar 4 – 5 tahun jika hadir penuh waktu.

Sedangkan biaya untuk mengambil program ilmu kesehatan juga disesuaikan dengan kebijakan kampus masing-masing. Rata-rata biaya perkuliahan untuk program Bachelor of Health Science sekitar $9,400 – $36,700.

Baca juga:
Kuliah Jurusan Actuarial Science
Tentang Bachelor Of Medical Science

Prospek Kerja Lulusan Bachelor of Health Science

Kebanyakan urusan dari program Bachelor of Health Science akan bekerja di sektor pemerintahan, seperti Dinas Kesehatan maupun di National Health Service dengan melakukan penelitian di bidang pencegahan penyakit atau penggunaan obat berbahaya. Tidak sedikit juga yang bekerja sebagai ahli gizi.

Kamu dapat bekerja di sektor swasta dengan melakukan riset maupun marketing di perusahaan medis. Gaji yang didapatkan rata-rata di sektor Ilmu Kesehatan tiap negara tentu berbeda-beda, misalnya saja di Inggris gajinya berkisar antara £21,176 – £34,186 per tahun. Selain bekerja, tentu saja kamu bisa mengambil program pascasarjana dengan jurusan konseling, perawatan, dan lain sebagainya.

Penutup

Gelar Bachelor of Health Science akan membantu kamu mempelajari tentang kesehatan masyarakat. Setelah menyelesaikan pendidikan, kamu bisa bekerja di berbagai macam sektor, misalnya di Puskesmas, Rumah Sakit, dan lain sebagainya. Untuk bisa mendapatkan gelar tersebut paling tidak kamu butuhkan durasi perkuliahan 4 – 5 tahun.

Apabila ingin mendapatkan kampus berkualitas bagus yang menyediakan program Bachelor of Health Science, kamu dapat berkonsultasi dengan agen pendidikan luar negeri terbaik ICAN Education. Kamu bisa mengetahui kampus mana yang bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan program tersebut dan tips-tips menarik kuliah di luar negeri.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan