Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
tiga dasar belajar bahasa inggris untuk pemula

Tiga Dasar Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Beranda / Belajar Bahasa Inggris / Tiga Dasar Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Memilih materi dasar belajar Bahasa Inggris merupakan salah satu cara supaya kamu bisa menguasai bahasa ini dengan lebih mudah dan cepat. Apalagi, pemula harus paham aturan dasar dalam Bahasa Inggris sebagai pondasi dalam mengenal bahasa asing tersebut.

Bahasa Inggris merupakan salah satu alat komunikasi, yang bahkan saat ini walaupun bukan menjadi bahasa ibu, mulai digunakan dalam berbagai kebutuhan. Selain untuk melamar pekerjaan, juga untuk kebutuhan akademik. Mampu menguasai Bahasa Inggris secara fasih adalah nilai plus yang bisa meningkatkan potensi diri baik untuk berkarir maupun unggul dalam bidang pendidikan.

3 Dasar Belajar Bahasa Inggris

Ada beberapa hal dasar ketika belajar Bahasa Inggris yang wajib kamu perhatikan sebagai seorang pemula. Dengan memahami aturan berikut, kamu akan merasakan progres dalam belajar:

1. Kosakata

Dalam Bahasa Inggris dikenal dengan sebutan vocabulary, yaitu materi dasar yang harus kamu kembangkan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris. Seseorang yang fasih berbahasa Inggris mempunyai kosakata tinggi. Namun, belum tentu seseorang yang menguasai banyak kosakata, bisa fasih berbahasa Inggris.

Vocabulary adalah hal penting, sebagai modal utama untuk meningkatkan skill berbicara maupun menulis Bahasa Inggris. Tetapi, jika hanya mengandalkan ingatan untuk hafal kosakata saja tidak cukup. Kamu perlu menggunakan kosakata yang telah kamu kuasai dalam lisan maupun tullisan.

2. Kata Ganti dan Kata Bantu

Pronoun atau kata ganti merupakan bagian penting sebagai dasar belajar bahasa Inggris. Untuk kebutuhan menulis maupun berbicara Bahasa Inggris, pronoun merupakan kata ganti untuk nama tempat, benda, hewan, maupun orang. Pronoun juga berfungsi supaya bisa membuat kalimat jadi efektif dan dimengerti.

Contoh kata ganti atau pronoun yaitu she untuk menggantikan orang ketiga, perempuan. Sedangkan he adalah kata ganti untuk orang ketiga, laki-laki. Ada juga it, that, maupun this, yang dapat kamu gunakan sebagai kata ganti binatang, tempat, juga barang.

Contohnya:

Mr. Smith is from Japan, and he likes javanese food.

Miss. Pretty was born in Malang, and she loves playing tennis.

Sedangkan kata bantu atau To Be, digunakan untuk banyak hal seperti ketika kamu ingin presentasi, menulis Bahasa Inggris atau memulai percakapan. Kata ganti To Be yaitu is, am, dan are. Masing-masing kata punya pasangan maupun subject untuk melengkapinya termasuk:  I, you, we, they, she, he, it.

Contoh:

I am a new member in this gaming community.

She is my favorite player for this season.

You are coming at the right time, thank you.

3. Tenses

Bagian terakhir untuk materi belajar bahasa inggris pemula wajib tahu adalah tenses. Membutuhkan waktu lama agar bisa memahami masing-masing bagian tenses.  Terdapat 16 jenis tenses dengan fungsi maupun penggunaan dalam Bahasa Inggris.

Para pemula tidak selalu harus belajar ke-16 tenses tersebut. Kamu bisa belajar tiga bagian dasar, termasuk simple present, simple past tense, dan terakhir present continuous tense.

Apa Metode Mudah Belajar Bahasa Inggris Dasar?

Sekarang, kamu sudah tahu apa saja dasar belajar bahasa inggris bagi pemula. Seluruh materi dasar tersebut dapat kamu pelajari bersama ICAN English. Kursus bahasa Inggris akan dibimbing oleh tutor profesional sehingga kamu bisa memilih belajar dengan jangka waktu sesuai kebutuhan.

Melakukan latihan maupun praktik merupakan kunci utama keberhasilan belajar. Hal ini berlaku untuk belajar Bahasa Inggris untuk menguji pemahaman. Carilah partner belajar dengan kemampuan Inggris lebih tinggi. Sehingga, kamu bisa mengucapkan kalimat, menerima bantuan koreksi pengucapan, atau meminta bantuan teman untuk mengevaluasi kesalahan selama belajar.

Baca juga : Tiga Tahapan Mudah Belajar Bahasa Inggris

Tips Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis Bahasa Inggris

Membaca dan menulis dalam bahasa Inggris juga penting jika kamu ingin belajar atau bekerja di luar negeri. Banyak orang hanya berfokus pada berbicara dan mendengarkan, namun kedua keterampilan ini juga perlu dipelajari. Nah, berikut tips yang bisa kamu gunakan:

Bacalah hal-hal yang Kamu Sukai

Jika kamu memiliki buku favorit, situs web, atau teks lain yang dibaca dalam bahasa ibu, cobalah membacanya dalam bahasa Inggris. Karena kamu sudah familiar dengan teksnya, maka akandapat memahami artinya dalam bahasa Inggris, sehingga membantu kepercayaan diri dan kemampuanmu. Cara belajar bahasa Inggris melalui cerita ini juga menyenangkan bagi banyak orang.

Membuat catatan

Menulis tentang kehidupan sehari-hari adalah cara yang baik untuk melatih keterampilan menulis bahasa Inggris. Ini juga membantu kamu untuk berpikir dalam bahasa dan mempelajari kata-kata yang berhubungan dengan gaya hidup. Mungkin perlu beberapa saat bagi kamu untuk menulis entri buku harian pada awalnya, tetapi akan semakin lancar seiring dengan berjalannya waktu.

Banyak dari metode ini yang dapat membantu kamu belajar dengan cepat dan efektif. Namun, cara terbaik untuk belajar bahasa Inggris akan berbeda untuk setiap orang. Kamu harus mencoba berbagai metode untuk melihat mana yang paling cocok untuk dirimu sendiri.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan