Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Ilmu Komunikasi Kerja Apa? Cari Tahu Karir Terbaik untuk Masa Depanmu di Sini!

Ilmu Komunikasi Kerja Apa? Cari Tahu Karir Terbaik untuk Masa Depanmu di Sini!

Beranda / Bacaan Umum / Ilmu Komunikasi Kerja Apa? Cari Tahu Karir Terbaik untuk Masa Depanmu di Sini!

Sebagai salah satu jurusan yang cukup populer dan digemari di kalangan siswa, ilmu komunikasi juga menjadi salah satu bidang dengan prospek karir yang cukup bagus. Mempelajari banyak bidang, jurusan yang satu ini memang membuka banyak peluang pekerjaan untuk lulusan-lulusannya. Jika kamu mulai tertarik ilmu komunikasi kerja apa, beberapa prospek karir yang bisa dipilih bisa kamu simak di sini.

Peluang Karir Jurusan Ilmu Komunikasi

Gelar komunikasi bisa mempersiapkan siswa untuk berbagai jalur karir, termasuk editor, spesialis hubungan masyarakat, penulis dan manajer media sosial. Bidang komunikasi bisa terbilang sangat luas, meliputi pekerjaan di bidang jurnalisme, peran bisnis dan karir pemasaran. 

Jika kamu masih bingung terkait lulusan ilmu komunikasi kerja apa, berikut beberapa profesi yang bisa kamu pilih:

Public Relations Specialists

Profesi yang satu ini bertugas untuk membantu klien mendapatkan publisitas yang baik dan menghindari penilaian publik yang buruk untuk menciptakan atau mempertahankan citra yang positif. Mereka biasanya bekerja untuk individu, perusahaan, kelompok nirlaba, dan lembaga pemerintah. Tugasnya meliputi menanggapi permintaan informasi dari media, menulis pidato, dan menilai opini publik klien mereka.

News Analysts, Reporters and Journalists

Analis berita, reporter, dan jurnalis bertugas untuk memberikan informasi kepada publik dalam bentuk berita yang relevan. Mereka melaporkan berita lokal, nasional, dan internasional yang ditayangkan di radio, televisi, surat kabar, majalah, atau daring. Para profesional ini meneliti, menulis, dan bertukar pikiran untuk ide-ide cerita, yang membutuhkan keterampilan komunikasi, interpersonal, dan teknologi yang baik.

Editor

Editor bekerja pada penerbitan seperti buku, majalah, surat kabar, dan situs web. Mereka meninjau dan mengedit konten, memverifikasi fakta, membuat kalender editorial, dan bekerja dengan penulis dalam penugasan. Editor naskah, editor pengelola, dan asisten penerbitan adalah semua jenis editor.

Penulis

Penulis bertugas membuat konten tertulis untuk media seperti buku, majalah, acara televisi, dan film. Jenis penulis yang umum termasuk copywriter, novelis, penulis konten, dan penulis pidato. Sebagian besar penulis dan pengarang bekerja secara mandiri.

Marketing Manager

Manajer pemasaran, dan khususnya manajer komunikasi pemasaran, mengawasi pemasaran untuk bisnis dan/atau merek. Mereka membuat rencana dan strategi pemasaran, mengembangkan kampanye iklan, mengelola karyawan pemasaran lainnya, dan menilai persaingan. Manajer komunikasi pemasaran memerlukan keterampilan kepemimpinan, komunikasi, dan bisnis yang baik.

Sosial Media Manager

Profesi yang satu ini membantu organisasi atau klien mereka untuk mengelola sosial media perusahaan. Ini termasuk membuat konten, mengembangkan strategi pemasaran, menanggapi pelanggan, dan menilai analitik media sosial. Sosial media manajer memerlukan keterampilan komunikasi, manajemen, dan pemasaran yang baik. Untuk mempelajari lebih lanjut, lihat panduan kami tentang cara menjadi manajer media sosial.

Universitas Luar Negeri Terbaik dengan Jurusan Ilmu Komunikasi

Saat masuk ke program studi Ilmu Komunikasi, biasanya kamu akan diarahkan untuk mengambil peminatan. Namun, setiap kampus memiliki minat yang berbeda-beda. Lulusan program studi Ilmu Komunikasi akan mendapatkan gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom) atau Bachelor of Communication Science dari universitas luar negeri. 

Berikut beberapa kampus jurusan ilmu komunikasi terbaik yang bisa kamu pilih:

University of Amsterdam

Dalam program Communication Science, kamu akan mempelajari media dan dampak penggunaannya terhadap orang dan masyarakat melalui berbagai metode dan teori penelitian. Kamu akan mempelajarinya dari berbagai perspektif, seperti politik, bisnis, hiburan, pemasaran dan komunikasi kesehatan. 

Satu setengah tahun pertama ditetapkan berdasarkan program studi, tetapi setelahnya, kamu akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk mengatur program sendiri. Selama tahun kedua kamu akan memperdalam dan memperluas pengetahuan tentang ilmu komunikasi. Kamu akan mengikuti kursus mendalam tentang metode dan statistik penelitian sosial, seperti pemodelan statistik dan penelitian kualitatif.

Biaya kuliah jurusan Communication Science untuk mahasiswa internasional adalah sebagai berikut € 13.200,00. Biaya kuliah ini akan dibayarkan tergantung pada kewarganegaraan kamu.

Queensland University of Technology (QUT)

QUT memiliki gelar Bachelor of Communication/Bachelor of Science. Jurusan ini menggabungkan jurnalisme atau komunikasi profesional dengan sains untuk berkarir di bidang komunikasi, sebagai jrunalis atau di sektor pemerintahan, perusahaan atau kebijakan publik. 

Dalam gelar Bachelor of Communication, siswa akan memperoleh pengalaman produksi langsung di ruang redaksi, studio, ruang pascaproduksi, dan ruang penyuntingan berstandar industri untuk produksi radio, televisi, daring, dan cetak. Kamu juga akan memperoleh akses ke peralatan dan perangkat lunak AV terkini, serta laboratorium komputer mahasiswa selama 24 jam.

Sedangkan, dalam gelar Bachelor of Science, kamu akan dilengkapi untuk peran di berbagai sektor perusahaan, kebijakan, dan pemerintahan dan memiliki keahlian untuk mengkomunikasikan konsep, penelitian, dan hasil ilmiah.

Cardiff University

Universitas di Inggris ini memiliki jurusan Journalism and Communication di mana siswa akan membuat portofolio (termasuk portofolio digital), melatih keterampilan menulis jurnalistik di sejumlah platform termasuk online, siaran, cetak dan majalah. Siswa juga akan belajar menyampaikan gagasan untuk produk editorial dan bisnis baru, serta menggunakan berbagai perangkat lunak untuk menghasilkan blog, aplikasi dan kampanye media sosial. 

Siswa yang tertarik dengan jurusan ini harus memiliki skor TOEFL sebesar 100 keseluruhan dengan minimal 20 di setiap subketerampilan atau IELTS sebesar minimal 7,0 secara keseluruhan dengan minimal 6,0 pada tiap subketerampilan untuk diterima di Cardiff University.

The University of Sydney

Gelar Bachelor of Arts (Media and Communication) merupakan persiapan untuk studi pascasarjana dan puncak dari gelar sarjana. Program studi ini berhasil mendapatkan peringkat ke-22 di dunia untuk studi komunikasi dan media dalam QS World University Rankings by Subject tahun 2021.

Namun, perlu diperhatikan bahwa kursus ini hanya tersedia untuk mahasiswa lama dan mahasiswa saat ini yang memulai gelar sarjana seni pada 2017 atau sebelumnya. Biaya kuliah untuk siswa internasional di jurusan ini adalah sekitar A$45,500 – A$52,000.

Cara Daftar Kuliah di Luar Negeri

Untuk kamu yang berencana kuliah jurusan ilmu komunikasi di universitas luar negeri, ada beberapa cara yang bisa jadi acuan agar proses pendaftaran kamu berjalan lancar. Berikut beberapa cara daftar kuliah di luar negeri yang bisa kamu ikuti:

Lakukan Riset Negara dan Universitas yang akan Dituju

Mulailah dengan memikirkan apa yang ingin kamu pelajari dan negara mana yang akan kamu tuju. Kemudian, setelah menentukannya, kamu bisa mencari tahu universitas di negara tersebut dengan membandingkan peringkat, penawaran kursus, dan persyaratan penerimaan bagi mahasiswa internasional.

Pilih Proses Pendaftaran

Ada banyak cara untuk belajar di luar negeri, tetapi dua pilihan yang paling populer adalah pendaftaran langsung dan program pihak ketiga. Dengan pendaftaran langsung, kamu dapat langsung mendaftar ke universitas tujuan dengan mengikuti segala prosesnya. Atau kamu bisa mendaftar melalui agen pendidikan profesional. Dengan cara yang satu ini, kamu akan dibantu melalui proses pendaftaran, pengajuan visa, pengaturan akomodasi dan bahkan mengatur perjalanan ke negara tujuan. 

Pengajuan Visa

Setelah kamu diterima di program studi tujuan, kamu mungkin perlu mengajukan permohonan visa pelajar. Di tahap ini, kamu perlu memeriksa apa saja persyaratannya dan memastikan kamu mengajukan permohonannya jauh sebelum keberangkatan ke negara tujuan. 

Dapatkan Tempat Tinggal dan Pesan Tiket Pesawat

Jika kamu mendaftar melalui agen pendidikan, tim mereka telah menyediakan tempat tinggal untuk kamu. Namun, jika kamu mendaftar langsung ke universitas tujuan, kamu perlu memilih dan mendapatkan akomodasi, baik itu rumah singgah, asrama di kampus, atau apartemen pribadi.

Persyaratan Kuliah di Luar Negeri

Setelah mengetahui cara untuk bisa kuliah di luar negeri, sekarang yang perlu kamu persiapkan adalah persyaratannya. Meskipun biasanya persyaratan akan berbeda tergantung dari negara asal dan universitas tujuan, namun secara umum berikut beberapa persyaratan untuk kuliah di luar negeri yang perlu kamu ketahui.

  • Paspor
  • Transkrip dari gelar sebelumnya
  • Ijazah dari gelar sebelumnya
  • Esai pernyataan pribadi
  • Formulir aplikasi untuk universitas
  • Sertifikasi kemampuan bahasa (TOEFL atau IELTS untuk bahasa Inggris, atau ujian bahasa negara tujuan)
  • Resume/CV
  • Nilai Tes Nasional (SAT, AP, ACT, GRE, A-Level, diploma IB, dll.)
  • Surat Rekomendasi
  • Ujian masuk untuk universitas

Di beberapa universitas atau program studi, persyaratan mungkin akan lebih banyak dari yang disebutkan di atas. Untuk itu, tim agen pendidikan luar negeri akan membantu kamu dalam proses pendaftaran dan memastikan bahwa semua dokumen yang diperlukan telah lengkap.

ICAN Education Consultant menjadi salah satu agen pendidikan luar negeri yang bisa kamu pilih. Tim yang berpengalaman dan profesional dapat memberikan konsultasi dan membantu setiap proses pendaftaran kuliah di universitas tujuan. Kami juga memiliki tim yang bisa membantu proses pengajuan visa kamu. 

Tim kami akan memberikan layanan maksimal mulai dari proses pendaftaran, pengajuan visa, pemilihan akomodasi, konsultasi, hingga briefing di hari keberangkatan. Semua proses akan lebih mudah dan tentunya dapat membantu kamu melanjutkan studi di luar negeri tanpa hambatan. 

Bagaimana Karir Jurusan Ilmu Komunikasi di Masa Depan

Ada alasan memilih jurusan ilmu komunikasi. Selain dapat mempelajari banyak area studi, lulusan ilmu komunikasi dianggap mampu bertahan di berbagai sektor karir karena keahlian yang dimiliki. 

Prospek kerja di dunia media terbuka lebar bagi lulusan Ilmu Komunikasi, mulai dari televisi, radio, surat kabar hingga media digital, yang membutuhkan gelar Sarjana Komunikasi. Namun tidak hanya media, hampir semua lini bisnis juga membutuhkan keterampilan ini.

Lulusan Ilmu Komunikasi juga dibutuhkan oleh perusahaan, terutama pada divisi hubungan masyarakat. Humas di perusahaan memiliki peran yang vital sebagai ujung tombak perusahaan dalam berkomunikasi dengan pihak lain. Selain itu, divisi pemasaran juga membutuhkan lulusan Ilmu Komunikasi, loh.

Dengan kondisi dunia yang semakin mengglobal dan saling terhubung, komunikasi menjadi semakin penting dan relevan dari hari ke hari. Sebagai lulusan ilmu komunikasi, kamu akan lebih unggul di antara pelamar lainnya. 

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
Education Expo Jabodetabek
Monash Malaysia
KINGS UK
Deakin University
SIT
Education Expo Manado

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan