Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
informasi seputar jurusan agribisnis dan prospek kerjanya

Informasi Seputar Jurusan Agribisnis dan Prospek Kerjanya

Beranda / Perkuliahan / Info Jurusan / Informasi Seputar Jurusan Agribisnis dan Prospek Kerjanya

Salah satu julukan dari Indonesia adalah negara agraris, di mana sebutan tersebut juga dikarenakan sebagian besar penduduknya bekerja pada sektor pertanian. Lahan pertanian di Indonesia  sangat luas serta didukung oleh subur tanahnya sehingga memeriksa menghasilkan berbagai macam jenis makanan, sayuran, serta buah-buahan.

Diperlukan pengelolaan yang baik untuk bisa menghasilkan manfaat besar dari sumber daya yang dimiliki oleh Indonesia. Jika kamu tertarik untuk bisa mengelola sumber daya alam di Indonesia dengan baik, maka bisa bergabung dengan jurusan agribisnis ketika kuliah. Jurusan agribisnis adalah bidang ilmu yang membantu kamu mempelajari antara bidang pertanian serta ekonomi bisnis.

Mengenal Lebih Banyak Jurusan Agribisnis dan Mata Perkuliahannya

Program studi agribisnis sebenarnya merupakan gabungan dari dua kata, yaitu agri atau agro yang fokus pada bidang pertanian kemudian ada kata bisnis. Jadi bisa dikatakan kalau agrobisnis ini merupakan program studi yang akan mempelajari pertanian serta bisnis yang digunakan di pengelolaan pertanian modern dan industri makanan.

Mengambil jurusan agribisnis dapat memberikan fleksibilitas untuk memperluas bidang studi, caranya dengan memilih mata perkuliahan yang terkait sesuai dengan minat kamu dalam manajemen pertanian, manajemen tenaga Kerja dan personalia, kebijakan publik pengadaan dan pemasaran komoditas, serta masalah pangan global.

Jurusan agribisnis juga bisa membantu kamu belajar terkait fungsi manajerial yang biasanya digunakan oleh organisasi di seluruh sektor agribisnis serta mendapatkan perspektif sistem terhadap masalah manajerial. 

Disiplin ilmu yang digunakan dalam jurusan agribisnis ini sebenarnya gabungan antara pertanian dan ekonomi bisnis. Jadi kamu akan selalu belajar bagaimana mengkaji upaya manusia untuk mengembangkan sumber daya alam serta lingkungan sehingga lebih berguna dalam pemenuhan kebutuhan hidup dan bisa menghasilkan produk yang menguntungkan.

Ada beberapa mata perkuliahan yang bisa diambil dalam program agribisnis, seperti 

Teori Makroekonomi, Kewirausahaan Agribisnis, Sistem dan Usaha Agribisnis, Risiko Agribisnis, Bisnis Internasional, Usahabatani, dan lain sebagainya.

Dengan mempelajari mata kuliah jurusan agribisnis tersebut tentu diharapkan mahasiswa untuk menyusun rencana bisnis pada bidang agribisnis dari berbagai macam sudut pandang. Selain itu kamu juga diharapkan memiliki kemampuan lebih kreatif, mampu dalam wirausaha dan memiliki kepemimpinan yang baik di bidang agribisnis.

Agribisnis jurusan IPA atau IPS? Jadi program studi yang satu ini biasanya dikenal dengan nama Sosial Ekonomi Pertanian. Sekalipun mempelajari tentang bisnis dalam perkuliahan tetapi agribisnis masuk dalam kategori rumpun saintek. Jika kamu adalah siswa IPS dan Ingin mendaftar program agribisnis, maka perlu mendaftar program lintas jurusan untuk bisa melanjutkan pendidikan dalam program studi agribisnis. 

Baca Juga:
Kampus Agribisnis Australia

Keunggulan Mengambil Jurusan Agribisnis

Jurusan agribisnis memang cukup terkenal dengan berbagai macam keunggulan yang dimiliki, berikut ini beberapa keunggulan dalam jurusan agribisnis yang kamu rasakan.

Dapat Mempelajari Berbagai Disiplin Ilmu

Mengambil program studi agribisnis tidak hanya mempelajari tentang industri pertanian, tetapi kamu juga akan mempelajari beberapa disiplin ilmu lainnya, mulai dari pemasaran, manajemen, serta pembiayaan makanan dan lain sebagainya.

Jurusan agribisnis juga akan membantu mempelajari tentang prinsip-prinsip dalam ilmu pertanian bisnis, statistik, ekonomi, dan lain sebagainya untuk membantu lulusan siap berkarir di bidang agribisnis, sumber daya alam, pemerintahan, pertanian, dan beberapa bidang.

Kesempatan Kerja di Berbagai Bidang

Keunggulan jurusan agribisnis selanjutnya adalah mampu bekerja di berbagai macam bidang. Lulusan jurusan ini memiliki kesempatan bekerja dibidang bisnis, pertanian internasional, pemasaran, pemasaran Internasional, manajemen pertanian dan peternakan, pembentukan kebijakan, pembangunan pedesaan, ekonomi sumber daya, bank, bahkan penilaian real estate.

Dibutuhkan Banyak Perusahaan

Jangan pernah berpikir bahwa lulusan agribisnis ini hanya bisa bekerja di sawah,  sebab lulusan agribisnis juga banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar. Saat ini banyak perusahaan besar yang sudah melakukan konsolidasi dan terus melakukan dengan beberapa perusahaan terkait dalam bidang agribisnis.

Hal ini tentu membuat kesempatan kerja akan meningkat, terutama pada bidang penjualan serta pemasaran. Pekerjaan yang satu ini bisa menghadirkan tantangan cukup unik, sehingga membuat kamu mendapatkan kesempatan untuk  menerapkan apa yang sudah dipelajari selama berada di bangku perkuliahan.

Baca juga:
Jurusan Agribisnis Terbaik di Dunia, Ini Pilihan Kampusnya

Ketahui Prospek Kerja Jurusan Agribisnis

Lulusan jurusan agribisnis kerja apa? Mungkin banyak pelajar yang masih penasaran dengan peluang pekerjaan yang bisa didapatkan lulusan ini. Kamu harus tahu bahwa banyak sekali proses pekerjaan yang bisa didapatkan oleh lulusan agribisnis, misalnya seperti berikut;

Menjadi Agronomy Salesperson

Peluang pekerjaan pertama yang bisa didapatkan adalah menjadi agronomy sales person yang memiliki posisi pada penjualan maupun pemasaran. Untuk bisa mendapatkan pekerjaan ini, kamu harus memiliki keterampilan interpersonal yang kuat serta memiliki kemampuan untuk bisa berhubungan dengan  konsumen.

Pekerjaan ini akan berfokus pada pengetahuan bisnis yang menyeluruh serta pengetahuan terkait proses pertanian. Jadi secara khusus agronomy sales person ini memiliki tugas sebagai spesialis tanaman pada wilayah tertentu. Kamu juga bisa membantu para petani untuk menyediakan berbagai macam layanan khusus sehingga bisa meningkatkan hasil produksi tanaman mereka.

Menjadi Agricultural Manager

Selanjutnya kamu juga bisa mencoba untuk menjadi agricultural manager yang memiliki tugas untuk memastikan pasokan pangan dunia dan memastikan bagaimana lokasi produksi pertanian dan pangan agar bisa berjalan dengan lancar.

Jika kamu memiliki pengetahuan untuk membuat keputusan operasional sehari-hari dengan baik, maka pekerjaan ini sangat tepat sebab biasanya akan mengawasi produksi hewan dan tanaman sekaligus pemimpin beberapa tim karyawan. Selain harus memiliki pengetahuan dalam bidang agrikultural, kamu juga harus bisa menjadi sosok pemimpin yang mengayomi pada bawahan.

Menjadi Agricultural Policy Specialist

Prospek pekerjaan selanjutnya ada agricultural policy specialist yang akan bertugas untuk mengembangkan serta menganalisis kebijakan pemerintah terhadap efek langsung maupun tidak langsung di sektor pertanian. Pada posisi ini seseorang harus berpengalaman untuk pembuatan kebijakan dalam pertanian, serta memiliki pemahaman tentang perdagangan secara lokal maupun internasional dalam sektor pertanian.

Jurusan agribisnis adalah program studi yang bisa kamu dapatkan ketika masuk jenjang perkuliahan. Jurusan ini merupakan bidang yang akan mempelajari tentang pertanian dan bisnis. Program studi agribisnis sangat  fleksibel karena mempelajari berbagai macam bidang studi.

Selain itu prospek pekerjaan dari lulusan agribisnis sangat luas, mulai dari bidang bisnis, keuangan, pertanian, perdagangan dan lain sebagainya.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan