Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
informasi terbaru biaya hidup kuliah di melbourne

Informasi Terbaru Biaya Hidup Kuliah di Melbourne

Beranda / Bacaan Umum / Informasi Terbaru Biaya Hidup Kuliah di Melbourne

Melbourne menjadi salah satu kota yang layak dihuni di dunia dan cukup populer di kalangan pelajar internasional. Biaya hidup kuliah di Melbourne menjadi salah satu alasannya. Selain itu, Ada banyak hal yang bisa dinikmati di Melbourne ketika hari libur perkuliahan tiba.

Melbourne dikenal sebagai salah satu pusat pengetahuan paling inovatif di dunia dan pusat pendidikan berkualitas yang banyak diminati oleh pelajar internasional. Kota tersebut menjadi rumah bagi 30 universitas dan institusi pendidikan yang sudah memiliki kualitas secara internasional.

Kenapa Memilih Melbourne untuk Kuliah?

Melbourne menjadi salah satu kota yang direkomendasikan untuk melanjutkan pendidikan ataupun menitik karir. Ada banyak alasan kenapa pelajar internasional tertarik untuk memilih Melbourne. 

Alasan pertama dikarenakan Melbourne berkali-kali dinobatkan sebagai kota yang layak huni di dunia bahkan hal tersebut didapatkan selama 7 tahun berturut-turut. 

Tidak hanya itu tetapi pada sektor pendidikan Melbourne dikenal sebagai Kota pelajar terbaik di Australia dan kota pelajar yang direkomendasikan di dunia. Tidak heran jika banyak pelajar internasional yang memutuskan untuk  tinggal di Melbourne untuk menempuh pendidikan.

Sekalipun memiliki jumlah penduduk yang padat, tetapi Melbourne tetap menawarkan kenyamanan untuk tinggal. Kamu masih bisa menemukan ketenangan pedesaan, pantai luas, daerah gurun, kota bersejarah, dan lain sebagainya. Tidak akan merasa bosan ketika tinggal di Melbourne.

Baca juga : Rekomendasi Universitas Dengan Ranking Terbaik Di Melbourne

Biaya Hidup Kuliah di Melbourne

Salah satu hal yang harus diperhatikan bagi pelajar internasional ketika tinggal dan kuliah di Australia, terutama Melbourne adalah biaya hidup. Biaya hidup menjadi faktor penting yang akan menentukan kelancaran selama di Melbourne. 

Berikut ini rincian biaya hidup ketika kamu memutuskan untuk kuliah di Melbourne.

1. Biaya Tempat Tinggal

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah biaya tempat tinggal ketika kamu merantau di Melbourne untuk kuliah. Bahkan biaya akomodasi bisa menjadi pengeluaran terbesar setiap bulannya.

 Biaya sewa yang dibutuhkan di Melbourne sekitar $150 – 300. Jadi biaya sewa akan ditentukan dari lokasi yang kamu pilih serta jenis kamar yang digunakan. 

Jika ingin menyewa sebuah apartemen dengan dua kamar maka biaya yang harus dikeluarkan sekitar $500 – 700 per minggu.

Baca juga : Kisaran Harga Homestay Mahasiswa Di Melbourne

2. Biaya Makan

Selain biaya sewa tempat tinggal, kamu juga harus memikirkan tentang biaya makan untuk bertahan hidup selama menjalani program perkuliahan di  Melbourne. Biaya yang dikeluarkan untuk makan sebenarnya berbeda-beda setiap orang, hal ini disesuaikan dengan gaya hidup masing-masing.

Jika lebih suka makan di luar, maka satu porsi restoran bisa mencapai $10 – $15. Di Australia, Melbourne adalah salah satu kota multikultur yang membantu kamu lebih mudah menemukan berbagai macam jenis makanan termasuk masakan Indonesia.

3. Biaya Transportasi

Sebagai mahasiswa internasional pasti kamu membutuhkan mobilitas dan bisa memanfaatkan transportasi umum sebagai pilihan paling ekonomis. Pengeluaran untuk biaya transportasi sebenarnya berbeda-beda, tergantung dengan mobilitas dan jarak  tujuan.

Sistem transportasi di Melbourne kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi bahkan penggunaan pembayaran menggunakan cashless. Tarif untuk tiap satu kali penggunaan sekitar $4.5, sementara untuk daily pass sekitar $9. Dengan menggunakan pembayaran tersebut kamu sudah bisa pergi kemanapun tanpa harus membayar lagi.

4. Belanja Bulanan

Kamu pasti memiliki banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, sehingga belanja bulanan sangat dibutuhkan. Sebagai anak rantau kamu perlu berbelanja berbagai macam kebutuhan bulanan dan budget yang dibutuhkan berbeda-beda setiap orang.

Rata-rata budget yang dibutuhkan mulai dari $80 – $100 per minggu atau sekitar $320 – $400 per bulan. Biaya tersebut disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang.

Baca juga : Tempat Wisata Di Melbourne, Jadi Favorit Siswa!

5. Hiburan dan Rekreasi

Sebagai anak kuliahan, tentu kamu juga membutuhkan waktu untuk  melepas penat dari kesibukan sehari-hari. Jangan lupa untuk menganggarkan biaya hiburan dan rekreasi yang bisa disesuaikan dengan gaya hidup kamu.

Paling tidak biaya yang dibutuhkan dalam satu kali pergi sekitar $35-$50  jika ingin menikmati waktu luang lebih santai.

Biaya hidup kuliah di Melbourne bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing dan gaya hidup. Jadi sebelum memutuskan untuk melanjutkan pendidikan tinggi di universitas Australia, pastikan kamu sudah menganggarkan biaya hidup dan biaya perkuliahan yang dibutuhkan.

Baca juga : Serba Serbi Kuliah Di Melbourne University Australia

Konsultasikan keinginan kamu untuk melanjutkan pendidikan di Melbourne dengan agen pendidikan luar negeri profesional seperti ICAN Education Consultant. Agen pendidikan luar negeri ICAN akan membantu kamu untuk menganggarkan  biaya perkuliahan dan biaya hidup yang dibutuhkan, serta mengetahui saja persyaratan dan beberapa informasi penting lainnya sebelum proses pendaftaran dilakukan.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Bekasi
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
SIM
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan