Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Tips Kuliah di Luar Negeri agar Lebih Maksimal

Tips Kuliah di Luar Negeri agar Lebih Maksimal

Beranda / Bacaan Umum / Tips Kuliah di Luar Negeri agar Lebih Maksimal

Tips kuliah di luar negeri bisa dijadikan opsi bagi kamu yang tertarik untuk mendapatkan pengalaman yang berbeda. Dari dulu hingga saat ini kuliah di luar negeri adalah salah satu keputusan hebat yang memiliki dampak besar di masa depan. Kamu tidak hanya mendapatkan pengalaman yang luar biasa, tetapi juga meningkatkan pengetahuan di bidang yang beragam.

Kamu juga bisa mengasah perkembangan diri dengan pengalaman hidup serta studi yang jauh berbeda dari Indonesia. Berbicara kuliah di luar negeri, tentu banyak pelajari Indonesia yang merasa ragu karena harus keluar dari zona nyaman dan mungkin akan lebih banyak tantangan yang dihadapi.

Tetapi dari tantangan tersebut, justru kamu bisa menjadi pribadi yang jauh lebih baik dan memaksimalkan diri untuk meningkatkan kemampuan. Hal ini juga berdampak di masa depan, bahkan membuka peluang karir yang jauh lebih besar.

10 Tips Kuliah di Luar Negeri yang Bisa Kamu Lakukan

Kuliah di luar negeri bisa membantu kamu semakin unggul dalam bidang pendidikan maupun pengalaman. Namun tidak menutup kemungkinan ada berbagai macam tantangan yang harus dihadapi dan diselesaikan. Berikut ini beberapa tips untuk membantu kamu lebih mudah kuliah di luar negeri.

1. Putuskan Tempat untuk Belajar

Tips pertama yang harus dilakukan oleh pelajar internasional adalah memutuskan tempat di mana akan belajar. Ketika memilih tujuan kuliah di luar negeri pastikan memilih negara yang sudah memiliki sistem pendidikan dan institusi yang diakui secara global. Hal ini akan membantu mempersempit pilihan kamu.

Tanyakan pada dirimu sendiri apakah ingin kuliah di Eropa, atau melebarkan sayap untuk menempuh pendidikan tinggi di Amerika, Australia, atau mungkin ada negara lain. Dengan menentukan tempat untuk menempuh pendidikan tinggi tentu lebih mudah bagi kamu ketika akan membuat anggaran biaya perkuliahan maupun biaya hidup.

Baca juga :
Atur Biaya Kuliah Di Luar Negeri Anak dengan Tepat Sejak Dini

2. Pilih Jenis Kursus

Mungkin banyak belajar internasional yang sering menemukan sebagian besar universitas di luar negeri memberikan kualifikasi yang sebanding dengan beberapa negara lain. Tetapi hal yang perlu diperhatikan adalah berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bisa menyelesaikan kursus tersebut.

Setelah itu, coba teliti semua program studi yang ditawarkan untuk menemukan jurusan yang tepat. Kamu bisa mengikuti minat untuk mendapatkan peluang karir di masa depan. Tetapi perhatikan juga peringkat jurusan secara global, pastikan juga kualifikasi yang ditawarkan juga sudah diakui, dan lain sebagianya.

3. Cari Pendanaan

Apabila kamu memutuskan untuk kuliah di luar negeri tanpa ada bantuan beasiswa ataupun pendanaan dari sponsor, maka tidak perlu memperhatikan tips yang satu ini. Biaya sekolah di luar negeri cukup tinggi jika dibandingkan dengan Indonesia. Tetapi setiap negara memiliki patokan biaya perkuliahan yang berbeda-beda.

Untuk beberapa negara seperti Australia dan Amerika menetapkan biaya perkuliahan yang cukup tinggi bagi pelajar internasional. Tetapi jika memutuskan untuk kuliah di Tiongkok maka biaya perkuliahan jauh lebih terjangkau. 

Jika ingin mencari pendanaan maka bisa mencari informasi lebih banyak di universitas tujuan, lembaga swasta, maupun lembaga pemerintah. Ada banyak beasiswa dan dana bantuan yang tersedia untuk membantu biaya perkuliahan maupun biaya hidup bagi pelajar internasional.

4. Mulai Daftar Program Perkuliahan

Jika semua persyaratan dan persiapan diri dirasa sudah maksimal untuk mulai daftar program perkuliahan di luar negeri, maka segera lakukan sebelum tenggat waktu yang telah ditentukan dari universitas tujuan. Semakin awal kamu mendaftar maka semakin lebih baik.

Pendaftaran yang lebih awal dilakukan akan jauh lebih baik sebab kamu memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan diri. Kamu dapat memastikan sudah mengikuti suatu putus dengan berbicara langsung melalui departemen yang diminati.

Ada banyak universitas yang akan membantu melalui prosedur pendaftaran. Beberapa Negara mewajibkan siswanya untuk lulus ujian masuk terlebih dahulu sebelum akhirnya diterima. 

Apabila memutuskan untuk kuliah di negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama maka tingkatkan kemahiran kamu dalam bahasa yang digunakan untuk bisa mencapai standar yang telah ditentukan oleh pihak universitas. Memang ada beberapa perguruan tinggi yang sudah menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, tetapi kamu juga membutuhkan penguasaan terhadap bahasa utama agar komunikasi menjadi lebih mudah.

5. Dapatkan Visa Pelajar

Apabila sudah mendaftar dan diterima oleh universitas tujuan, maka selanjutnya adalah pengurusan visa. Pahami berbagai macam aturan visa pelajar di negara tujuan, sebab terkadang undang-undang imigrasi sering berubah sewaktu-waktu sehingga butuh informasi yang baru.

Jika ingin mendapatkan bantuan untuk membuat visa belajar maka bisa menghubungi kedutaan atau agen pendidikan luar negeri yang profesional dalam menangani proses pendaftaran dan pemberangkatan kuliah di luar negeri.

6. Temukan Akomodasi

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menemukan akomodasi. Sebagai salah satu tips kuliah di luar negeri, Akomodasi adalah hal penting yang wajib diperhatikan oleh pelajar internasional. Tidak perlu khawatir, sebab banyak Universitas unggulan yang menawarkan akomodasi di dalam kampus dengan biaya yang jauh lebih terjangkau.

Tetapi untuk mendapatkan akomodasi di dalam kampus tentu tidak mudah, sebab peluangnya sangat kecil dikarenakan persaingan. Mungkin di tahun pertama kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan akomodasi di dalam kampus, tapi pada tahun kedua dan selanjutnya belum tentu bisa tinggal di asrama kampus.

Institusi internasional biasanya akan membantu pelajar internasional untuk mendapatkan akomodasi, jadi kamu bisa memanfaatkan bantuan yang ditawarkan oleh kampus. Kamu Wilis bisa menentukan memilih akomodasi di dalam maupun di luar kampus sesuai dengan keinginan dan budget yang sudah dianggarkan.

Baca juga:
Tips Memilih Akomodasi Kampus Luar Negeri

7. Mulai Pertemanan

Pindah ke negara baru untuk tujuan menempuh pendidikan, tentu ada banyak hal yang harus dipelajari. Agar membuat kamu lebih nyaman untuk tinggal di negara yang asing, cobalah untuk mulai membuka diri mencari teman. Sebenarnya banyak juga universitas di luar negeri yang mengadakan acara bagi mahasiswa internasional untuk mempersiapkan diri dan berintegrasi dengan lingkungan baru.

Kamu bisa bertemu dengan siswa lain dan mulai petualangan yang menarik di negara tujuan. Tidak perlu khawatir Sudah beberapa institusi terbaik jika menjalankan sistem pertemanan yang akan membantu kamu lebih mudah beradaptasi. Kamu bisa menghubungi kantor internasional atau antar penerimaan di Universitas tujuan untuk mengetahui dukungan apa saja yang tersedia bagi pelajar internasional.

8. Kelola Anggaran dengan Baik

Jika sebelum keberangkatan kamu sudah membuat anggaran yang sesuai dengan perkuliahan di luar negeri, maka setelah sampai di negara tujuan cobalah untuk mengelola anggaran tersebut dengan baik. Apabila sebelumnya Kamu adalah pribadi yang kurang suka menabung, maka mulai dari sekarang cobalah untuk menabung.

Kamu bisa mengelola anggaran dengan baik dan mencoba berhemat sebisa mungkin. Dengan menabung dan berhemat tentu bisa membantu anggaran akan berjalan dengan baik. Jika memiliki waktu luang memanfaatkan sebaik mungkin, misalnya dengan mengikuti kerja paruh waktu sehingga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

9. Gunakan Asuransi dengan Baik

Sebagai pelajar internasional kamu harus memiliki asuransi kesehatan yang bisa membantu meng-cover biaya ketika kamu  sakit membutuhkan perawatan dari rumah sakit. Asuransi menjadi hal yang paling penting dan seringkali menjadi salah satu persyaratan dalam permohonan visa sengaja dipersiapkan biaya untuk pembayaran ekstra untuk mendapatkan perlindungan komprehensif.

Baca Juga :
Kisah Seru Mahasiswa Indonesia Kuliah Di Luar Negeri

10.  Selesaikan Pemeriksaan Akhir

Tips kuliah di luar negeri selanjutnya adalah menyelesaikan pemeriksaan akhir. Sebelum keberangkatan disarankan kamu sudah memeriksa paspor, apakah masih berlaku selama masa tinggal atau tidak. Jangan paspor memang bisa dilakukan di luar negeri, tetapi terkadang harus menunggu antrian yang cukup panjang.

Kemudian kamu juga harus memastikan memiliki semua dokumen yang dibutuhkan serta salinannya untuk berjaga-jaga. Cobalah ubah uang tunai menjadi mata uang lokal sehingga tidak perlu datang dengan tangan kosong.

Siapkan juga informasi terkait daftar nomor darurat lokal dan alamat kamu di negara yang baru. Ada baiknya jika kamu memiliki ponsel lebih dari satu, sehingga bisa dihubungi sekalipun ponsel yang pertama hilang maupun rusak. Cari informasi lebih jelas terkait bandara mana tempat kamu akan mendarat dan seperti apa transportasi umum yang dapat digunakan setelah mendarat dari pesawat.

Baca juga :
Jalan Hidup Setelah Lulus Kuliah

Penutup

Ada banyak sekali tips kuliah di luar negeri yang bisa digunakan. Mengikuti berbagai macam tips-tips tentu bisa membantu proses keberangkatan kamu dan perkuliahan di luar negeri menjadi lebih mudah. Kamu bisa minta bantuan agen pendidikan luar negeri terbaik untuk memberikan kemudahan ketika kuliah di luar negeri.

ICAN Education, sebagai agen pendidikan luar negeri memberikan pantauan kepada pelajar Indonesia yang tertarik untuk kuliah di luar negeri mulai dari mempersiapkan diri hingga mereka bisa kuliah di tempat favorit. Kamu akan didampingi oleh konselor yang profesional menangani kuliah di luar negeri, sehingga bisa mendapatkan informasi valid dan menanyakan berbagai macam kendala yang mungkin akan dihadapi ketika memutuskan untuk kuliah di luar negeri.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
SIM
KINGS USA
KINGS UK
UTS College Bandung
UTS College Manado
UTS College Bekasi
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan