Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Perbandingan Biaya Kuliah di Luar Negeri di Beberapa Negara

Perbandingan Biaya Kuliah di Luar Negeri di Beberapa Negara

Beranda / Perkuliahan / Perbandingan Biaya Kuliah di Luar Negeri di Beberapa Negara

Mengetahui perbandingan biaya kuliah di luar negeri bisa membantu  kamu memutuskan akan kuliah di negara mana yang sesuai dengan kemampuan finansial. Melanjutkan studi di luar negeri merupakan keinginan dari banyak siswa dengan motivasi yang beragam. Ada yang mengejar passion, ingin memperoleh pengetahuan baru, atau mencari pengalaman unik di tanah asing.

Pemilihan destinasi studi juga menjadi pertimbangan penting, sehingga banyak pelajar internasional cenderung memilih negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia. Namun, selain pertimbangan tersebut, ada aspek-aspek lain yang perlu dipertimbangkan secara serius, salah satunya adalah biaya kuliah di luar negeri. Biaya kuliah di luar negeri menjadi salah satu hal yang krusial. Mengetahui dengan jelas berapa biaya yang harus dikeluarkan merupakan langkah penting untuk memastikan kesiapan finansial saat menghadapi tantangan tersebut.

Perbedaan Biaya Kuliah di Luar Negeri dari Beberapa Negara

Ada banyak negara yang sering dijadikan tujuan bagi pelajar Indonesia untuk kuliah di luar negeri. Namun,  kamu harus mencari negara dengan biaya perkuliahan yang sesuai kemampuan finansial kamu. Untuk lebih mudah membandingkan biaya perkuliahan di luar negeri dari beberapa negara, berikut ini rinciannya.

Amerika Serikat

Amerika Serikat terkenal sebagai salah satu negara yang memiliki fokus unggulan dunia dan banyak diminati oleh pelajar internasional. Selain itu biaya kuliah di Amerika Serikat juga terkenal cukup mahal. Proses pembelajaran, fasilitas, serta ruang belajar siswa terus mengalami perkembangan dan peningkatan di masing-masing kampus. Ditambah lagi, tersedianya banyak peluang untuk penelitian dan pengalaman membuatnya menjadi destinasi menarik bagi para pelajar.

Jika membahas perbandingan biaya kuliah di luar negeri, Amerika Serikat dapat dikategorikan sebagai destinasi dengan biaya yang cenderung mahal. Meskipun demikian, perlu diingat bahwa setiap universitas menetapkan biaya studi yang berbeda untuk setiap program yang mereka tawarkan.

Estimasi biaya kuliah tahunan untuk program S1 dan S2 berkisar antara 20 hingga 50 ribu USD. Sedangkan untuk program Foundation di Amerika Serikat, biaya tahunannya mencapai sekitar 12 hingga 30 ribu USD. Untuk biaya hidup bulanan di Amerika, termasuk akomodasi, makanan, dan kebutuhan lainnya, dapat mencapai kisaran 1.500 hingga 2.000 USD.

Baca juga : Jurusan Kuliah Di Luar Negeri Ini Bisa Jadi Pertimbangan Kamu

Inggris

Pendidikan dan lembaga perguruan tinggi di Inggris sudah terpercaya dan mendapatkan reputasi yang sangat tinggi dalam hal keunggulan dan kualitas. Penelitian yang dilakukan di sana memenuhi standar dunia, dan gelar serta kualifikasi pendidikan tinggi dari Inggris diakui oleh banyak kalangan akademisi, industri, dan pelaku bisnis.

Biaya kuliah tahunan untuk program S1, S2, dan program Foundation di Inggris memiliki kisaran yang serupa. Diperkirakan kamu perlu mengeluarkan sekitar 13 hingga 22 ribu Poundsterling. Sementara itu, biaya hidup bulanan di Inggris, yang mencakup akomodasi, makanan, dan kebutuhan sehari-hari, berkisar antara 1.015 hingga 1.300 Poundsterling.

Australia

Australia dikenal memiliki kelompok universitas terkemuka yang sering disebut sebagai Group of Eight. Kualitas pendidikan di negara ini diakui berdasarkan reputasi akademik, keunggulan pengajar, prestasi institusi/universitas, dan kesan dari mahasiswa internasional maupun lokal. Keberagaman budaya juga menjadi salah satu daya tarik bagi mahasiswa yang menempuh studi di Australia.

Untuk mahasiswa yang memilih program S1 dan S2, biaya studi diperkirakan berkisar antara 25 hingga 50 ribu dolar Australia (AUD) per tahun. Sementara itu, estimasi biaya kuliah untuk program Foundation di Australia mencapai sekitar 25 hingga 35 ribu AUD per tahun. Biaya hidup bulanan yang mencakup makanan, kebutuhan sehari-hari, dan akomodasi dapat berkisar antara 2.000 hingga 2.500 AUD.

New Zealand

New Zealand atau Selandia Baru, terkenal dengan sistem pendidikan berkualitas tinggi dan fasilitas pendidikan yang lengkap. Negara ini mempromosikan sistem pendidikan yang inovatif, memberikan dorongan kepada siswa untuk berkreativitas dan berpikir kritis guna terus mengembangkan kemampuan mereka. Selain keindahan alamnya yang luar biasa, Selandia Baru juga dikenal dengan tingkat kriminalitas yang rendah dan stabilitas politiknya yang terjaga.

Bagi mereka yang berencana menempuh pendidikan tinggi (S1 atau S2) di universitas New Zealand, diperkirakan biaya kuliah berkisar antara 25 hingga 40 ribu Dolar Selandia Baru (NZD) per tahun. Sementara itu, untuk program Foundation, biaya dapat mencapai 25 hingga 28 ribu NZD. Untuk kebutuhan hidup bulanan, termasuk makanan, akomodasi, dan kebutuhan lainnya, diperkirakan diperlukan sekitar 1.800 hingga 2.000 NZD.

Singapura

Tidak hanya memiliki status perekonomian yang stabil dan infrastruktur yang sangat maju, Singapura juga menjadi juara dalam bidang pendidikan di Asia dan secara global. Estimasi biaya kuliah setiap tahun untuk program S1 dan S2 berada dalam kisaran 15 hingga 30 ribu Dolar Singapura (SGD). Bagi mereka yang tertarik dengan program Foundation, biaya kuliah dapat berkisar antara 10 hingga 20 ribu SGD setiap tahun.

Meskipun biaya hidup di Singapura cukup terjangkau, hal ini tetap tergantung pada gaya hidup. Untuk akomodasi, makanan, dan kebutuhan sehari-hari, diperkirakan memerlukan sekitar 1.500 hingga 2.500 SGD.

Baca juga:
Sedikit Berbeda, Ini Keunggulan Sistem Kuliah di Luar Negeri
Anti Boros Meski Kuliah Di Luar Negeri Pakai Tips Ini

Penutup

Perbandingan biaya kuliah di luar negeri untuk 5 negara yang terkenal dengan sistem pendidikannya yang sangat baik memang beragam. Biaya kuliah merupakan salah satu aspek penting yang harus dipertimbangkan ketika memilih studi di luar negeri.

Untuk mengurangi pengeluaran atau meningkatkan pendapatan, kamu bisa mencoba mendaftar beasiswa, memanfaatkan fasilitas kampus, mencari tempat tinggal yang terjangkau, memilih akomodasi kampus, memasak sendiri, bekerja paruh waktu atau sebagai freelancer, atau menggunakan transportasi umum.

Cari informasi sebanyak mungkin seputar perkuliahan dan biaya kuliah di luar negeri melalui agen pendidikan luar negeri ICAN Education. Melalui agen pendidikan luar negeri ada banyak solusi menarik seputar bahagianya perkuliahan dan biaya hidup agar lebih terjangkau.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan